Pengemasan dan Penamaan Merek Dagang Produk Usaha Rumah Tangga Di Desa Tanjung Pering Kabupaten Ogan Ilir

Penulis

  • Henny Malini Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya
  • Selly Oktarina Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya
  • Thirtawati Thirtawati Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya
  • Elly Rosana Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya
  • Desi Aryani Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya

Kata Kunci:

Kerupuk Kemplang, Merek Dagang, Pengemasan

Abstrak

Pengemasan dan pemasaran produk-produk industri rumah tangga kerupuk kemplang di Desa Tanjung Pering ini masih dilakukan secara konvensional. Usaha ini dilakukan oleh wanita yang didominasi ibu rumah tangga, sebagai upaya untuk menambah pendapatan keluarga sekaligus memanfaatkan sumberdaya bahan baku ikan sungai yang tersedia, dan dilakukan dengan kemampuan yang terbatas, begitu juga dalam aktivitas pemasarannya. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan. Pelaku usaha ini menjual produknya di sekitar desa dan kecamatan terdekat dengan cara menjual langsung di pasar atau membuat kios- kios di pinggir jalan dengan kemasan seadanya, sehingga pangsa pasarnya masih sangat terbatas. Belum menggunakan kemasan yang menarik dan belum ada Branding. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi khalayak sasaran, karena dapat mengenalkan produk ini ke masyarakat luas dan memperluas jaringan pemasaran. Khalayak sasaran sangat memerlukan pendampingan dari berbagai pihak untuk mengembangkan produk lokal dari Desa Tanjung Pering Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten Ogan Ilir.

Diterbitkan

2024-01-27

Terbitan

Bagian

Articles