Makna Laporan Keuangan Bagi Donatur Organisasi Pengelola Zakat: Analisis Fenomenologis Deskriptif
Keywords:
Agency Theory, Zakat Management Organization, Financial Report, Social CapitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna laporan keuangan Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) dan informasi apa yang diperlukan bagi donatur berdasarkan pengalaman menjadi donatur. Metode yang digunakan dalam penilitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dengan narasumber penelitian sebanyak 10 orang partisipan donatur rutin di OPZ Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode fenomenology data analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa makna laporan keuangan bagi donatur adalah memberikan rasa lega, percaya, dihargai, diapresiasi, dihormati, senang, tenang dan kepuasan karena laporan keuangan menjadi gambaran dari kinerja lembaga yang dapat menjelaskan kemana dana digunakan, untuk siapa saja sehingga timbul perasaan percaya karena dapat menghilangkan rasa kecurigaan. Temuan tersebut menguatkan prinsip dalam agency theory, meskipun ada donatur yang tidak membutuhkan laporan keuangan karena memiliki modal sosial yang tinggi dalam relasi donatur dan OPZ. Donatur tidak hanya membutuhkan laporan keuangan saja, tetapi juga membutuhkan laporan non keuangan yaitu foto dan laporan kegiatan. Implikasi dari temuan penelitian ini yaitu OPZ harus memberikan informasi keuangan dan non keuangan kepada donatur sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kepada donatur untuk meningkatkan kepercayaan donatur kepada OPZ serta meningkatkan modal sosial dalam relasi donatur dan OPZ.
References
Al-Ghazali, Imam. 1990. Ihya’ ‘Ulumiddin Jilid II. Terjemahan oleh Drs. H. Moh. Zuhri. Semarang. CV. Asy Syifa’
Amerieska, S., Irianto, G., & Affandy, D. P. (2017). Akuntabilitas Pada Baitul Maal Wat Tamwil Ditinjau Dari Perspektif Shari’Ate Enterprise Theory. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 2(1), 27–39. https://doi.org/10.20885/jeki.vol2.iss1.art3
Asniar Ridzal, Nining dkk. 2022. Akuntansi Keprilakuan Kontemporer Berbagai Bidang (Kajian Teori dan Riset). Media Sains Indoensia. Bandung
Assa’diyah, H., & Pramono, S. (2019). Kenapa Muzakki Percaya Kepada Lembaga Amil Zakat? Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 7(1), 81–100. https://doi.org/10.35836/jakis.v7i1.68
Bahri, E. S., Suhaeti, A., & Nasution, N. (2021). Trust, Religiousity, Income, Quality of Accounting Information, and Muzaki Decision to Pay Zakat. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 9(1), 39–58. https://doi.org/10.35836/jakis.v9i1.217
CAF World Giving Index 2021 Report (2021). www.cafonline.org
Dinullah, M., & Widiastuti, T. (2020). Pendayagunaan Modal Sosial Perspektif Ekonomi Islam Pada (Studi Kasus Koperasi Syariah Di Pondok Pesantren Ummul Quroo Surabaya). Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 6(10), 2110. https://doi.org/10.20473/vol6iss201910pp2110-2125
Fathy, R. (2019). Modal Sosial: Konsep, Inklusivitas dan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 6(1), 1. https://doi.org/10.22146/jps.v6i1.47463
Fitri, N. A. R. (2020). Faktor-Faktor Yang Menjadikan Muzakki Berzakat Pada Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(1). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6349/5564
Hanafiyah, B., & Suprayogi, N. (2020). Analisis Komparasi Penerapan Internet Financial Reporting Oleh Organisasi Pengelola Zakat (Opz) Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 7(8), 1439. https://doi.org/10.20473/vol7iss20208pp1439-1450
Hasrina, C. D., Yusri, Y., & Sy, D. R. A. S. (2019). Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Lembaga Zakat Terhadap Tingkat Kepercayaan Muzakki Dalam Membayar Zakat Di Baitul Mal Kota Banda Aceh. Jurnal Humaniora : Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Hukum, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.30601/humaniora.v2i1.48
