Analisis Faktor Penurunan Harga Saham Bukalapak Setelah IPO

Authors

  • Refaldo Fanther IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Haris Taqiyuddin IAIN Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.34209/equ.v25i1.4244

Keywords:

Startup, Bukalapak, Saham, IPO

Abstract

Startup merupakan bisnis rintisan yang sedang mengalami perkembangan menuju ke arah yang lebih maju. Dengan perkembangan digitalisasi yang semakin pesat, pertumbuhan jumlah Startup di Indonesia pun semakin meningkat. Berdasarkan valuasi perusahaannya, Startup terbagi menjadi tiga, yakni unicorn, decacorn, dan hectocorn. Dengan semakin besarnya valuasi perusahaan, Startup berpeluang untuk melakukan pencatatan saham perdana di Bursa Efek Indonesia. Manfaat yang diperoleh dari pencatatan saham perdana tersebut adalah mendapatkan dana segar untuk peningkatan bisnis dan juga diversifikasi kepemilikan saham oleh masyarakat. Setelah melakukan pencatatan saham perdana, saham perusahaan tersebut dapat diperjualbelikan yang akan membentuk fluktuasi harga saham. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk melihat perkembangan pergerakan harga saham PT. Bukalapak.com (BUKA). Hasil penelitian menemukan bahwa faktor yang mempengaruhi penurunan harga saham BUKA setelah melakukan Initial Public Offering (IPO) adalah tidak adanya pemegang saham pengendali, beban yang dimiliki perusahaan, Penjamin Pelaksana Emisi Efek yang ditunjuk, dan terjadinya oversubscribe

References

Al Humam, A. Y., & Sihotang, E. T. (2019). Risiko Usaha Terhadap Rasio Kecukupan Modal Bank Umum Swasta Nasional Devisa Go Public. Journal of Business & Banking, 8(2), 255. https://doi.org/10.14414/jbb.v8i2.1639

Elita Tarihoran, J., Ika Mardiani, M., Dwi Putri, N., Sari Novareila, R., Sofia, A., & Farida Adi prawira, I. (2021). Pentingnya Sosial Media Sebagai Strategi Marketing Start-Up Di Indonesia. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 9(1), 72. https://doi.org/10.32493/jk.v9i1.y2021.p72-78

Harahap, A. P., Hasibuan, R. R., & Candanni, L. R. (2020). Peluang dan Tantangan Initial Public Offering (IPO) Pada Perusahaan Start-Up di Indonesia. Indonesian Journal of Islamic Economics and Business, 5(2), 30. https://doi.org/10.30631/ijoieb.v5i2.294

Huberman, M., & Miles, M. B. (1992). Analisis data kualitatif. Penerbit Universitas Indonesia, Jakarta.

Karina, D., Alfiyatus Sa’diyah, S., Nabilah, H., & Panorama, M. (2021). Pengaruh Perusahaan Startup Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Selama Pandemi Covid-19. Berajah Journal, 2(1), 156–166. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.69

Kominfo. (2020). Di WEF 2020, Menkominfo Pamerkan Pesatnya Perkembangan Startup Indonesia. Kementrian Komunikasi Dan Informatika. https://kominfo.go.id/content/detail/23975/di-wef-2020-menkominfo-pamerkan-pesatnya-perkembangan-startup-indonesia/0/sorotan_media

Munthe, A. D. A., Mulyaningsih, M., Prasetyo, B. H., Akuntansi, P. S., Ekonomi, F., & Pakuan, U. (2021). Analsis Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia pada Perusahaan yang melakukan IPO tahun 2016. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Akuntansi, 8(2).

Mukhtar, P. D., & Pd, M. (2013). Metode praktis penelitian deskriptif kualitatif. Jakarta: GP Press Group.

Murtini, U. (2015). PENGARUH REPUTASI UNDERWRITER, SIZE DAN USIA PERUSAHAAN PADA PENENTUAN HARGA IPO.

Prosfektus BUKA. (2021). Prosfektus Ringkas. 2019–2021.

PT. Bukalapak.com Tbk. (2021). Laporan keuangan konsolidasian interim yang tidak diaudit. September.

PT. Lotus Andalan Sekuitas. (2022). Penawaran dan Pemesanan Saham di Pasar Perdana. PT. Lotus Andalan Sekuritas. https://www.lots.co.id/education/basic/102/PENAWARAN-DAN-PEMESANAN-SAHAM-DI-PASAR-PERDANA#:~:text=· “Oversubscribed” adalah kondisi dimana,mungkin tidak mendapatkan sama sekali.

Purnama Harahap, A., Ramadhan Hasibuan, R., & Risma Candanni, L. (2020). Peluang dan Tantangan Initial Public Offering (IPO) Pada Perusahaan Start-Up di Indonesia. IJIEB: Indonesian Journal of Islamic Economics and Business, 5(2), 30–45. http://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/ijoieb

Ramadani, L. A. (2020a). Journal of Enterprise and Development Oversubscribed, Undersubscribed dan Initial Public Offering (IPO) Saham Syariah di Indonesia (Studi Kasus Pada Bursa Efek Indonesia). J. E. D |, 51(1).

Ramadani, L. A. (2020b). Oversubscribed, Undersubscribed dan Initial Public Offering (IPO) Saham Syariah di Indonesia. Journal of Enterprise and Development, 2(01), 51–61. https://doi.org/10.20414/jed.v2i01.2045

Rustami, O., Nur, E., Yuyetta, A., & Akuntansi, J. (2017). ANALISIS PENGARUH BIAYA AUDIT, PRAKTIK TATA KELOLA PERUSAHAAN, DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP IPO UNDERPRICING. DIPONEGORO JOURNAL OF ACCOUNTING, 6(3), 1–14. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting

Syauqi, A. T. (2016). Startup sebagai Digitalisasi Ekonomi dan Dampaknya bagi Ekonomi Kreatif di Indonesia.

Published

2022-07-26

Issue

Section

Articles