Mobile Phone dan Media Sosial: Penggunaan dan Tantangannya pada Jurnalisme Online Indonesia

Authors

  • Ratna Puspita Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Titis Nurwulan Suciati

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v3i2.1781

Keywords:

jurnalisme online, media sosial, komunikasi mobile

Abstract

Artikel ini membahas mengenai tantangan jurnalis pada era mobile phone atau telepon seluler dan media sosial. Penulis berargumen, perubahan dan tantangan tidak hanya menyentuh organisasi media massa, kerja jurnalis atau wartawan, berita, khalayak, melankan juga nilai-nilai dan etika. Dengan melakukan kajian literatur dari penelitian-penelitian sebelumnya terkait perkembangan jurnalisme di Indonesia, penulis menyimpulkan media sosial tidak hanya berfungsi untuk medium promosi, melainkan medium menyampaikan berita pada era digital. Jurnalisme juga mengembangkan multimedia yang merujuk pada teknik presentasi atau penyajian berita yang memfokuskan pada tulisan dan gambar visual, baik bergerak maupun diam.

Author Biography

Ratna Puspita, Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Ilmu Komunikasi.Asisten Ahli

Memiliki perhatian dan passion kajian jurnalisme dan humaniora digital 

References

Adzkia, A. R. S. (2015). Praktik Multimedia dalam Jurnalisme Online di Indonesia. Jurnal Komunikasi, 10(1), 41–53. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/view/7489

Ahmad, A. (2013). Perkembangan Media Online dan Fenomena Disinformasi ( Analisis pada Sejumlah Situs Islam ) Online Media Development and Phenomenon of Disinformation ( Analysis of Islamic sites ). Jurnal Pekommas, 16(3), 177–186.

Akifah, O. A. (2012). Citizen Journalism : a Study of New Form of News Media Reporting. Jurnal Academica, 04(01), 774–782.

Amran, S. O., & Irwansyah. (2018). Jurnalisme Robot dalam Media Daring Beritagar.id. IPTEK-KOM, 20(2), 169–182.

Arifin, M. S. (2018). Manajemen Redaksional Portal Berita Online Dalam Mengelola Media Sosial Sebagai Sarana Promosi. Communication, 9(2), 1–6. Retrieved from https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/comm/article/view/733

Arifin, P. (2013). Persaingan Tujuh Portal Berita Online Indonesia berdasarkan Analisis Uses and Gratifications. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 10(2), 195–211. https://doi.org/10.24002/jik.v10i2.353

Ciptadi, S. G., & Armando, A. (2018). Upaya Agensi Melawan Logika Jangka Pendek Jurnalisme Daring: Studi Kasus Tirto.id. Jurnal Komunikasi Indonesia, 7(1), 62–72. https://doi.org/10.7454/jki.v7i1.9690

Dewi, M. (2014). Gaya Bahasa Berita Media Online di Indonesia: Judul Menarik Tidak Harus Tidak Baku. Humaniora, 5(2), 1015–1022. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3212

Dhyatmika, W. (2019). Cekfakta: Tanggung Jawab Baru Jurnalisme Digital di Era Disinformasi. Retrieved November 22, 2019, from https://www.merdeka.com/peristiwa/cekfakta-tanggung-jawab-baru-jurnalisme-digital-di-era-misinformasi.html

Elfrida, S. V. (2015). Proses Membangun Agenda Setting Kebijakan pada Portal Berita Pemerintah dan Kesesuaiannya dengan Agenda Media Online. Jurnal Masyarakat Telematika Dan Informasi, 6(1), 13–26.

Garini, T., & Besman, A. (2018). (2739) 1-9. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(1), 1–9.

Hanley, T., & Cutts, L. (2013). What is a systematic review. Counselling Pshychology Review, 28(4), 4–6. https://doi.org/10.1136/ebn.2011.0049

Hardi, N. M. (2015). Tingkat Kepatutan Berbahasa Jurnalistik pada Jurnalisme Online di Situs detikbandung.com (Studi Deskriptif dengan Teknik Analisis Isi terhadap Penerapan Kaidah Bahasa Jurnalistik Berita Langsung (Straight News) di detikBandung.Com). KOMUNIKATIF: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 4(2-Desember), 33–44.