Herawati, H. (2019). 806-109-1796-1-10-20190723. Pentingnya Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan, 2(1), 16–25. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=KMS1Pv8AAAAJ&citation_for_view=KMS1Pv8AAAAJ:IjCSPb-OGe4C
Hidayah, M., & RIDWAN, M. (2017). Antara Wakaf Dan Riba. ZISWAF : Jurnal Zakat Dan Wakaf, 3(1), 149. https://doi.org/10.21043/ziswaf.v3i1.2287
Huda, Nurul dan Muhammad Heykal. 2015. Lembaga Keuangan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis. Jakarta. Prenadamedia Group
Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). 2017. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Syariah (PSAK Syariah)
Ikbal, M. (2018). Apakah Informasi non-Keuangan berguna bagi Investor: Survei Persepsi bagi Investor Retail di Indonesia. Akuntabel, 14(2), 180. https://doi.org/10.29264/jakt.v14i2.1906
Ilyas Junjunan, M. (2020). Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas, dan IGCG terhadap Tingkat Kepercayaan Muzakki di Lembaga Amil Zakat
Dompet Amanah Umat. Akuntansi : Jurnal Akuntansi Integratif, 6(2), 112–125. https://doi.org/10.29080/jai.v6i2.289
Indrarini, R., & Nanda, A. S. (2017). 582-Article Text-3160-2-10-20180604. Akrual: Jurnal Akuntansi, 8(2), 166–178. http://journal.unesa.ac.id/index.php/aj
Kasmir. (2016). Pengantar Manajemen Keuangan Edisi Kedua. Prenada Media. Jakarta
Kholmi, Masiyah. (2012). Akuntabilitas dan Pembentukan Perilaku
Amanah dalam Masyarakat Islam. Jurnal Salam. 15(1).
La Kahija, YF. 2017. Penelitian Fenomenologis Jalan Memahami Pengalaman Hidup. PT Kanisius. Yogyakarta.
Ningtyas, J. D. A. (2020). Pelaporan Keuangan Akuntansi Infak/Sedekah Sesuai PSAK 109 (Studi Kasus pada Komunitas Badar Batang). Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 3(2), 356–365. https://doi.org/10.36778/jesya.v3i2.160
Nurhayati, N., Fadilah, S., Iss, A., & Oktaroza, M. L. (2014). Pengaruh Kualitas Informasi Akuntansi, Akuntabilitas dan Transparansi Pelaporan Keuangan Terhadap Tingkat Penerimaan Dana Zakat Pada Badan Amil Zakat di Jawa Barat. Prosiding SNaPP2014 Sosial, Ekonomi Dan Humaniora, 241–248.
Rintani, N. (2010). perspektif donatur terhadap informasi keuangan organisasi pengelola zakat. Jurnal Ekonomi & Ekonomi OPTIMUS, 3 No 1, 60–73.
Rulloh Saher, S. A., & Zaki, I. (2019). Peran Modal Sosial Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Perspektif Maqashid Syariah (Studi Kasus Yayasan Rombong Sedekah Jombang). Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 5(1), 48. https://doi.org/10.20473/vol5iss20181pp48-61
Salim dan Syahrum. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Citapustaka Media. Bandung
SAMSONO, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Berinfaq: Studi Kasus Anggota Infaq Da’wah Club Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia Provinsi Jawa Tengah Kantor Surakarta. Jurnal Bina Ummat: Membina dan Membentengi Ummat, 1(02), 15-55.
Sudaryo, Yoyo dkk. 2017. Keuangan Di Era Otonomi Daerah. Yogyakarta. Penerbit ANDI
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta. Jakarta
Thobroni, Muhammad. 2008. Mukjizat Sedekah. Yogyakarta. Pustaka Marwa
Yuliafitri, I., & Khoiriyah, A. N. (2016). Pengaruh kepuasan muzakki. Jurnal Ekonomi Islam, 7(2), 205–218.
Yusra, M., & Riyaldi, M. H. (2020). Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Zakat Di Baitul Mal Aceh: Analisis Persepsi Muzakki. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 11(2), 190. https://doi.org/10.32507/ajei.v11i2.604
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian: Kualitatif, Kuantitatif, dan Penelitian Gabungan Edisi Pertama. Jakarta. Pranamedia Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 jurnal equity
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).