MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN MENINGKAT DENGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA

Penulis

  • Dhien Novita Sani Universitas Bhakti Kencana
  • Muhammad Fandizal Universitas Bhakti Kencana
  • Yuli Astuti Universitas Bhakti Kencana

DOI:

https://doi.org/10.52020/jkwgi.v4i2.1903

Kata Kunci:

Keperawatan

Abstrak

Dukungan sosial orang tua terhadap motivasi belajar anak dapat meningkat karena keluarga merupakan orang tedekat, keluarga yang positif dapat memicu kesenangan dalam belajar. Peneltian ini merupakan jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk  mengetahui signifikan hubungan antara variabel yang diteliti dengan Pendekatan desain studi Cross Sectional. Hasil dari uji statistik Chi – square didapatkan nilai ρ= 0,028, berarti ρ < 0,05 sehingga disimpulkan Terdapat hubungan signifikan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Motivasi Belajar Mahasiswa. Dukungan social orangtua sangat berhubungan erat dengan kesuksesan akademis, kesehatan mental, gambaran diri yang positif, harga diri yang sesuai, percaya diri dalam menghadapi tantangan, dan motivasi diri meningkat. Kesuksesan akademis dapat tercapai jika mahasiswa mempunyai motivasi untuk belajar. Motivasi menggerakkan seseorang untuk bertingkah laku karena adanya dorongan dasar untuk mencapai sesuatu dalam belajar dan keberlansungan proses pembelajaran. Semakin tinggi dukungan sosial orang tua maka semakin tinggi motivasi mahasiswa untuk belajar. Orang tua dapat memberikan dukungan sosial kepada anak yang sedang mengikuti pembelajaran karna dapat meningkatkan motivasi belajar sebanyak 5,5 kali.

Kata kunci: Dukungan Sosial, Motivasi Belajar, Orang Tua

Biografi Penulis

Dhien Novita Sani, Universitas Bhakti Kencana

Keperawatan Dasar dan Keperawatan Klinik

Dosen

Muhammad Fandizal, Universitas Bhakti Kencana

Keperawatan Dasar dan Keperawatan Klinik

Dosen

Yuli Astuti, Universitas Bhakti Kencana

Keperawatan Dasar dan Keperawatan Klinik

Dosen

Referensi

Afiif, A., & Makkulau, A.-F. B. (2016). Motivasi Belajar Biologi Siswa SMA ditinjau dari Pola Asuh Orangtua dan Dukungan Sosial Teman Sebaya. Jurnal Psikologi Perseptual, 1(2), 62–69.

Agustina, L., & Wisnumurti, A. (2019). Dukungan Sosial dan Motivasi Belajar Siswa SMA Masehi 2 PSAK Semarang. Journal Personifikasi, 10(1), 28–42. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Amseke, F. V. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Motivasi Berprestasi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 65–81.

Dwiyanti, N., & Ediati, A. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga dengan Motivasi Belajar Siswa SMA N 1 Batangan Kabupaten Pati. Jurnal Empati, 7(2), 259–265.

Emeralda, G. N., & Kristiana, I. F. (2017). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Motivasi Belajar pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Empati, 6(3), 154–159.

Kemdikbud. (2013). Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi. Permendikbud No. 73. http://kkni.kemdikbud.go.id/

Kurniawan, C. A. (2016). Korelasi Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(5), 344–354.

Kusuma, T. A., Tjalla, A., & Setyowati, E. (2015). Motivasi Berprestasi Siswa Kelas Vii Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Jakarta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 1–6.

Malwa, R. U. (2017). Dukungan Sosial Orang tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Putra Tahfidz Al-Qur’an. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 3(2), 137. https://doi.org/10.19109/psikis.v3i2.1758

Nuraeni, Y., & Supratiningsih, E. (2014). Hubungan antara dukungan orang tua dengan motivasi belajar pada siswa akhwat kelas VIII di MTs Misbahunnur Kota Cimahi. Prosiding Psikologi Unisba, 1(2), 144–150.

Nursalam, N. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Salemba Medika.

Paramitha, D. A., & Yoenanto, N. H. (2017). Pengaruh Dukungan Sosial Orangtua, Kematangan Emosi, dan Adversity Quotient terhadap Motivasi Belajar pada Siswa dengan Status Sosial Ekonomi Rendah di SMAN 1 Porong. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 6, 44–63.

Prasetyo, K. B., & Rahmasari, D. (2016). Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga dengan Motivasi Belajar pada Siswa. Jurnal Penelitian Psikologi, 1(1), 52–57. https://doi.org/10.36805/psikologi.v1i1.688

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions (7th (ed.)). John Wiley & Sons, Inc.

Sari, S. M., Lestari, Y. I., & Yulianti, A. (2016). Hubungan antara Social Support dan Self-Efficacy dengan Stress pada Ibu Rumah Tangga yang Berpendidikan Tinggi. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 171–178. https://doi.org/10.15575/psy.v3i2.1108

Sastroasmoro, S., & Ismael, S. (2014). Dasar-dasar metodologi penelitian klinis. Edisi Ke-5. Sagung Seto.

Suciani, D., Rozali, Y. A., & Safitri, S. (2014). Hubungan Dukungan Sosial dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi, 12(2), 43–47.

Sugiyono, S. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.

Swarjana, I. K. (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan (Edisi Revisi). ANDI.

Tarmidi, T., & Rambe, A. R. R. (2010). Korelasi Antara Dukungan Sosial Orang Tua dan Self-Directed Learning pada Siswa SMA. Jurnal Psikologi, 37(2), 216–223. https://doi.org/10.22146/jpsi.7733

Tutpai, G., & Suharto, T. N. E. D. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Dukungan Sosial Orangtua dengan Kemandirian Belajar pada Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Suaka Insan (JKSI), 2(2), 1–11.

Umboh, E., Kepel, B., & Hamel, R. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. E-Jeurnal Keperawatan, 5(1).

Yuliya. (2019). Hubungan Antara Dukungan Orangtua dengan Motivasi Belajar pada Remaja Di SMP Negeri 9 Filial Loa Kulu. Jurnal Psikoborneo, 7(2), 291–300.

Zahara, F. (2012). Hubungan Dukungan Sosial Orangtua dan Motivasi Belajar dengan Kemandirian Belajar Siswa di SMA Negeri 7 Medan. Jurnal Psikologi Prima, 4(2), 31–41. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Unduhan

Diterbitkan

2020-09-30