Kajian Portofolio Produk Wisata Kabupaten Tapanuli Utara

Penulis

  • Beta Budisetyorini UPN Veteran Jakarta
  • Anasthasya Ayu Imelda Maramis Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung
  • Devi Andita Aprilia Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35590/jeb.v5i2.746

Kata Kunci:

Portofolio, Produk Wisata, Usaha Wisata, Danau Toba, Kabupaten Tapanuli Utara

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi portofolio produk wisata berdasarkan Market Share dan Market Growth usaha-usaha pariwisata di Kabupaten Tapanuli Utara dalam meningkatkan pendapatan daerah serta menarik investor dengan menggunakan analisis Matriks BCG. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif dengan analisis kuantitatif.

Referensi

Bloom, Paul N dan Louise N.Boone. 2006. STRATEGI PEMASARAN PRODUK 18 LANGKAH MEMBANGUN JARING PEMASARAN PRODUK YANG KOKOH. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Brrrwisata.com. 2016.”Daftar Hotel Di Kabupaten Tapanuli Utara” http://www.brrrwisata.com/2016/04/hotel-tapanuli-utara.html. [Diakses Pada Kamis, 08-09-2016 Pukul 19.00 WIB]

Hasan, Ali. 2015. Tourism Marketing. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Hasan, M.Iqbal. 2002. POKOK-POKOK MATERI METODOLOGI PENELITIAN & APLIKASINYA. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kotler, Philip.1987. DASAR-DASAR PEMASARAN. Jakarta: PT Midas Surya Grafindo.

Naibaho, Antonius. 2013. “20 Tempat Wisata Di Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara” http://anthonynh.blogspot.co.id/2013/12/tempat-wisata-di-tarutung-tapanuli- utara.html. [Diakses Pada Rabu, 07-09-2016 Pukul 16.00 WIB]

Pariwisata SUMUT. 2014. ”7 Tempat Wisata Di Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara”. http://www.pariwisatasumut.net/2014/11/7-tempat-wisata-di-tarutung-tapanuli.html. [Diakses Pada Rabu, 07-09-2016 Pukul 17.00 WIB]

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara. http://www.taputkab.go.id/page.php?wtmd_id=4. [Diakses pada Kamis, 08-09-2016 pukul 19.30 WIB]

Pendit, Nyoman S. 2006. ILMU PARIWISATA (Sebuah Pengantar Perdana). Jakarta: PT PRADNYA Paramita.

Soekadijo. 1997. ANATOMI PARIWISATA (Memahami Pariwisata sebagai “Systemic Linkage”). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Suryadana, M. Liga dan Vanny Octavia. 2015. Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung: ALFABETA.

Walker, Orville C. 1999. Marketing Strategy: PLANNING AND IMPLEMENTATION. Singapore: Mc Graw-Hill Companies.

Wardiyanta. 2010. Metode Penelitian Pariwisata. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET. Yoeti, Oka A.1990. PENGANTAR ILMU PARIWISATA. Bandung: ANGKASA.

Diterbitkan

2019-12-31

Cara Mengutip

Budisetyorini, B., Maramis, A. A. I., & Aprilia, D. A. (2019). Kajian Portofolio Produk Wisata Kabupaten Tapanuli Utara. Ekonomi Dan Bisnis, 5(2), 106–115. https://doi.org/10.35590/jeb.v5i2.746