The Effect of Person Job-Fit and Internal Service Quality on Job Performance Through Job Satisfaction at 3-Star Hotel Employees in Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.35590/jeb.v11i1.8131Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan dan mengevaluasi dampak dari kecocokan individu-pekerjaan dan kualitas layanan internal terhadap kinerja kerja yang dinilai melalui kepuasan kerja. Staf dari hotel bintang tiga di Surabaya menjadi sampel dalam penelitian ini. Terdapat 145 responden dalam sampel. Pendekatan pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive. Responden survei ini berusia 17 tahun atau lebih, memiliki pengalaman kerja setidaknya satu tahun, dan bekerja di hotel bintang tiga di Surabaya. Data utama untuk penelitian ini dikumpulkan dengan memberikan kuesioner pada lembar kuesioner cetak. Penelitian ini menggunakan Pemodelan Persamaan Struktural dengan SmartPLS sebagai metode analisis datanya. Hasil penelitian membuktikan bahwa kecocokan individu-pekerjaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, kualitas layanan internal berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja kerja, kecocokan individu-pekerjaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja kerja melalui kepuasan kerja, dan kualitas layanan internal berpengaruh signifikan terhadap kinerja kerja melalui kepuasan kerja
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).