PERAN PUBLIC RELATIONS INTERNAL DALAM PENGENDALIAN MUTU PERUSAHAAN (STUDI KASUS DI PT. JALAN TOL LINGKAR LUAR JAKARTA)

Authors

  • Kevin Danu Prasetya
  • kusumajanti kusumajanti Prodi Ilmu Komunikasi, Fisip, UPN Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v3i1.1518

Keywords:

PT. Jalan Tol Lingkarluar Jakarta, Peran Public Relations internal, pengendalian mutu perusahaan

Abstract

Penelitian ini membahas tentang sejauh mana peran public relations internal dalam PT. Jalan Tol Lingkarluar Jakarta dalam menjalankan proses pengendalian mutu perusahaan. Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana PT. Jalan Tol Lingkarluar Jakarta dalam menjalankan pengendalian mutu perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan berdasarkan wawancara mendalam secara langsung dengan ketua manajemen representative PT. jalan Tol Lingkarlua Jakarta, staff manajemen representative PT. jalan Tol Lingkarlua Jakarta serta 2 orang informan yang merupakan perwakilan dari devisi-devisi yang mengikuti proses pengendalian mutu PT. jalan Tol Lingkarluar Jakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran public relations dalam menjalankan pengendalian mutu perusahaan sudah cuku sesuai dan berjalan sebagaimana mestinya, walaupun dalam eksekusinya masih ada kendala yang dihadapi. Dapat dikatakan public relations internal PT. Jalan Tol Lingkarluar Jakarta telah menjalankan tugasnya denga baik bersama dengan devisi-devisi terkait. Sehingga perlahan-lahan kedepannya mungkin dapat ditingkatkan lagi rasa kepedulian dalam menjaga citra perusahaan PT.Jalan Tol lingkarluar Jakarta serta semakin responsif terhadap apa yang sedang diperlukan masyarakat khususnya pengguna jalan tol PT. Jalan Tol Lingkarluar Jakarta demi menciptakan ide-ide baru.

References

Ardianto, Elvinaro. 2014. Metode Penelitian Public Relations. Bandung (ID): Rosdakarya

Krisyantotno, Rahmat. 2014. Riset komunikasi. Jakarta (ID): Kencana Prenada Media Grup.

Danandjaja. 2011. Peranan Humas Dalam Perusahaan. Yogyakarta (ID): Graha Ilmu.

Ruslan, Rosadi. 2008. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Jakarta (ID): PT Raja Grafindo Persada

Soemirat dan Ardianto. 2010. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung (ID): PT Remaja Rosadakarya.

Morissan, 2008. Manajemen Public Relations, Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta (ID): Kencana Prenada Media Group.

Moleong, Lexy J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung (ID): PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daymon, Christine danImmy Holloway. 2008. Riset Kualitatif. Bandung (ID): Bentang.

Butterick, Keith. 2012. Pengantar Public Relations : Teori dan Praktik. Jakarta (ID): PT Raja Grafindo Persada.

Cecelia S. Kilian. 2005. The world of W.Edwards Deming. Quality Control. Bandung (ID): Bentang Robert K Yin.

Published

2020-01-31

Issue

Section

Artikel