MANAJEMEN ISU DALAM MEMPERTAHAKAN CITRA PT PEMBANGUNAN JAYA ANCOL Tbk (Studi Kasus Isu Pantai Publik Ancol)

Authors

  • Dyah Nurul Fikriani
  • Siti Maryam Prodi Ilmu Komunikasi, Fisip, UPN Veteran Jakarta
  • Windhi Tia Saputra Prodi Ilmu Komunikasi, Fisip, UPN Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v3i1.1517

Keywords:

manajemen isu, isu, pantai publik, ancol, citra positif

Abstract

Penelitian ini berjudul Manajemen Isu dalam Mempertahankan Citra Perusahaan (Studi Kasus Isu Pantai Publik Ancol). Isu pantai publik merupakan isu yang popular karena tidak pernah berhenti menerpa Ancol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen isu pantai publik Ancol yang dilakukan PT Pembangunan Jaya Ancol (PJA) dalam mempertahankan citra perusahaan. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan yakni model analisis data interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Model manajemen isu yang dilakukan oleh Ancol memiliki kesamaan dengan model manajemen isu sumber Regester&Larkin, hanya saja peneliti menemukan satu tahapan baru dalam menyelesaikan isu pantai publik Ancol, yakni komunikasi. Jika diurutkan maka tahapan awal dimulai dari identifikasi isu, analisis isu, komunikasi, adaptive change strategy, program perubahan isu, dan terakhir evaluasi. Hasil kebijakan yang dilakukan dapat meredam isu dan program gratis masuk Ancol bagi pengguna KJP cukup efektif yang mana ribuan pengunjung telah memanfaatkan kesempatan masuk Ancol gratis dengan menggunakan KJP, sehingga hal ini dapat mempertahankan citra positif Ancol bagi kalangan publik.

References

Aminah, Andir Nur. 2017. 2000. Pengguna KJP Telah Nikmati Masuk

Ancol Gratis. https://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabeknasional/17/12/20/ p19jao384-2000-pengguna-kjp-telah-nikmati-tiket-gratis-masuk-ancol. Diakses pada tanggal 1 Januari 2019 6 November 2018 pukul 23.44 WIB

Ardianto, Elvinaro dan Soemirat Soleh. 2012. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung (ID):PT Remaja Rosdakarya.

Arjanto, Dwi. (2018). DKI Akui Pantai di Jakarta Termasuk Ancol Belum Pantai Publik.https://metro.tempo.co/read/1034728/dki-akui-pantai-di-jakarta-termasuk-ancol belum-pantai- publik/full&view=ok. Diakses pada tanggal 6 November 23.20 WIB

Creswell, John W. 2017. Research Design: kualitatif, kuantitatif, dan campuran. Yogyakarta (ID): Pustaka Pelajar.

Friana, Hendra. (2017). Djarot Minta Uji Coba Masuk Ancol Gratis Dimulai 14 Oktober. https://tirto.id/djarot-minta-uji-coba-masuk-ancol-gratis-dimulai-14-oktober-cxKh. Diakses pada tanggal 7 6 November 2018 pukul 22.25 WIB.

Kriyantono, Rachmat. 2012. Public Relations & Crisis Management:Pendekatan Critical Public Relations Etnografi Kritis & Kualitatif. Jakarta (ID): Prenadamedia Group

Kriyantono, Rachmat. 2015. Public Relations, Issue & Crisis Management. Jakarta (ID): Prenadamedia Group.

Moleong, Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung (ID): PT Remaja Rosdakarya Offset.

Na’fi, Muhammad. (2017). Babak Polemik Akses Gratis Ke Pantai Ancol Jakarta Utara. https://fokus.tempo.co/read/1005343/ babak-baru-polemik-akses-gratis-ke-pantai-ancol-jakarta- utara/full&view=ok. Diakses pada tanggal 6 November 2018 pukul 20:00 WIB.

Nova, Firsan. 2011. Crisis Public Relations Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta (ID): PT. Raja Grafindo Persada.

Roslan, Rosady. 2014. Manajemen Public Relation Dan Media Komunikasi: Konsepsi Dan Aplikasi. Jakarta (ID): PT Rajagrafindo Persada.

Siregar, Dimas. (2012). Pengadilan Tolak Gugatan Gratis Masuk Pantai Ancol. https://metro.tempo.co/read/463893/pengadilan-tolak-gugatan-gratis-masuk-pantai ancol/full&view=ok. Diakses pada tanggal 6 November 2018 pukul 22.15

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitafi, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta (ID): Prenadamedia Group.

Published

2020-01-31

Issue

Section

Artikel