Pengaruh Fitur Spotify Social Dan Pemasaran Personalisasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Spotify Dimediasi Dengan Kepuasan Pelanggan
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari fitur Spotify social dan pemasaran personalisasi terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi dengan kepuasan pelanggan. Spotify merupakan salah market leader dari music streaming platform di dunia, tetapi memiliki rating di bawah beberapa pesaingnya yang cenderung memiliki pengguna jauh di bawah Spotify. Di samping itu di Indonesia Spotify menempati urutan kedua sebagai music streaming platform yang paling sering digunakan dengan jumla yang cukup terpaut jauh oleh youtube music padahal Indonesia merupakan negara dengan pengguna music streaming platform di dunia. Populasi dalam penelitian ini merupakan pengguna Spotify yang berada di Tangerang selatan dengan sampel sebanyak 100 responden melalui Google form berskala likert dan diuji menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial dengan teknik SEM-PLS pada alikasi Smart PLS. Berdarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa fitur Spotify social berpengaruh positif tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan, tetapi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Di samping itu pemasaran personalisasi berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan, tetapi berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan serta fitur Spotify social dan pemasaran personalisasi yang dimediasi kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.