Persepsi Kemanfaatan dan Kemudahan Wajib Pajak dalam Membayar PBB Menggunakan GO-PAY
DOI:
https://doi.org/10.34209/equ.v23i2.2207Keywords:
Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan, Pajak Bumi dan Bangunan, Go-PayAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan berpengaruh terhadap minat membayar pajak bumi dan bangunan menggunakan Go-Pay. Metode pada penelitian ini menggunakan metode deskripsi kuantitatif dan data primer dengan menggunakan kuisioner. Penelitian mengambil sampel 87 responden pengguna Go-Pay dan merupakan Wajib Pajak Bumi dan Bangunan di Kabupaten Sleman. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik convenience sampling. Pengambilan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner dalam bentuk google form dan angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap minat membayar pajak bumi dan bangunan (PBB) menggunakan Go-Pay. Persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap minat membayar Pajak Bumi dan Bangunan menggunakan Go-Pay.
References
Agustina, E. (2015). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap Sikap Pengguna. 1–13.
Ali, M., Ali Raza, S., Qazi, W., & Puah, C.-H. (2018). Interactive Technology and Smart Education Assessing the e-learning system in higher education institutes: evidence from structural equation modelling Article information: For Authors Assessing e-learning system in higher education institutes: evidence fr. Interactive Technology and Smart Education, 15(1), 59-78. https://doi.org/10.1108/ITSE-02-2017-0012
Andrian, A., Kertahadi, & Susilo, H. (2013). Analisis Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Dan Sikap Penggunaan Terhadap Minat Perilaku Penggunaan Billing System. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Ching-Ter, C., Hajiyev, J., & Su, C. R. (2017). Examining the students’ behavioral intention to use e-learning in Azerbaijan? The General Extended Technology Acceptance Model for E-learning approach. Computers and Education, 111, 128–143. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.04.010
Danurdoro, K., & Wulandari, D. (2016). The Impact of Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Subjective Norm, and Experience Toward Student’s Intention to Use Internet Banking. Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Studi Pembangunan, 8(1), 17–22. https://doi.org/10.17977/um002v8i12016p017
Fu, J. R., Farn, C. K., & Chao, W. P. (2006). Acceptance of electronic tax filing: A study of taxpayer intentions. Information and Management, 43(1), 109–126. https://doi.org/10.1016/j.im.2005.04.001
https://www.kominfo.go.id/content/detail/8566/mengenal-generasi millennial/0/sorotan_media
Ismail, T. (2018). Potret Pajak Daerah Di Indonesia. Kencana.
Joan, L., & Sitinjak, T. (2019). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan Layanan Pembayaran Digital Go-Pay. Jurnal Manajemen, 8(2), 27–39.
Kurniawan, T. A., Wardani, D. K., & Widhayati, L. (2019). Pengaruh Keberterimaan Layanan Peer to Peer Lending Kepada Umkm Sebagai Pengguna Dengan Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Sosial Ekonomi Dan Humaniora (JSEH), 5, 151–160.
Laksana, G. B. (2015). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Resiko Dan Persepsi Kesesuaian Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking (Studi Pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia (Bri) Kantor Cabang Rembang, Jawa Tengah). Jurnal Administrasi Bisnis, 26(2), 1–8.
Ma, Y. J., Gam, H. J., & Banning, J. (2017). Perceived ease of use and usefulness of sustainability labels on apparel products: application of the technology acceptance model. Fashion and Textiles, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.1186/s40691-017-0093-1
Mahyarni, M. (2013). Theory Of Reasoned Action Dan Theory Of Planned Behavior (Sebuah Kajian Historis tentang Perilaku). Jurnal EL-RIYASAH, 4(1), 13. https://doi.org/10.24014/jel.v4i1.17
Monica, N., & Tama, annafi indra. (2017). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kenyamanan, Norma Subjektif dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Elektronik Commerce. JRAK Vol.8 No.1 Februari 2017, 8(April), 27–41.
Pratama, A. B., & Suputra, I. D. G. D. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Tingkat Kepercayaan Pada Minat Menggunakan Uang Elektronik. E-Jurnal Akuntansi, 27, 927. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v27.i02.p04
Rusfianto, M., Widiartanto, & Prabawani, B. (2016). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Dan Kepercayaan Terhadap Sikap Penggunaan Layanan Internet Banking (Studi Komparasi Pada Nasabah Pengguna Internet Banking Bank Mandiri Semarang Berdasarkan Tingkat Pendapatan). 1989. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/viewFile/11315/10972
Sondakh, J. J. (2017). Behavioral intention to use e-tax service system: An application of technology acceptance model. European Research Studies Journal, 20(2), 48–64.
Tarhini, A., Hone, K., Liu, X., & Tarhini, T. (2017). Examining the moderating effect of individual-level cultural values on users’ acceptance of E-learning in developing countries: a structural equation modeling of an extended technology acceptance model. Interactive Learning Environments, 25(3), 306–328. https://doi.org/10.1080/10494820.2015.1122635
Theocharidis, A. I., Argyropoulou, M., Karavasilis, G., Vrana, V., & Kehris, E. (2020). An approach towards investigating factors affecting intention to book a hotel room through social media. Sustainability (Switzerland), 12(21), 1–20. https://doi.org/10.3390/su12218973
Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah
Waluyo. (2005). Perpajakan Indonesia. Salemba Empat.
Wong, K. T., bt Osman, R., Goh, P. S. C., & Rahmat, M. K. (2013). Understanding student teachers’ behavioural intention to use technology: Technology acceptance model (TAM) validation and testing. International Journal of Instruction, 6(1), 89–104.
Wulandari, P. A., & Iryanie, emy. (2018). Pajak Daerah Dalam Pendapatan Asli Daerah. Deepublish.
www.gojek.com
www. jogja.tribunnews.com
Downloads
Published
Issue
Section
License
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).