Pemetaan Potensi dan Minat Mahasiswa UPN “Veteranˮ Jakarta untuk Berwirausaha

Penulis

  • Erna Hernawati UPN Veteran Jakarta
  • Yuliniar Yuliniar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35590/jeb.v5i2.748

Kata Kunci:

Minat Kewirausahaan, Perilaku Kewirausahaan, Niat Berwirausaha

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemetaan tentang minat berwirausaha mahasiswa UPN ˮVeteranˮ Jakarta serta menguji tentang pengaruh antara Intention Credibility yaitu perceived desirability, Perceived feasibility, dan propensity to Act terhadap perilaku kewirausahaan (Entrepreneurial Behaviour) yang di indikasikan dengan atitude toward the behavior, subjective norm, dan perceived behavior control serta pengaruhnya terhadap enrerpreneurial intention (minat berwirausaha). Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa aktif tahun 2015 UPN ˮVeteranˮ Jakarta dengan mengambil sampel sebanyak 350 mahasiswa dari 7 fakultas, dengan menggunakan analisis deskriptif (cross tabulasi) dan analisis pengaruh dengan menggunakan partial least squre (PLS). Hasil uji reliabilitas nilai Composite Reliability dan Cronbachs Alpha dari setiap variable > 0,70 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semua variabel mempunyai reliabilitas yang baik, sedangkan uji validitas menunjukkan model pengukuran terhadap variabel penelitian atas dimensinya menunjukkan bahwa semua dimensi valid dengan nilai t hitung lebih besar dibandingkan dengan nilai t tabel (1.96 ) serta nilai > 0.50.

Dari analisis deskriptif diperoleh hasil bahwa rata rata pekerjaan orang tua adalah PNS dan karyawan swasta sedangkan yang wirausaha hanya 25.2 % sedangkan dari hasil uji dengan menggunakan PLS diperoleh hasil bahwa semua hipotesis diterima kecuali perceived desirability dan perceived feasibility terhadap entrepreunerial intention. sehingga secara langsung maupun tidak langsung factor yang mempengaruhi minat berwirausaha mempengaruhi niat untuk berwirausaha (entrepreunerial intention) Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi kepada Perguruan Tinggi untuk merancang proses pembelajaran yang efektif serta mendorong mahasiswa untuk berwirausaha melalui berbagai program yang dilakukan baik dikelas maupun diluar kelas.

Referensi

Ajzen, I 1991, “The theory of planned behavior, Organizational Behavior and Human Decision Processes”, volume. 50, Issue 2, December 1991, pages. 179-211.

Krueger, N 1993, “The impact of prior entrepreneurial exposure on perceptions of new venture feasibility and desirability”, Entrepreneurial Theory Practice, vol. 18 (1). Page. 5-21.

Lee, SH & Wong PK 2004, “An exploratory study of technopreneurial intentions: a career anchor perspective”, Journal of Business Venturing, vol. 19 (1), page. 7-28.

Lo Choi Tung 2011, The impact of entrepreneurship education on entrepreneurial intention of engineering students, publishers City University of Hong Kong,

Saiman, L 2009, “Kewirausahaan: teori, praktik dan kasus-kasus”, Salemba Empat

Shaero, A., & Sokol, L 1982, Social Dimension of Entrepreneurship. In: C. Kent, D. Sexton and K. Vesper (eds.), The Encyclopedia of Entrepreneurship. Englewood Cliffs: PrenticeHall, page. 72-90, Summer, David, F.

Stewart, WH Watson, WE Carland JC & Carland, JW 1998, “A proclivity for entrepreneurships: a comparison of entrepreneurs, small business owners and corporate managers”, Journal of Business Venturing, vol. 14 (2), page. 189-214.

Suryana. 1999. “Pengaruh latar belakang profesional, sistem nilai, serta kemodernan kewirausahaan terhadap daya hidup perusahaan kecil unggulan di kabupaten Bandung”, Bandung: Disertasi PPS-UNPAD.

Wu, S & Wu, L. 2008, “The Impact of Higher Education on Entreoreneurial Intensions of University Students in China”, Journal of Small Business and Entreprise Development, vol. 15 (4) page.752-774

Yohnson 2003, “Peranan universitas dalam memotivasi sarjana menjadi young entreupreurs, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan,” vol. 2, hlm. 97-111

Zimmerer, T.W., N.M. Scarborough 1996, “Entrepreneurship and The NewVenture Formation.” New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Diterbitkan

2019-12-31

Cara Mengutip

Hernawati, E., & Yuliniar, Y. (2019). Pemetaan Potensi dan Minat Mahasiswa UPN “Veteranˮ Jakarta untuk Berwirausaha. Ekonomi Dan Bisnis, 5(2), 145–159. https://doi.org/10.35590/jeb.v5i2.748