PERILAKU CARING PERAWAT DAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT

Penulis

  • Tri Yuli Susanti
  • Rista Apriana

DOI:

https://doi.org/10.52020/jkwgi.v3i1.1078

Kata Kunci:

Caring Perawat, Kepuasan Pasien

Abstrak

Caring merupakan komponen yang sangat penting dalam keperawatan dan merupakan inti dari praktek keperawatan karena mengandung nilai-nilai humanistik, menghormati kebebasan manusia, menekankan pada peningkatan kemampuan dan kemandirian, peningkatan pengetahuan dan menghargai setiap manusia. Perawat yang mempunyai nilai dan jiwa caring mempunyai perilaku kerja yang sesuai dengan prinsip etik dikarenakan kepedulian perawat yang memandang klien sebagai makhluk humantistik, sehingga termotivasi untuk memberikan pelayanan keperawatan yang bermutu tinggi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di rumah sakit.  Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif non eksperimen dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel dengan tehnik Purposive Sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner, dianalisis menggunakan uji statistik Spearman Rank dengan batas kemaknaan 0,05. Terdapat  74,8% perawat berperilaku caring dan 80,5% pasien merasa puas dengan hasil uji statistik nilai p value 0,039 ≤ α= 0,05 r = (0,187). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien

Referensi

Darlington, D, S. M.B & Abreu P (2011). Nurse Caring Behaviour As Perceived By Paediatric Patients, Paediatruc Nurses, Paediatric / Caretakers and Physician

Isnawati, Y. (2009). Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Melati II Sleman Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Ilmu Kesehatan Aisyiyah. Yogyakarta

Mahardi, Dedi. 2013. The Power Of Care. Jakarta : PT Elex Media Komputindo

Munawaroh. Siti. (2011). Analisis Hubungan Karakteristik dan Kepuasan Pasien dengan Loyalitas Pasien di RSUD Dr. Sutomo Ponorogo. Skripsi. Program Sarjana Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah. Ponorogo : Tidak dipublikasikan Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Nursalam. 2014. Manajemen Keperawatan : Aplikasi dalam Praktek Keperawatan Profesional Edisi 3. Jakarta : Salemba Medika

Rini. 2015. Hubungan Sikap Caring Perawat Terhadap Pelaksanaan Oral Hygiene di Ruang Intensive RSUD Di Moewardi. Surakarta

Supriatin, E. 2009. Tesis : Hubungan Faktor Individu Dan Faktor Organisasi Dengan Perilaku Caring Perawat Di Instalasi Rawat Inap RSUD Kota Bandung. Program Pasca Sarjana, Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Inonesia

Wike Diah Anjaryani, 2009. Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Perawat di RSUD Tugurejo. Tesis. Program Pasca Sarjana Promosi Kesehatan Sumber Daya Manusia. Universitas Diponegoro. Semarang : Tidak dipublikasikan

Yasmini. 2015. Hubungan Caring Perawat Pelaksana Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap SMC Rumah Sakit Telogorejo. Semarang

Unduhan

Diterbitkan

2019-09-17