Pengaruh Literasi Asuransi, Religiusitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Generasi Milenial Menggunakan Asuransi Syariah

Rama Muhamad Pramudya, Mira Rahmi

Abstract


Abstract

Risk is something that cannot be predicted when it occurs and can cause a loss. Efforts to protect yourself become a necessary action to minimize the losses incurred. The millennial generation's concern for insurance is still lacking and tends to be more concerned with lifestyle than efforts to protect themselves by having insurance. This study aims to analyze the effect of insurance literacy, religiosity, and service quality on the millennial generation's interest in using sharia insurance. This study uses a quantitative approach, by collecting primary data taken through a questionnaire instrument with a total sample of 148 respondents. The data analysis technique used regression analysis with SPSS analysis test tool. The findings of this study indicate that the variables of insurance literacy, religiosity and service quality have a significant effect on the millennial generation's interest in using sharia insurance. Furthermore, partially found in this research that the religiosity variable has no effect on the millennial generation's interest in using sharia insurance. This research is expected to contribute to providing an overview of the relationship between insurance literacy, religiosity and views on service quality in the sharia insurance industry in increasing the sharia insurance market, especially among millennials.

 

Abstrak

Risiko merupakan hal yang tidak dapat diprediksi kapan terjadi dan dapat menimbulkan sebuah kerugian. Upaya memproteksi diri menjadi sebuah tindakan yang diperlukan guna meminimalisir kerugian yang ditimbulkan. Kepedulian generasi milenial terhadap asuransi dirasa masih kurang dan cenderung lebih mementingkan gaya hidup daripada upaya memproteksi diri dengan memiliki asuransi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi asuransi, religiusitas, dan kualitas pelayanan terhadap minat generasi milenial dalam menggunakan asuransi syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menghimpun data primer yang diambil melalui instrumen kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 148 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi dengan alat uji analisis SPSS. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa variabel literasi asuransi, religiusitas dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat generasi milenial menggunakan asuransi syariah. Selanjutnya secara parsial ditemukan dalam penelitan ini bahwa variabel religiusitas tidak berpengaruh terhadap minat generasi milenial menggunakan asuransi syariah. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam memberikan gambaran mengenai keterkaitan literasi asuransi, religiusitas serta pandangan terhadap kualitas pelayanan pada industri asuransi syariah dalam meningkatkan pasar asuransi syariah, khususnya di kalangan milenial.


Keywords


Asuransi syariah; Kualitas Pelayanan; Literasi; Milenial; Religiusitas

Full Text:

PDF

References


Antara, P. M., Musa, R., & Hassan, F. (2016). Bridging Islamic Financial Literacy and Halal Literacy : The Way Forward in Halal Ecosystem. Procedia Economics and Finance, 37(16), 196–202.

Avyanna, S. (2016). ”Peran demografi terhadap Literasi Asuransi Syariah” (Staf Departemen Riset dan Pengembangan SEF UGM 2016).

BPS. (2020). Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur Generasi (Jiwa). https://burukab.bps.go.id/indicator/12/435/1/jumlah-penduduk-menurut-kelompok-umur-generasi.html

Dama, daniel. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Dalam Memilih Laptop Acer Di Toko Lestari Komputer Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisien, 16(1), 50.

Hasanuddin, & Lilik. (2017). Milennial Nusantara.

Ichsan. (2014). Pengantar Asuransi Syariah.

Ika Mustika, Latifah, dan R. B. P. (2020). Literasi Asuransi Pada Masa Pandemi Covid-19. Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Kesantunan Berbahasa Di Media Sosial, 03(01), 49–59.

Irfan, R. jannah, Ashal, F. F., & Aulia, R. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Generasi Milenial Terhadap Minat Beli Produk Asuransi Jiwa Syariah. JIHBIZ :Global Journal of Islamic Banking and Finance., 2(1), 34.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen ((15th ed.)). Pearson Education,Inc.

Mansyur, U. (2018). Belajar Memahami Bahasa Generasi Milenial.

Nurfadilah. (2018). Milenial Masih Belum Peduli untuk Miliki Asuransi Jiwa.

OJK. (2017). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (Revisit 2017). Www.Ojk.Go.Id.

Rachmatulloh, D. P. (2020). Pengaruh literasi keuangan syariah, religiusitas dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menabung di bank syariah: Studi pada generasi milenial di Indonesia. http://etheses.uin-malang.ac.id/23415/

Rakhmat, J. (2015). Psikologi Agama : Sebuah Pengantar (3rd ed.). Mizan Pustaka.

Ramadion, et al. (2021). Pengaruh Literasi Asuransi Syariah Terhadap Persepsi Masyarakat Dalam Memilih Asuransi Syariah Di Jabodetabek. 2, 158–167.

Remund, D. L. (2010). Financial Literacy Explicated : The Case for a Clearer Definition in an Increasingly Complex Economy. 44(2), 276–295.

Rodoni, A., & Fathoni, M. A. (2019). Manajemen Investasi Syariah.

Septiani, F. (2017). Pengaruh Harga Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Pt Asuransi Jiwa Recapital Di Jakarta). 1(2), 274–288.

Siregar, A. (2019). Millennial Cenderung Gak Suka menabung. Diambil Pada 10 September 2021 Daro Webisite: Https://Www.Idntimes.Com/Business/Economy/Ananta-Fitri/Survei-Ims-2019-Millennieal-Tidak-Suka-Menabung/5.

Sula, M. S. (2004). Asuransi Syari’ah Konsep dan Sistem Operasional. Jakarta : GIP.

Syafrida, I., Aminah, A., & Awaludin, T. (2020). Keputusan Penggunaan Jasa Perbankan Syariah : Perspektif Nasabah Milenial BISNIS : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam Keputusan Penggunaan Jasa Perbankan Syariah : Perspektif Nasabah Milenial. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, June.

Tarmizi. (2017). Harta Haram Muamalat Kontemporer. PT.Berkat Mulia Insan.

Tjiptono F. dan Chandra G. (2012). Service, Quality, & Satisfaction (Andi (ed.); 3rd ed.).

Trisadewo, N. (2018). Pengaruh Literasi Asuransi Syariah Terhadap Minat Nasabah. Energies, 6(1), 1–8.

Wardhana, H. (2019). Generasi Milenial yang semakin sadar akan masa depan. Https://Www.Kompasiana.Com/Wardhanahendra/5c4c4b7d43322f0cf67b48e6/Generasi-Milenial-Yang-Semakin-Sadar-Perlindungan-Masa-Depan.

Yushita, A. N. (2017). Pentingnya literasi keuangan bagi pengelolaan keuangan pribadi. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 6(1), 11-26. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 2017 - Journal.Uny.Ac.Id.




DOI: http://dx.doi.org/10.47700/jiefes.v3i1.4350

Article Metrics

Abstract view : 272 times
PDF - 229 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


..................................................................................................................................................................................................................................

Journal of Islamic Economics and Finance Studies (JIEFeS) has been indexed by:


Publisher: 

Faculty of Economics and Business, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Jl. RS Fatmawati No. 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Indonesia 12450

in cooperation with the Central Executive Board of The Indonesian Association of Islamic Economists (DPP IAEI).

Email: jiefes@upnvj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.