PERILAKU CARING PERAWAT DAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT
DOI:
https://doi.org/10.52020/jkwgi.v3i1.1078Kata Kunci:
Caring Perawat, Kepuasan PasienAbstrak
Caring merupakan komponen yang sangat penting dalam keperawatan dan merupakan inti dari praktek keperawatan karena mengandung nilai-nilai humanistik, menghormati kebebasan manusia, menekankan pada peningkatan kemampuan dan kemandirian, peningkatan pengetahuan dan menghargai setiap manusia. Perawat yang mempunyai nilai dan jiwa caring mempunyai perilaku kerja yang sesuai dengan prinsip etik dikarenakan kepedulian perawat yang memandang klien sebagai makhluk humantistik, sehingga termotivasi untuk memberikan pelayanan keperawatan yang bermutu tinggi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di rumah sakit. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif non eksperimen dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel dengan tehnik Purposive Sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner, dianalisis menggunakan uji statistik Spearman Rank dengan batas kemaknaan 0,05. Terdapat 74,8% perawat berperilaku caring dan 80,5% pasien merasa puas dengan hasil uji statistik nilai p value 0,039 ≤ α= 0,05 r = (0,187). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasienReferensi
Darlington, D, S. M.B & Abreu P (2011). Nurse Caring Behaviour As Perceived By Paediatric Patients, Paediatruc Nurses, Paediatric / Caretakers and Physician
Isnawati, Y. (2009). Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Melati II Sleman Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Ilmu Kesehatan Aisyiyah. Yogyakarta
Mahardi, Dedi. 2013. The Power Of Care. Jakarta : PT Elex Media Komputindo
Munawaroh. Siti. (2011). Analisis Hubungan Karakteristik dan Kepuasan Pasien dengan Loyalitas Pasien di RSUD Dr. Sutomo Ponorogo. Skripsi. Program Sarjana Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah. Ponorogo : Tidak dipublikasikan Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Nursalam. 2014. Manajemen Keperawatan : Aplikasi dalam Praktek Keperawatan Profesional Edisi 3. Jakarta : Salemba Medika
Rini. 2015. Hubungan Sikap Caring Perawat Terhadap Pelaksanaan Oral Hygiene di Ruang Intensive RSUD Di Moewardi. Surakarta
Supriatin, E. 2009. Tesis : Hubungan Faktor Individu Dan Faktor Organisasi Dengan Perilaku Caring Perawat Di Instalasi Rawat Inap RSUD Kota Bandung. Program Pasca Sarjana, Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Inonesia
Wike Diah Anjaryani, 2009. Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Perawat di RSUD Tugurejo. Tesis. Program Pasca Sarjana Promosi Kesehatan Sumber Daya Manusia. Universitas Diponegoro. Semarang : Tidak dipublikasikan
Yasmini. 2015. Hubungan Caring Perawat Pelaksana Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap SMC Rumah Sakit Telogorejo. Semarang
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.