Strategi Pengembangan Koperasi dengan Analisis SWOT (Studi Kasus di KSU Maju Jaya)
DOI:
https://doi.org/10.35590/jeb.v6i1.812Kata Kunci:
Cooperative, SWOT Analysis, StrategyAbstrak
The digital era 4.0 is currently making the environment turbulent. Economic actors tend to be faced with intense competition. One of these economic actors is the Koperasi Serba Usaha (KSU) Maju Jaya, Kuningan. Every aspect in the cooperative is an important thing that must be understood so that it can be developed and utilized properly. At present, KSU Maju Jaya, Kuningan will develop its business. Therefore, KSU Maju Jaya, Kuningan needs to look at the conditions that occur, both internally and externally so that it can make an appropriate decision in developing its business. The researcher used SWOT analysis to determine the position of the business competition. The results of this analysis showed that KSU Maju Jaya, Kuningan is in Quadrant III with x axis = -0.32 and y axis = -0.25. Hence, some strategies that must be carried out by KSU Maju Jaya, Kuningan are Concentration Strategies, Product and Market Development Strategies and Innovation Strategies.
Referensi
Ariffin, Ramudi. 2013. Koperasi Sebagai Perusahaan. Ikopin Press, Jatinangor.
David, Fred R & David Forest R. 2016. Strategic Management 16th Edition. England: Pearson.
Ermaya, Sir Kalifatullah. 2016. Total Quality Management. Tangerang: LPPM Insan Pembangunan.
Gemina, Dwi. 2013. Keunggulan Bersaing Koperasi Berkaitan dengan Penerapan Intellectual Capital, Manajemen Keanggotaan dan Partisipasi Anggota. JMK, Vol 15, No 2, September 2013, 191-204 ISSN 1411-1438 DOI: 10.9744/jmk.15.2.191-204.
Ghandy, Abel. 2018. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Koperasi Produksi Susu Bogor, Jawa Barat. Jurnal Maksipreneur Vol. 8 No. 1. Hal. 15-31.
Hanel, Alfred. 1992. Basic Aspects of Cooperative Organization and Cooperative Self-Help Promotion in Developing Countries. Marburg: Marburg Consult for Self-Help Promotion.
Hanel, Alfred. 2005. Pokok-pokok Pikiran Mengenai Organisasi Koperasi dan Kebijakan Pengembangan di Negara-negara Berkembang. Bandung: PT Graha Ilmu.
Indriantoro, Nur & Supomo, Bambang. 2012. Metodologi Penelitian Bisnis Edisi Pertama. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM.
Juwita, Oktalia. 2016. Analisa SWOT untuk Strategi Pengembangan Teknologi Informasi pada Koperasi Simpan Pinjam XYZ. Informatics Journal Vol 1 No 1.
Mathis, Robert L.; Jakson, John H. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi 10. Jakarta Selatan: Penerbit Salemba Empat.
Nasution, Ali Sakti Hamonangan. Analisis Strategi Pengembangan Koperasi di Kota Medan dengan Metode Analisis SWOT dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Ekonomi dan Keuangan Vol 2, No 7 (2014) Publisher: Departemen Ekonomi Pembangunan USU.
Noe, Raymond A.; Hollenbeck, John R; Gerhart, Barry; Wright, Patrick M. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia Buku 1 Edisi 6. Jakarta Selatan: Penerbit Salemba Empat.
Partomo, Tiktik Sartika. 2009. Ekonomi Koperasi. Bogor: Gahlia Indonesia.
Pearce, John A; Robinson, Richard B. 2013. Manajemen Strategis. Jakarta Selatan: Penerbit Salemba Empat.
Rahayu, Sri. 2018. Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Guna Meningkatkan Kinerja Karyawan Melalui Analisis SWOT Divisi Cash Processing Center. Jurnal Universitas Pandanaran.
Risnaningsih, Inne. 2016. Kepemimpinan dan Implementasi Strategi Kemitraan Terhadap Keinovasian Serta Dampaknya pada Kesejahteraan Anggota Koperasi. Bandung: Disertasi Unpad.
Rochaety, Ety; Tresnati, Ratih; Latief, Abdul Majid. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.
Rohmawati, Astri Sri. 2015. Makalah Jati Diri Koperasi. Madura: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo.
Sekaran, Uma. 2011. Metodologi Penelitian untuk Bisnis Buku 2 Edisi 4. Jakarta Selatan: Penerbit Salemba Empat.
Wheelen, Thomas L. Hunger, J. David, Hoffman, Alan N, Bamford, Charles E. 2018. Strategic Management and Business Policy 15th Edition. England: Pearson.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka
Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).