Irawan, R. E. (2014). Aplikasi Citizen Journalism di Era Konvergensi Media. Humaniora, 5(2), 816–821. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3137

Juditha, C. (2016). News Objectivity and Journalism Ethics in Online Media: Case on BUMN Employees Recruitment (Obyektivitas Berita dan Etika Jurnalistik di Media Online: Kasus Rekrutmen Karyawan BUMN). Journal Pekommas, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.30818/jpkm.2016.2010101

Kwak, H., Lee, C., Park, H., & Moon, S. (2010). What is Twitter, a social network or a news media? Proceedings of the 19th International Conference on World Wide Web, WWW ’10, 591–600. https://doi.org/10.1145/1772690.1772751

Lase, F. J. (2015). McDonaldisasi Melalui Praktik Jurnalisme Hibrida di Kompasiana. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 11(2), 135–150. https://doi.org/10.24002/jik.v11i2.414

Light, L., & Kiddon, J. (2016). Six Rules of Brand Revitalization (2nd Edition): Learn the Most Common Branding Mistakes and How to Avoid Them. New Jersey: Perason Education, Inc.

Lindawati, L. (2015). Pola Akses Berita Online Kaum Muda. Jurnal Studi Pemuda, 4(1), 241–259.

Molyneux, L. (2018). Mobile News Consumption: A habit of snacking. Digital Journalism, 6(5), 634–650. https://doi.org/10.1080/21670811.2017.1334567

Muliawanti, L. (2018). Jurnalisme Era Digital: Digitalisasi Jurnalisme Dan Profesionalitas Jurnalisme Online. LENTERA: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 2(1), 50–69. https://doi.org/10.21093/lentera.v2i1.1168

Pangaribuan, T. R. . (2017). Kredibilitas Media Sosial Dalam Pemberitaan Pemilihan Gubernur Dki Jakarta. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan, 18(2), 75–90. https://doi.org/10.31346/jpkp.v18i2.1169

Panuju, R. (2018). Etika Jurnalistik dan Jurnalisme Bencana pada Pemberitaan Gunung Agung di Portal Berita Balipost.com. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 15(2), 219–232. https://doi.org/10.24002/jik.v15i2.1455

Praditya, D. (2012). Perkembangan Surat Kabar Digital di Era Konvergensi. Balai Pengkajian Dan Pengenmbangan Komunikasi Dan Informatika, 10(2), 135–146.

Purnama, S. D., & Nugrahani, R. U. (2013). A Comparative Study of Online News Site Service Based on Consumer Preference to The Student of Telkom Institute of Management 2011 (Objective of Study: Detik.com, Kompas.com, Okezone.com, and Vivanews.com). Jurnal Sosioteknologi, 28(April), 263–276.

Rossy, A. E., & Wahid, U. (2015). Analisi Isi Kekerasan Seksual Dalam Pemberitaan Media Online. Jurnal Komunikasi, 7(2, Desember), 152–164.

Rusadi, U. (2013). Kompetensi Jurnalis Sebagai Aktor Dalam Produksi Berita Media Multiplatform. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 16(2), 111–122. https://doi.org/10.31445/jskm.2012.160202

Santoso, D. H., & Lestari, R. D. (2018). Penerapan Etika Jurnalistik dalam Pemberitaan Politik di Media Online ( Studi Kasus Pemilihan Gubernur DKI Jakarta ) Application of Journalistic Ethics in Political Reporting in Online Media ( Case Study of the Governor Election of Jakarta ). Jurnal Pekommas, 3(2), 203–212.

Umair, S. (2016). Mobile Reporting and Journalism for Media Trends, News Transmission and its Authenticity. Journal of Mass Communication & Journalism, 06(09), 1–6. https://doi.org/10.4172/2165-7912.1000323

Westlund, O. (2008). From Mobile Phone to Mobile Device: News Consumption on the Go. Canadian Journal of Communication, 33(3). https://doi.org/10.22230/cjc.2008v33n3a2004

Westlund, O. (2013). Mobile news: A review and model of journalism in an age of mobile media. Digital Journalism, 1(1), 6–26. https://doi.org/10.1080/21670811.2012.740273

Published

2020-07-03

Issue

Section

Artikel