GAMBARAN PEGETAHUAN, SIKAP, DAN MOTIVASI TERKAIT VULVA HYGIENE PADA REMAJA WANITA DI RW 02 BOJONG MENTENG, BEKASI

Irfani Rizqi Dwi Arifiani, Dora Samaria

Sari


Vulva Hygiene adalah menjaga atau menjaga kebersihan organ genital eksternal. Manfaat dari kebersihan vulva adalah menjaga vagina tetap bersih, nyaman saat bepergian dan untuk menghindari masalah keputihan. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi deskripsi pengetahuan, sikap dan motivasi yang berhubungan dengan kebersihan vulva pada remaja putri.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, dengan populasi penelitian remaja yang tinggal di RW 02 Bojong Menteng, Bekasi. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara dan lembaga atau lembaga yang mendukung penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat.  109 responden, mayoritas responden berusia 19-24 tahun, memiliki pengetahuan yang cukup tentang kebersihan vulva, memiliki sikap tentang kebersihan vulva yang baik, dan termotivasi tentang kebersihan vulva yang baik. 109 responden remaja wanita yang tinggal di RW 02 Bojong Menteng, Bekasi berusia 72 hingga 24 tahun, sebanyak 72 responden atau 66,1%. Remaja perempuan memiliki pengetahuan yang cukup tentang kebersihan vulva sebanyak 53 responden atau 48,7%, memiliki sikap yang baik tentang kebersihan vulva sebanyak 76 responden atau 69,7%, dan memiliki motivasi yang baik mengenai kebersihan vulva sebagai sebanyak 56 responden atau 51,4%. Sebagian besar wanita muda yang berada di bojong menteng, Bekasi memiliki tingkat pengetahuan yang cukup, sikap yang baik dan motivasi yang baik.


Kata Kunci


Pengetahuan, Sikap, Motivasi, Vulva Hygiene

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Darma, M., Yusran, S., & Fachlevy, A. F. (2017). Hubungan Pengetahuan, Vulva Hygiene, Stres, Dan Pola Makan Dengan Kejadian Infeksi Flour Albus (Keputihan) Pada Remaja Siswi Sma Negeri 6 Kendari 2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Unsyiah.

Depkes, T. P. (2012). KESEHATAN REMAJA problem dan solusinya. Jakarta: Salemba Medika.

Dewi, K. P., Nurtini, N., & Raswati Teja, N. A. (2018). Journal. Gambaran Perilaku dan Motivasi Cuci Vagina pada wanita Usia Subur dengan Servisitis di Puskesmas II Denpasar Selatan.

Firdaus, H., & Astutik, E. (2018, Oktober). Gambaran pengetahuan, sikap dan perilaku personal hygiene organ genetalia eksterna siswi SMP di kabupaten banyuwangi tahun 2017, 52-59.

Maidartati, Hayati, S., & Nurhida, L. A. (2016). Hubungan Pengetahuan dengan Perilaku Vulva Hygiene Pada Saat Menstruasi Remaja Putri. Jurnal Ilmu Keperawatan .

Masturoh, I., & Anggita, N. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Nopikasari, J., & Rani, Y. (2018). Journal. Gambaran Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri Tentang Vulva Hygiene saat Menstruasi di SMPN 11 Kota Bogor.

Norian, N. K., & Nurtini, N. M. (2016). Gambaran perilaku remaja putri terhadap hygiene genetalia saat menstruasi pada siswi kelas X di SMA Negeri 5 Denpasar tahun 2016.

Notoatmodjo, S. (2012). promosi kesehatan dan perilaku kesehatan . Jakarta: Rineka Cipta.

Pradnyandari, I. A., Wijaya Surya, I. N., & Aryana, M. B. (2019). Gambaran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku tentang vaginal hygiene terhadap kejadian keputihan patologis pada siswi kelas 1 SMA Negeri 1 Denpasar perode juli 2018.

Putri, L. B. (2019). Pendidikan Kesehatan Jigsaw dan Make a Match dalam Mencegah Flour Albus pada Remaja Pondok Pesantren. Jurnal Keperawatan.

Ratnawati, A. A. (2018). suhan keperawatan pada pasien dengan gangguan system reproduksi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Rahman, W. R., Hidayah, N., & Azizah, N. (2014). Pengaruh Sikap, Pengetahuan, dan Praktik Vulva Hygiene dengan Kejadian Keputihan pada Remaja Putri di SMPN 01 Mayong Jepara. Jurnal Keperawatan Maternitas, 2, 117–126.

Putro, K. Z. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama Volume 17, Nomor 1, 2017, 25-32.

Ratnawati, A. A. (2018). asuhan keperawatan pada pasien dengan gangguan system reproduksi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Solehati, T., Trisyani, M., & Kosasih, C. E. (2018). Gambaran Pengetahuan Sikap dan Keluhan tentang Menstruasi diantara Remaja putri. Jurnal Keperawatan.

Zalni, R. I. (2018). Journal. Hubungan Pengetahuan dan Sikap remaja putri tentang Vulva Hygiene dengan tindakan pencegahan keputihan.




DOI: http://dx.doi.org/10.52020/jkwgi.v5i1.2579

Article Metrics

Sari view : 498 times
PDF - 576 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats