ANALISIS HUBUNGAN LAMA PERAWATAN DAN JENIS JASA PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RS X.

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.52020/.v6i3.4899

Kata Kunci:

Jasa Pelayanan, Kepuasa Pasien, Lama Perawatan

Abstrak

Layan Kesehatan khususnya layanan keperawatan yang baik dapat meningkatkan kepuasan pasien terhadap layanan tersebut. Pasien merasa puas jika kebutuhannya terpenuhi. Masalah yang ditemukan di Indonesia masih terdapat pasien yang mengeluh dikarenakan kurang optimalnya pelayanan keperawatan yang diberikan ke pasien. Beberapa Pasien mengeluh dengan jenis layanan menggunakan BPJS kurang diperhatikan dibandingkan dengan bayar Pribadi. Lamanya Perawatan juga merupakan salahsatu yang dikeluhkan pasien sehingga mengurangi kepuasan terhadap layanan yang diberikan. Tujuan peelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan lama perawtaan dan jenis jasa pelayanan dengan kepuasan Pasien. Penelitian ini dilakukan di ruang rawat inap RS X Tangerang bulan Juni 2022. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 65 responden. Desain penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional, data dianalisis menggunakan Uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan nilai p-value lebih besar 0,05, nilai p = 1,000 yang berarti tidak ada hubungan yang signifikan antara pekerjaan pasien dengan kepuasan pasien rawat inap. Hasil uji hubungan jenis jasa pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap menunjukkan nilai p-value = 1,000 (p-value > 0,05) yang berarti tidak ada hubungan yang signifikan antara jenis pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap. Berdasarkan hasil dari penelitian ini diharapkan pihak rumah sakit dapat terus meningkatkan kualitas dari pelayanan yang diberikan kepada pasien agar pasien dapat merasa puas terhadap pelayanan yang diterimanya serta petugas kesehatan dapat lebih meningkatkan rasa perduli terhadap keluhan yang disampaikan pasien, sehingga dapat meningkatkan kepercaya serta minat masyarakat terhadap layanan Kesehatan khususnya keperawatan di rumah sakit.

Biografi Penulis

Serri Hutahaean, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta

Pendidikan s2 Mananjemen Keperawatan

Departemen: Fakultas ILmu Kesehatan UPNVJ

Dosmaida Nababan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Arjuna

Nursing

Referensi

Arifin, S. et al. (2019) ‘Hubungan Usia, Tingkat Pendidikan, Fasilitas Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Muara Laung’, Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 6(1), pp. 40–45. doi: 10.20527/jpkmi.v6i2.7457.

Aulia et al. (2022) ‘Determinants of Patient Characteristics With Satisfaction Level of Outpatients Regarding Pharmaceutical Services in Pharmaceutical Installations of Rumah Sakit Umum Daerah Banten’, Health and Medical Journal, 4(2), pp. 70–75.

Awalinda, T., Ake, J. and Consolatrix da Silva, M. (2019) ‘Tingkat Kepuasan Pasien Peserta BPJS Kesehatan Terhadap Kualitas Pelayanan Di Puskesmas Bailang Kota Manado’, Jurnal Ilmiah Perawat Manado (Juiperdo), 7(1), pp. 01–12. doi: 10.47718/jpd.v7i1.794.

Damopolii, S. H., Tucunan, A. A. T. and Maramis, F. R. R. (2018) ‘Hubungan Antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RS Bhayangkara TK III Manado’, Kesmas, 7(5). Available at: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kesmas/article/view/22354

Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan (2020) ‘Standar Kelas Rawat Inap Di Rumah Sakit’, (September), pp. 1–20. Available at: https://mail.djsn.go.id/.

Ernawati, N. and Rizki, M. (2019) ‘Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Dokter Di Instalasi Rawat Inap A Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Cilandak Jakarta Selatan’, Journal Educational of Nursing(Jen), 2(1), pp. 126–140. doi: 10.37430/jen.v2i1.17.

Hakim, F. A. and Suryawati, C. (2019) ‘Hubungan Karakteristik Pasien Peserta BPJS dengan Tingkat Kepuasan Pasien Peserta BPJS terhadap Pelayanan Rawat Inap di Rumah Sakit Umum “X” di daerah Kendal’, Manajemen Kesehatan Indonesia, 7(3).

Harahap, E. M. (2019) ‘Hubungan Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien BPJS Di Rawat Inap Rumah Sakit Sundari Medan’, Jurnal Pembaruan Keperawatan, 1(1), pp. 6–10.

Lestari, W., Rizany, I. and Setiawan, H. (2021) ‘Faktor- Faktor Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit’, 9(1), pp. 46–53.

Librianty, N. (2018a) ‘faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Mawar RSUD Bangkinang Tahun 2016’, Jurnal Ekonomi KIAT, 29(1), pp. 11–20.

Mustika, D. and Sari, K. (2019) ‘Kepuasan pasien terhadap layanan rawat inap RSUD Jagakarsa tahun 2017/2018’, Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 5(3), pp. 147–152. Available at: http://journal.fkm.ui.ac.id/arsi/article/view/2950.

Mutmainnah, U., Ahri, R. A. and Arman (2021) ‘Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUP . Dr . Wahidin Sudirohusodo Makassar 2020’, Muslim Community Health (JMCH), 2(1), pp. 1–23. Available at: file:///C:/Users/acer/AppData/Local/Temp/488-Article Text-2073-1-10-20210507.pdf.

Pasalli’, A. and Patattan, A. A. (2021) ‘Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Fatima Makale Di Era New Normal’, Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 4(1), pp. 14–19. doi: 10.52774/jkfn.v4i1.57.

Perceka, A. L. (2020) ‘Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien di Ruangan IGD RSUD dr. Slamet Garut’, Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP), 6, pp. 270–277.

Sesrianty, V., Machmud, R. and Yeni, F. (2019) ‘Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan’, JURNAL KESEHATAN PERINTIS (Perintis’s Health Journal), 6(2), pp. 116–126. doi: 10.33653/jkp.v6i2.317.

Diterbitkan

2022-11-07