POSISI R.S. QADR BERDASARKAN CORRESPONDENCE ANALYSIS PERSEPSI PASIEN DAN MANAJEMEN

Penulis

  • Tatiana Siregar

DOI:

https://doi.org/10.52020/jkwgi.v1i0.843

Kata Kunci:

correspondence analysis, peta persepsi, atribut rumah sakit

Abstrak

R.S. QADR adalah rumah sakit swasta kelas C,  yang memiliki 101 tempat tidur rawat inap, berlokasi  di Karawaci Tangerang. Kondisi R.S. QADR  teridentifikasi mempunyai permasalahan adanya penurunan kunjungan  pasien rawat inap yang signifikan tiga tahun terakhir periode tahun 2009 – 2011. Penurunan jumlah pasien ini, diduga karena pelayanan yang diberikan kepada pasien kurang memuaskan, sehingga citra rumah sakit tidak terbentuk dengan baik dibenak pasien. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui posisi R.S. QADR berdasarkan persepsi pasien dan manajemen. Metode penelitian yang digunakan observasional:deskritif komparatif, dan tehnik pengambilan sampel  porposive sampling,denganjumlah 100 pasien rawat inap. Analisis penelitian secara deskritif dan  correspondence analysis menggunakan ANACOR run syntax dari SPSS 19. Kesimpulan penelitian: menurut persepsi pasien, posisi R.S. QADR  ditentukan oleh atribut: assurance, dan  emphaty dari variabel kualitas pelayanan, sertaatribut tanggap dari variabel komunikasi teraupeutik.  Tetapi posisi R.S. QADR berdasarkan persepsi manajemen ditentukan oleh atribut:   responsiveness dari variabel kualitas pelayanan  dan  popular dari variabel citra rumah sakit.  Perbedaan persepsi pasien dengan manajemen tentang  atribut penentu posisi R.S. QADR, dikarenakan manajemen  kurang memperhatikan dan menanggapi keinginan pasien. Untuk itu diharapkan pihak manajemen  bisa lebih mengetahui lagi keinginan pasien dengan melalui survey pelanggan, agar kepuasan pasien terpenuhi

Unduhan

Diterbitkan

2014-11-10