HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN KESIAPAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA PADA MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.52020/.v6i3.4530Kata Kunci:
Covid-19, Mahasiswa, Protokol kesehatanAbstrak
Hasil belajar yang baik dapat dicapai apabila memiliki kesiapan belajar. Mahasiswa harus beradaptasi apabila sebelumnya melakukan pembelajaran daring kini harus kembali mengikuti PTM dengan metode pembelajaran baru. Jika mahasiswa belum siap untuk melaksanakan PTM maka akan mengakibatkan kurang optimalnya pembelajaran yang diterima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial orang tua dengan kesiapan PTM pada mahasiswa. Penelitian ini penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan menggunakan metode analitik korelasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan simple random sampling yang berjumlah 304 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dukungan sosial orang tua dan kesiapan PTM. Analisis data menggunakan uji somers’d. Hasil penelitian didapatkan hubungan yang signifikan antara variabel dukungan sosial orang tua dengan kesiapan pembelajaran tatap muka dengan nilai p=0,001, sedangkan nilai r=0,617 artinya terdapat korelasi kuat antara dukungan sosial orang tua dengan kesiapan pembelajaran tatap muka. Dukungan sosial orang tua berhubungan dengan kesiapan pembelajaran tatap muka pada mahasiswa.
Referensi
Afdhalia. (2021). Penyesuaian Akademik Ditinjau Dari Kesesuaian Minat Memilih Jurusan dan Dukungan Sosial Orang Tua. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Cakraningrat, B., & Fakhruddiana, F. (2015). Kesiapan Belajar Siswa Tunarungu Yang Menempuh Pendidikan Inklusi. Humanitas, 12(2), 73–81. https://doi.org/10.26555/humanitas.v12i2.3826
Damayanti, Andia, K. (2016). Kesiapan anak masuk sekolah dasar ditinjau dari dukungan orangtua dan motivasi belajar. Psikovidya, 20(1), 16–25.
Diah Elvina. (2019). Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Hipertensi. 2006, 49–54.
Fadhila, A., & Asriyadi, F. (2020). Hubungan pengetahuan dengan kesiapan penerapan evidence-based practice pada mahasiswa profesi ners UMKT tahun 2019. Borneo Student Research, 2(1), 71–77.
Farradika, Y., Umniyatun, Y., Nurmansyah, M. I., & Jannah, M. (2019). Perilaku Aktivitas Fisik dan Determinannya pada Mahasiswa Fakultas Ilmu - Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. ARKESMAS (Arsip Kesehatan Masyarakat), 4(1), 134–142. https://doi.org/10.22236/arkesmas.v4i1.3548
Gani, A. G. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Anak Remaja. Jurnal Mitra Manajemen, 7(2), 32–42.
Kemendikbud. (2021). Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menterti Dalam Negeri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Jakarta: Kemendikbud.
Powa, N. W., Tambunan, W., & Limbong, M. (2021). Analisis Persetujuan Orang Tua terhadap Rencana Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SMK Santa Maria Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(02), 100–111.
Prastihastari Wijaya, I. (2012). Efikasi Diri Akademik, Dukungan Sosial Orangtua Dan Penyesuaian Diri Mahasiswa Dalam Perkuliahan. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 1(1), 40–52. https://doi.org/10.30996/persona.v1i1.14
Sholikhah, I. (2021). Analisis Kesiapan Orang Tua Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Masa Pandemi. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(7), 925–940. https://doi.org/10.47387/jira.v2i7.181
Syarifa, A. (2011). Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan KoSyarifa, A. (2011). Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Komitmen terhadap Tugas ( Task Commitment ) pada Siswa Akselerasi tingkat SMA. Insan, 13(01), 1–11.mitmen terhadap Tugas ( Task Commitm. Insan, 13(01), 1–11.
Verawati, I. (2017). Dukungan sosial orangtua dalam mengikutsertakan anaknya berlatih di Krakatau Taekwondo Klub Medan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 22–28.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Alfilail, S. N. (2021). Pembelajaran Berbasis Online “Zoom” Pada Kesiapan Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 7(1), 215. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9329
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.