Konstruksi Pesan Yang Terkandung Pada Iklan Gojek Edisi Ramadhan “Cerita Hikayat Sang Musafir – eBadah” di YouTube dan Televisi (Analisis Framing William A. Gamson dan Andre Modigliani)

Resman Muharul Tambunan

Sari


Menghadapi kebijakan pembatasan sosial ditengah pandemi Covid-19, komunikasi massasebagaisarana penyampaian informasi kepada khalayak. Salah satunyamelalui media iklan. Iklan Gojek Edisi Ramadhan di tengah pandemi berjudul “Cerita Hikayat Sang Musafir - eBadah” bertujuan untuk memperkenalkan fitur eBadah (ibadah secara virtual) melalui YouTube dan televisi. Proses penyampaian pesan melalui media menggiring khalayak menuju kondisi tertentu sesuai yang diinginkan oleh komunikator. Perangkat analisis pada penelitian ini adalah teori framing model William A. Gamson dan Andre Modligiani, terdiri dari visual image dan depiction dalam membentuk konstruksi pesan melalui representasi media. Data didapatkan melalui pengecekan ulang terhadap informasi yang diperoleh dengan melakukan wawancara kepada pihak Gojek secara mendalam. Proses pengolahan data menggunakan paradigma kosntruktivis danmetodekualitatif deskriptif.

            Hasil penelitian,adanya kekuatan media dalam mengkonstruksi realitas yang dibentuk. Framing YouTube dan Televisi menjadi berbeda didasarkan perubahan durasi, adegan, pengisi suara dan pesan yang disampaikan. Realitas sosial dipindahkan ke dalam pesan media YouTube dan Televisi sehingga mengubah citra dan konstruksi pesan. Pesan yang disampaikan oleh produser pada iklan di YouTube mengenai isu yang di angkat dari desa kecil pada masa awal Covid-19 muncul, pesan-pesan tersebut bertujuan mempengaruhi komunikan kearah sikap menjalankan protokol kesehatan menjaga jarak, menggunakan masker serta melakukan kebiasaan ibadah virtual menggunakan aplikasi Gojek.Sedangkan pesan iklan televisi mengarah pada penggunaan fitur GoFood dan GoGive sebagai produk yang baik guna menunjang e-Badah.Iklan Gojek bertemakan kegiatan sehari-hari di tengah pandemi disampaikan melalui gawaidan televisi dengan cerita lebih menarik kepada khalayak.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Article Metrics

Sari view : 211 times
PDF (English) - 59 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.