KEBERAGAMAN PARIWISATA DAN BUDAYA SEBAGAI IDENTITAS MASYARAKAT (Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga di Kota Singkawang)

Authors

  • Dea Varanida Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.33822/.v3i1.1361

Keywords:

Pariwisata dan Budaya, Promosi, Identitas, Komunikasi Pemasaran, Media Social

Abstract

Sebagian besar setiap daerah di Indonesia saat ini telah menyadari akan pentingnya pariwisata untuk kemajuan dalam mengembangkan potensi daerahnya. Bukan hanya untuk memajukan pariwisata, namun juga untuk pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat daerah tersebut. Kemudian dari pada itu, pariwisata juga sudah tidak seperti dahulu lagi namun semakin berkembang maknanya bukan hanya untuk berekreasi semata tapi sudah semakin luas artiannya. Pariwisata sudah menjadi kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dari maysarakat  dan sudah menjadi kebutuhan yang wajib untuk dilakukan. Maka dari itu melalui sektor pariwisata masing-masing daerah meningkatkan wisata alam maupun budaya untuk meningkatkan perekonomian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  dengan menggunakan metode deskriptif paradigma kualitatif melalui beberapa tahapan yaitu observasi pendahuluan, wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang. Peneliti melakukan wawancara dengan beberapa narasumber yang sesuai untuk menjawab masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Disparpora untuk mengembangkan sektor pariwisata dimulai dengan melakukan tahapan pendataan, perencanaan, dan pelaksanaan. Selanjutnya, terdapat media-media baru yang lahir dalam Komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh komunikator maupun komunikan dalam mengembangkan promosi yang dilakukan yaitu dari pihak swasta maupun dari masyarakat sehingga melahirkan identitas dalam keberagaman pariwisata dan budaya yang ada di Kota Singkawang.

References

Herat, Rizki Andini dkk. 2015. Peran Bidang Promosi Dan Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai Dalam Mempromosikan Potensi Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai. E-journal Acta Diurna, 4 (4). Diperoleh melalui https://media.neliti.com/media/publications/89559-ID-peran-bidang-promosi-dan-pemasaran-dinas.pdf

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Linasari, Festi dkk. Komunikasi Pemasaran Pariwisata Dan Kunjungan Wisatawan Di Bangkalan.Diperoleh melaluijurnal.untag-sby.ac.id/index.php/representamen/article/download/1455/1243

Rakhmat, Jalaludin. 2009. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi, Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Erlangga.

https://kalbar.antaranews.com/berita/373923/menpar-siap-angkat-pariwisata-singkawang-jadi-kelas-dunia

Published

2020-01-31

Issue

Section

Artikel