PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE BRAINSTORMING DAN MEDIA AUDIOVISUAL BERPENGARUH TERHADAP PENGETAHUAN IBU TENTANG PENCEGAHAN DIFTERI
DOI:
https://doi.org/10.52020/jkwgi.v3i2.1027Kata Kunci:
Audiovisual, Brainstorming, Difteri, Pengetahuan, IbuAbstrak
Difteri berakibat fatal pada 5-10% kasus, dengan angka kematian yang lebih tinggi pada anak-anak. Salah satu pencegahan difteri yaitu dengan upaya promotif melalui pendidikan kesehatan. Metode brainstorming dan media audiovisual dapat digunakan dalam pendidikan kesehatan agar lebih efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan metode brainstorming dan media audiovisual terhadap pengetahuan Ibu balita tentang pencegahan difteri. Metode penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan. Penelitian ini menggunakan uji wilcoxon dengan convident interval 95% . Hasil analisis statistik didapatkan p value <0,05 yang berarti terdapat perbedaan pengetahuan Ibu sebelum dan setelah dilakukan intervensi. Pengetahuan ibu tentang difteri meningkat setelah dilakukan intervensi Pendidikan kesehatan menggunakan metode brainstorming dan media audiovisual dapat meningkatkan pengetahuan ibu tentang difteri. Penggunaan metode brainstroming dengan media audiovisual untuk pendidikan kesehatan sebagai upaya preventif dan promotif untuk penyakit difteri.
Referensi
Aqmarina, A. N. et al. (2019) ‘Pengaruh Edukasi Stunting Menggunakan Metode Brainstorming dan Audiovisual Terhadap Pengetahuan Ibu dengan Anak Stunting’, 02(02), pp. 141–146.
Arifin, I. F. and Prasasti, C. I. (2018) ‘Factors That Related With Diptheria Cases of Children in Bangkalan Health Centers’, Jurnal Berkala Epidemiologi, 5(1), p. 26. doi: 10.20473/jbe.v5i12017.26-36.
Fauziningtyas, R., Mia, A. Y. D. and Makhfudli (2018) ‘Efek Metode Brainstorming Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Rasionalitas Penggunaan Obat Swamedikas’, 6(1), pp. 55–66.
Fujiyanto, A., Jayadinata, A. K. and Kurnia, D. (2016) ‘Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup’, Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).
Hardita, D. M., Qur’aniati, N. and Kristiawati (2014) ‘Brainstorming Dalam Pencegahan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) Oleh Ibu’. Hartoyo, E. (2018) ‘Difteri Pada Anak’, Sari Pediatri, 19(5), p. 300. doi: 10.14238/sp19.5.2018.300-6.
Husni, A. and Suheti, T. (2017) ‘Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Osteoporosis Pada Pra Lansia Di Posbindu Kelurahan Pajajaran Kota Bandung’, 12.
Kemenkes (2017) ‘Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Difteri’.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2018) ‘Pemerintah Optimis KLB Difteri Bisa Teratasi’, Www.Depkes.Go.Id, pp. 1–3. doi: 10.1016/B978-0-444-62630-1.00001-9.
Lumbanbatu, A. M. R. (2018) ‘Efektifitas Audio Visual Sebagai Media Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Keluarga Pasien Penyakit Ginjal Kronik Di Unit Hemodialisis Rumah’, 5(Dm).
Novrianda, D. and Yeni, F. (2014) ‘Hubungan Karakteristik Ibu dengan Pengetahuan tentang Penatalaksanaan Diare pada Balita’, 10(1), pp. 159–166.
Syafi`udin, M., Wantiyah, W. and Kushariyadi, K. (2018) ‘Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Brainstorming dan Video terhadap Pengetahuan tentang Demam Berdarah pada Keluarga di Wilayah Kerja Puskesmas Puger Kabupaten Jember’, Pustaka Kesehatan, 6(1), p. 141. doi: 10.19184/pk.v6i1.6869.
Wardani, N. I., SR, D. S. and Masfiah, S. (2014) ‘Faktor-Fakto yang Berhubungan dengan Tingkat Pengetahuan Kader Kesehatan Tentang Thalasemia di Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas’, pp. 194–207.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.