Hubungan Kualitas Relasi Ayah-Anak dengan Kecerdasan Emosional pada Remaja

Penulis

  • Siti Hafizhah Rahmah Universitas Riau
  • Arneliwati Universitas Riau
  • Reni Zulfitri Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.52020/jkwgi.v8i2.8722

Abstrak

Kualitas relasi ayah-anak mempunyai kaitan dengan kecerdasan emosional remaja, khususnya dalam menghadapi tantangan perkembangan fisik dan emosional masa remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas relasi ayah-anak dengan kecerdasan emosional pada remaja. Metode penelitian ini kuantitatif deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di SMAN 2 Rengat dengan sampel penelitian sebesar 129 responden yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dengan distribusi frekuensi dan analisis bivariat dengan menggunakan uji statistik Spearman rank correlation. Hasil analisis univariat menunjukkan responden terbanyak berada pada rentang usia 16 tahun (68,2%), berjenis kelamin perempuan (51,2%), memiliki kualitas relasi ayah-anak yang tinggi (34,1%), dan kecerdasan emosional sedang (34,9%). Hasil analisis bivariat menggunakan uji statistik Spearman rank correlation ditemukan taraf signifikansi sebesar 0,000 dengan koefisien korelasi 0,598. Hasil riset ini dapat disimpulkan bahwa kualitas relasi ayah-anak mempunyai hubungan signifikan yang positif dengan kecerdasan emosional pada remaja, artinya semakin tinggi kualitas relasi ayah-anak maka semakin tinggi pula kecerdasan emosional pada remaja. Ayah dan anak remaja dapat saling menjaga dan mempertahankan relasi yang berkualitas untuk menunjang kecerdasan emosional remaja.

Diterbitkan

2024-07-26