Pengaruh Social Media Marketing Dan Content Marketing Pada Youtube Terhadap Brand Awareness Gojek

Penulis

  • Muhammad Hafizh Ghozahdi
  • Suharyati

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan membuktikan pengaruh dari social media marketing dan content marketing terhadap brand awareness Gojek. Gojek adalah perusahaan yang menyediakan jasa transportasi online berbasis aplikasi. Terhitung sejak tahun 2010 Gojek pertama didirikan, media sosial Youtube yang dikelola Gojek, mengalami kenaikan yang sangat lambat dalam hal pengikut dibanding media sosial lain dan dapat diartikan media sosial Youtube yang dikelola Gojek masih belum dapat menjangkau pengikut seperti di media sosial lain. Dengan memaksimalkan social media marketing Youtube dan membuat content marketing yang baik akan meningkatkan brand awareness pada Youtube Gojek. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FEB UPNVJ angkatan 2020. Ukuran sampel yang diambil sebanyak 90 responden dengan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran google form. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial dengan teknik SEM-PLS menggunakan aplikasi Smart PLS 4. Hasil dari penelitian menunjukkan social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness sebesar 50,2% dan content marketing berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap brand awareness sebesar 17,5%.

Diterbitkan

2024-07-05