ANALISIS SEMIOTIKA GAYA KOMUNIKASI MILENIAL BAMBANG SOESATYO MELALUI YOUTUBE PODCAST

Authors

  • Raden Wahyu Utomo Martianto Universitas Budi Luhur
  • Ahmad Toni Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v4i1.2351

Keywords:

semiotika, gaya komunikasi, Bambang Soesatyo, youtube podcast

Abstract

Kanal YouTube ‘Bamsoet Channel’ milik Bambang Soesatyo merupakan sebuah terobosan dalam sejarah kepemimpinan MPR-RI untuk menjalankan visi dan misi organisasi. Perbedaan generasi akan berimbas pada perbedaan gaya komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk memberi gambaran mengenai gaya komunikasi yang diterapkan Ketua MPR-RI periode 2019-2024, Bambang Soesatyo dalam YouTube Podcast ‘Ngompol’ (Ngomong Politik). Metode penelitian yang digunakan adalah kualititatif dengan pendekatan analisis semiotika Roland Barthes. Konsep yang digunakan adalah Communicator Style Measure(CSM) dari Robert W. Norton, kemudian Tipe komunikasi pemimpin dari Tubbs & Moss. Hasil penelitian mendapatkan gambaran gaya komunikasi Bambang Soesatyo di video podcast ‘Ngompol’ (Ngomong Politik) dalam kanal YouTube  ‘Bamsoet Channel’, ditemukan enam gaya komunikasi Bambang Soesatyo yaitu Impression Leaving, Open, Friendly, Relaxed, Dramatic, dan Attentive, dengan tipe komunikasi equalitarian untuk mengatasi perbedaan gaya komunikasi antar generasi.

Author Biographies

Raden Wahyu Utomo Martianto, Universitas Budi Luhur

Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Budi Luhur

Ahmad Toni, Universitas Budi Luhur

Dosen Magister Ilmu Komunikasi, Universitas Budi Luhur

Published

2021-01-20

Issue

Section

Artikel