Pendampingan Masyarakat Berwirausaha: Es Teler 88 Makassar
Abstract
Sektor usaha yang dikategorikan sebagai UMKM merupakan sektor terbesar dalam perekonomian Indonesia dan telah mampu mengatasi berbagai krisis. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mengacu pada usaha yang dilakukan oleh individu, kelompok usaha kecil, atau rumah tangga. Untuk mendorong kemandirian pembangunan masyarakat, khususnya dibidang ekonomi, Indonesia sebagai negara berkembang memandang UMKM sebagai tumpuan utama sektor perekonomian kerakyatan. Es Teler 88 Makassar salah satu UMKM yang mampu bersaing dengan pebisnis besar yang sejenis dan mampu bertahan diberbagai terpaan kondisi ekonomi. Guna memberikan gambaran terkait persaingan dan nilai jual UMKM ini maka tim pengabdi melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan metode wawancara secara dialogis dengan Owner Es Teler 88 Makassar dan pendampingan dalam mengumpulkan beberapa data yang terkait untuk mengetahui kondisi produksi, pemasaran dan keuangan UMKM Es Teler 88 Makassar serta memberikan gambar terkait analisis SWOT. Bisnis Es Teler 88 Makassar memiliki potensi yang cukup besar dalam industri makanan dan minuman. Dukungan dari pemerintah dan lembaga keuangan untuk pelatihan dan modal usaha juga sangat penting untuk membantu UMKM penjual es teler berkembang dan bertahan dalam persaingan bisnis yang kompetitif.