PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM), CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI SMARTPHONE VIVO DI JAKARTA

Authors

  • Arif Setiawan
  • Bernadin Dwi M
  • Maria Assumpta Wikantari
  • Lina Aryani

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kuantitatif mengenai Minat Beli Konsumen Smartphone Vivo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variabel Independen yaitu Electronic Word Of Mouth (E-Wom), Citra Merek dan Kualitas produk terhadap variabel dependen yaitu Minat Beli. Penelitian ini menggunakan populasi yaitu Konsumen yang mengetahui dan menggunakan smartphone Vivo di Jakarta, dengan jumlah sampel sebanyak 126 responden yang dipilih dengan metode Non probability sampling. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sesuai kriteria yang telah ditentukan. Data dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner online (google form) yang dibagikan kepada konsumen di Jakarta yang menggunakan dan mengetahui smartphone Vivo. Dalam menganalisis penulis menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial yang diolah melalui SmartPLS 3.2.9. Penelitian memberikan hasil yang menyatakan bahwa (1) Electronic Word Of Mouth tidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Minat Beli dengan nilai koefisien jalur sebesar 0.021. (2) Citra Merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Minat Beli dengan nilai koefisien jalur sebesar 0.215. (3) Kualitas Produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Minat Beli dengan nilai koefisien jalur sebesar 0.593.

Downloads

Published

2025-05-08

Issue

Section

Artikel