SISTEM BASIS DATA PERPUSTAKAAN

Penulis

  • Dwi Lestari Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Rasqia Nurzulia Tryadriani Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Alviona Terry Dominica Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • ermatita . Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.52958/jsia.v1i1.6449

Abstrak

Sistem  Basis  Data  Perpustakaan adalah  sebuah  sistem  informasi  yang

dirancang untuk mengelola dan menyimpan informasi mengenai koleksi buku, data peminjaman, anggota perpustakaan, dan informasi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem basis data perpustakaan menggunakan XAMPP. Metodologi penelitian melibatkan identifikasi kebutuhan dan tujuan sistem informasi perpustakaan,  analisis  dan  perancangan  basis  data,  penentuan  skema basis data, implementasi basis data, pengujian dan validasi, serta evaluasi dan pemeliharaan. Dalam perancangan basis data, entitas-entitas seperti peminjaman, buku, peminjam, dan lain-lain diidentifikasi dengan atribut- atribut yang relevan. Skema basis data ditentukan dengan menentukan tipe data, kunci primer, kunci asing, dan indeks yang diperlukan. Implementasi  basis  data  melibatkan  pembuatan  tabel-tabel  dan pengaturan relasi antar tabel.  Pengujian dan validasi dilakukan untuk memastikan kinerja dan kesesuaian basis data dengan kebutuhan sistem. Evaluasi dan pemeliharaan dilakukan secara berkala untuk menjaga integritas basis data. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengelolaan informasi perpustakaan melalui penggunaan sistem basis data.  Diharapkan  hasil  penelitian  ini  dapat  membantu  perpustakaan dalam meningkatkan efisiensi operasional, pelayanan kepada pengguna, dan akses terhadap informasi yang relevan

Biografi Penulis

ermatita ., Universitas Sriwijaya

 

 

Referensi

Azwar, M. (2015). Penerapan sistem otomasi di perpustakaan fakultas adab dan humaniora UIN Alauddin Makassar. Jurnal Al-Kuttab, (2)1. 45-67.

Bafadal, I. (2006).Pengelolaan perpustakaan sekolah. Yogyakarta: Bumi Aksara. 5.

Yanti, F., Huda, Y., & Hadi, A. (2014). Perancangan sistem informasi perpustakaan berbasis web dan SMS Gateway di SMA Negeri 3 Padang. Jurnal Vokasional Teknik Vokasional Teknik Elektronika & Informatika, (2)1. 1-14

Rahmawati, N. H. (2015). Upgrading sistem informasi Pusat Perpustakaan IAIN Surakarta: dari Sistem Perpustakaan (Siprus) ke Library System (Libsys). LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 3(2), 247-264.

Rozin, A., Katerpilarifai, D., Wibisono, A. I., & Gunawan, D. (2020). Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Untuk Memudahkan Pengaturan Sirkulasi Buku Pada SMP Negeri 13 Surakarta. Abdi Teknoyasa, 7-12.

Wibowo, D. A., Riyanto, V., & Rakhmah, S. N. (2017). Sistem Informasi Perpustakaan

Berbasis Web Pada SMK Negeri 2 Kota Bekasi. Jurnal Infokar, 41-50.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-30