Strategi Penguatan Kinerja Manajemen UKM di Serang Banten

Penulis

  • Bernadin Dwi Mardiatmi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Dahlia Pinem Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35590/jeb.v7i1.1452

Kata Kunci:

Kinerja Pemasaran, Marketing Mix, Triple Helix, UKM

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi dari penurunan realisasi omzet penjualan Di Kabupaten Serang, Banten Jawa barat. akibat dari persaingan ketat, upaya perbaikan kinerja pemasaran harus segera dilakukan. Kinerja UKM dapat ditingkatkan dengan melalui peran aktif dan kolaborasi Triple Helix (pemerintah, akademisi dan pebisnis) dengan peran yang berbeda dan saling mendukung akan mampu mamacu peningkatan kinerja UKM, pemerintah sebagai fasilitator kebijakan, akademisi memberikan edukasi strategi marketing, keuangan dan pebisnis memediasi pemasaran dengan implementasi strategi “marketing mix (product, price, place, promotion)”. Tujuan “penelitian ini adalah meningkatkan kinerja pemasaran”. “Hasil dari penelitian ini adalah bahwa variabel marketing mix berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran, sedangkan variabel triple helix tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran”.

Unduhan

Diterbitkan

2020-06-30

Cara Mengutip

Mardiatmi, B. D., & Pinem, D. (2020). Strategi Penguatan Kinerja Manajemen UKM di Serang Banten. Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.35590/jeb.v7i1.1452