The Effect of Person Job-Fit and Internal Service Quality on Job Performance Through Job Satisfaction at 3-Star Hotel Employees in Surabaya

Penulis

  • Antonius Yuniarto Widya Mandala Catholic University of Surabaya
  • Shieren Valencia Setiawan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.35590/jeb.v11i1.8131

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan dan mengevaluasi dampak dari kecocokan individu-pekerjaan dan kualitas layanan internal terhadap kinerja kerja yang dinilai melalui kepuasan kerja. Staf dari hotel bintang tiga di Surabaya menjadi sampel dalam penelitian ini. Terdapat 145 responden dalam sampel. Pendekatan pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive. Responden survei ini berusia 17 tahun atau lebih, memiliki pengalaman kerja setidaknya satu tahun, dan bekerja di hotel bintang tiga di Surabaya. Data utama untuk penelitian ini dikumpulkan dengan memberikan kuesioner pada lembar kuesioner cetak. Penelitian ini menggunakan Pemodelan Persamaan Struktural dengan SmartPLS sebagai metode analisis datanya. Hasil penelitian membuktikan bahwa kecocokan individu-pekerjaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, kualitas layanan internal berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja kerja, kecocokan individu-pekerjaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja kerja melalui kepuasan kerja, dan kualitas layanan internal berpengaruh signifikan terhadap kinerja kerja melalui kepuasan kerja

Diterbitkan

2024-07-31

Cara Mengutip

Yuniarto, A., & Setiawan, S. V. (2024). The Effect of Person Job-Fit and Internal Service Quality on Job Performance Through Job Satisfaction at 3-Star Hotel Employees in Surabaya. Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 57–77. https://doi.org/10.35590/jeb.v11i1.8131