STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS BIRO PEMBERITAAN DPR RI DALAM MENJAGA CITRA POSITIF ORGANISASI

Authors

  • Veranus Sidharta Program Studi Ilmu Komunikasi - Universitas BSI
  • Anisti Anisti Prodi Ilmu Komunikasi Universitas BSI
  • Wenny Maya Arlena Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Budi Luhur
  • Azwar Azwar Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, UPN Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v4i1.2337

Keywords:

Strategi Komunikasi, Citra Lembaga, Analisis PEST

Abstract

Artikel ini merupakan kajian atas strategi komunikasi humas Biro Pemberitaan DPR RI dalam menjaga reputasi dan citra positif organisasi. Hal penting yang mendasari penelitian ini adalah tidak kunjung baiknya citra DPR RI sebagai lembaga negara di mata masyarakat Indonesia. Selain kinerja DPR RI yang harus ditingatkan, tentu saja humas sebagai halaman depan lembaga, berperan besar dalam mengubah citra negatif ini menjadi citra positif. Penelitian ini akan melihat bagaimana peran Humas DPR RI dalam menjaga reputasi organisasi. Pelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana peneliti melakukan kajian kepustakaan, observasi, dan wawancara mendalam terkait topik yang diteliti. Peneliti melakukan analisis PEST (Politik, Ekonomi, Sosial dan Teknologi) untuk melihat strategi komunikasi Humas Biro Pemberitaan DPR RI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intrumen politik legalitas DPR RI memuat wewenang dan fungsi sebagai lembaga penyelenggara negara dalam perencanaan program pembentukan dan perubahan Undang-Undang disusun secara terencana, terpadu, dan sistematis. Intrumen Ekonomi dan Sosial meliputi anggaran dan kebijakan ekonomi, dimana DPR RI membahas dan memberikan sebuah persetujuan atau tidak memberikan persetujuan terhadap sebuah rancangan undang-undang tentang APBN yang diajukan oleh presiden, serta faktor sosial mencakup aspek-aspek yang terkait dengan pemanfaatan media dalam penyebaran informasi kebijakan, layanan masyarakat dan progam berbagai event serta hubungan dengan media. Sedangkan faktor teknologi mencakup aspek-aspek teknologi informasi dan komunikasi berupa akses ketersediaan data dan informasi tentang program pemerintah tersediannya  sistem dan jaringannya.

Kata Kunci: strategi komunikasi, citra lembaga, analisis PEST

Author Biographies

Veranus Sidharta, Program Studi Ilmu Komunikasi - Universitas BSI

Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas BSI

Anisti Anisti, Prodi Ilmu Komunikasi Universitas BSI

Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas BSI

Wenny Maya Arlena, Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Budi Luhur

Dosen Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Budi Luhur

Azwar Azwar, Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, UPN Veteran Jakarta

Dosen Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, UPN Veteran Jakarta

References

DAFTAR PUSTAKA

Aguilar, Francis Joseph. (1967). Scanning the business environment. New York: Macmillan.

Cutlip, Scoot M. dkk. (2005). Effective Public Relation, Merancang dan Melaksanakan Kegiatan Kehumasan dengan Sukses Edisi Kedelapan. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Jefkins, Frank. (1992). Public Relations Edisi 4. Jakarta: Erlangga

Kusumastuti, Frida. (2001). Dasar-Dasar Humas. Bogor: Ghalia Indonesia

Kriyantono, Rachmad. (2008) Public Relations Writing, Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas Korporat. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Litbang Kompas (2019) “Citra DPR Menurut Litbang Kompas 2019”, diakses 20 September 2020, tersedia pada https://nasional.kompas.com/read/2019/09/23/08370591/litbang-kompas-662-persen-responden-merasa-aspirasinya-tak-terwakili-dpr.

Mahadiansar dan Aspariyana (2020) “PEST Analysis Model dalam Pengembangan Potensi Wisata Pulau Benan, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.” Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 2020 Vol. 01 (1), 14-25.

Mory, Piet Magda. (2008). “Analisis Peran, Fungsi, Tugas dan Strategi Humas pada Kementrian Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.” Jakarta: Universitas Indonesia.

Peppard, J. (2002), Strategic Planning For Information Systems, John Wiley & Sons, Inc, New Jersey.

Ruslan, Rosadi. (2010). Manajemen Public Relation & Media Komunikasi : Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Saputra, Wahidin dan Rulli Nasrullah. (2011). Teori dan Praktik Publik Relations. Depok: Gramata Publishing.

Syahputra, Iswandi. (2019). Media Relations, Teori, Strategi Praktik, dan Media Intelijen. Depok: Rajawali Press.

Published

2021-03-02

Issue

Section

Artikel