Pengaruh E-learning Sebagai Media Komunikasi Pembelajaran Terhadap Efikasi Diri Mahasiswa UPN Veteran Jakarta

Authors

  • Lusia Handayani UPN Veteran Jakarta
  • Vina Mahdalena UPN Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v4i1.2183

Keywords:

pembelajaran

Abstract

Ketika anggota suatu kelompok saling melakukan komunikasi, dapat mempengaruhi keyakinan individu terhadap suatu hal, keyakinan tersebut disebut sebagai Self Efficay. Self Efficay atau Efikasi diri adalah penilaian pribadi atau keyakinan seseorang akan kemampuannya dalam melakukan serangkaian tindakan yang diperlukan untuk menghadapi situasi mendatang. Self Efficacy pertama kali diperkenalkan oleh Albert Bandura. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis apakah terdapat pengaruh media komunikasi pembelajaran berupa website e-learning terhadap self efficacy atau efikasi diri mahasiswa UPN Veteran Jakarta. Dalam penelitian ini peneliti juga ingin melihat seberapa besar keyakinan keberhasilan seorang mahasiswa (self efficacy) dalam menyelesaikan tugas yang dilakukan setelah mengikuti pembelajaran dengan e-learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan 96 mahasiswa UPN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara elearning 4.0 sebagai media komunikasi pembelajaran terhadap efikasi diri mahasiswa UPNVJ Angkatan 2019/2020. tidak semua mahasiswa mampu menggunakan elearning 4.0 sebagai media komunikasi pembelajaran dikarenakan kurangnya efikasi diri dalam dirinya saat menggunakan media teknologi, ini dibuktikan dengan hasil jawaban kuesioner bahwa mereka merasa tidak mampu untuk menangani kendala teknis atau kesulitan yang dihadapinya pada saat menggunakan elearning 4.0 sebagai media komunikasi pembelajaran. Sehingga ketika mereka menemukan kesulitan dalam menggunakan elearning 4.0 ataupun mendengar hal negative dari penggunaan elearning 4.0 efikasi atau keyakinan diri mereka menurun Selain itu mereka merasa elearning 4.0 belum bisa menggantikan komunikasi dua arah dan komunikasi tatap muka seperti aktivitas mereka di kelas.

Published

2021-02-26

Issue

Section

Artikel