PENCEGAHAN HIPERTENSI MELALUI EDUKASI TERSTRUKTUR CERDIK: RURAL AREA

Penulis

  • Suhariyanto Poltekkes Kemenkes Pontianak
  • Yadi Fahrul Razi Poltekkes Kemenkes Pontianak
  • Gusti Barlia Poltekkes Kemenkes Pontianak
  • Niya Fittarsih Poltekkes Kemenkes Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.52020/jkwgi.v8i2.8906

Abstrak

Latar Belakang: Hipertensi yang sering juga disebut sebagai silent killer atau pembunuh diam – diam merupakan penyakit terbanyak yang dialami oleh lansia dan merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia. Berdasarkan data awal yang diperoleh di Puskesmas Simpang Empat Kecamatan Tangaran hipertensi termasuk penyakit degenerative terbanyak dan selalu masuk dalam kelompok 10 kunjungan terbanyak Di Puskesmas Simpang Empat  dengan data dari bulan januari sampai  september  dengan jumlah 2.895 kasus hipertensi di pengaruhi oleh gen dan gaya hidup. Program promotif dan preventif yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan bertujuan untuk mengubah perilaku hidup masyarakat agar terhindar dari penyakit tidak menular (PTM), khususnya perilaku CERDIK Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitaas edukasi terstruktur CERDIK terhadap peningkatan pengetahuan dalam pencegahan hipertensi. Metode: Metode dalam penelitian ini adalah penclitian kuantitatif dengan desain pre-experiment design dengan rancangan pre dan post test without control grup design. Sampel dalam penelitian ini orangtua yang memiliki balita sampel berjumlah 13 orang dengan cara consecutive sampling. Penelitian ini dilakukan dengan durasi selama 6 bulan di Wilayah Kerja Simpang Empat Kecamatan Tangaran. Teknik edukasi terstruktur terbagi menjadi 2 tahap, tahap pertama dengan materi tentang hipertensi dan tahap kedua dengan materi program CERDIK dan instrument penilaian menggunakan kusioner pre-tes dan post-test. Untuk menganalisa data menggunakan jji statistik menggunakan uji wilcoxon. Hasil: Hasil uji statistik didapatkan nilai signifikasi 0,001 < 0,05) artinya ada efektivitaas edukasi terstruktur CERDIK terhadap peningkatan pengetahuan dalam pencegahan hipertensi.Rekomdendasi: Peneliti menyarankan untuk penelitian selanjut lebih mengembangkan mulai dari variable, jumlah sampel dan media edukasi.

 

Keywords: Edukasi terstruktur,  Pencegahan, Hipertensi, Pengetahuan , CERDIK

Diterbitkan

2024-07-26