Videovice Indonesia Seri "The Pledge" Di Youtube dan Perilaku Ramah Lingkungan

Bagus Eka Efriawan, Rini Riyantini

Sari


Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia dan Badan Pusat Statistik, sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton pertahun dimana sebanyak 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut. Melihat semakin tingginya jumlah sampah yang dihasilkan oleh Indonesia, terutama sampah plastik telah menjadi permasalahan lingkungan hidup yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia maupun dunia. Hal tersebut pun mendorong media digital VICE Indonesia membuat konten tentang sampah plastik yang berjudul “The Pledge”. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh videoVICE Indonesia seri “The Pledge” di Youtube terhadap perilaku ramah lingkungan. Teori yang digunakan adalah teori S-O-R (Stimulus, Organism, dan Respon). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian Kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Penelitian ini menggunakan kueisoner untuk pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh dari videoVICE Indonesia seri “The Pledge” di Youtube terhadap perilaku ramah lingkungan yang berdasarkan dari uji hipotesis dengan hasil t hitung 3,580 > 1,660 t tabel. Koefisien determinasi menunjukan besarnya pengaruh yaitu 11,6% perilaku ramah lingkungan adalah kontribusi dari videoVICE Indonesia seri “The Pledge”. Maka dapat diartikan bahwa adanya pengaruh videoVICE Indonesia seri “The Pledge” di Youtube terhadap perilaku ramah lingkungan. Karena beberapa faktor yang diantaranya makna pesan, audio visual, dan ilustrasi yang disajikan bersifat informatif, persuasif, serta berkualitas baik. VICE Indonesia sebagai media yang terus berkecimpung di dunia digital seperti media sosial diharapkan selalu memberikan konten yang positif dan bermanfaat sekaligus mengedukasi masyarakat, terutamatentang perilaku ramah lingkungan.

Kata Kunci


Video, Youtube, Perilaku, Perilaku Ramah Lingkungan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


McQuail, Dennis. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Erlangga.

Littlejohn, Stephen W, dan Foss Karen A. (2011). Teori Komunikasi (Theories of Human Communication). Jakarta: Salemba Humanika.

Bechtel, R., dan Churchman, A. (2012). Handbook of environmental psyhchology. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Rizzardi Badudu, Mengikuti Perjalanan Sampah Plastik dari Rumah Kembali ke Pabrik https://www.vice.com/id_id/article/zm8qe9/mengikuti-perjalanan-sampah-plastik-dari-rumah-kembali-ke-pabrik diakses tanggal 2 November 2018

Inggit S., Laura. (2016). Terpaan Video Di Youtube dan Perilaku Imitasi Korean Style Pada Remaja Putri. Vol. 23 No. 3.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Palupi, Tyas dan Dian Ratna Sawitri. (2017). Hubungan Antara Sikap Dengan Perilaku Pro Lingkungan Ditinjau dari Perpekstif Theory of Planned Behaviour. Vol. 14 No. 1.


Article Metrics

Sari view : 17 times
PDF - 20 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.