Analisis Pengaruh Anti Kavitasi Terhadap Kavitasi Pada Sea Chest Valve Di Kapal
Keywords:
kapal, anti kavitasi, kavitasi, valveAbstract
Kavitasi pada valve merupakan fenomena yang sering terjadi di lingkungan kapal yang dapat menyebabkan kerusakan pada sistem
perpipaan dan komponen terkait. Para owner kapal kerap menganggap sepele permasalahan kavitasi ini sehingga valve kerap tidak
beroperasional dengan baik karena terjadinya kavitasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan teknologi
anti kavitasi terhadap fenomena kavitasi pada Sea Chest Valve. Metode yang digunakan meliputi pengumpulan data lapangan dari
kapal yang beroperasi secara rutin, serta simulasi menggunakan software Valvstream untuk mengetahui efektivitas penambahan
trim anti kavitasi. Studi ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Trim anti kavitasi pada Sea Chest Valve dengan variasi
pressure, temperature, sound level, dan viscosity serta membuat prototype valve yang terpasang trim anti kavitasi. Analisis simulasi
menunjukkan bahwa penurunan tekanan, kenaikan temperature, sound level yang tinggi dan viscosity yang tinggi sebagai indikator
terjadinya kavitasi dapat berkurang dengan ditambahkan nya anti kavitasi. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami
mekanisme kavitasi pada aplikasi Sea Chest Valve di kapal serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan teknologi anti
kavitasi di masa depan. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah potensi untuk meningkatkan keandalan dan masa pakai sistem
perpipaan pada kapal, serta mengurangi terjadinya kavitasi.
References
Bhattacharyya, S., Parkin, D. and Pearce, K. (2019) ‘What is a valve clinic?’, Echo Research and Practice, 6(4), pp. T7–T13. doi:
1530/ERP-18-0086.
Carlson, B. (2001) ‘Avoiding cavitation in control valves’, ASHRAE Journal.
Company, B. H. et al. (2019) ‘Valves, Actuators & Accessories’.
Ganz, S. (2012) ‘Cavitation : Causes , Effects , Mitigation and Application by’.
Hattori, S. and Kitagawa, T. (2010) ‘Analysis of cavitation erosion resistance of cast iron and nonferrous metals based on database
and comparison with carbon steel data’, Wear, 269(5–6), pp. 443–448. doi: 10.1016/j.wear.2010.04.031.
Liu, X. et al. (2020) ‘Influence of inlet pressure on cavitation characteristics in regulating valve’, Engineering Applications of
Computational Fluid Mechanics, 14(1), pp. 299–310. doi: 10.1080/19942060.2020.1711811.
Nazari-Mahroo, H. et al. (2018) ‘How important is the liquid bulk viscosity effect on the dynamics of a single cavitation bubble?’,
Ultrasonics Sonochemistry, 49, pp. 47–52. doi: 10.1016/j.ultsonch.2018.07.013.
Ouyang, T. et al. (2019) ‘Modeling and optimization of a combined cooling, cascaded power and flue gas purification system in
marine diesel engines’, Energy Conversion and Management, 200(July). doi: 10.1016/j.enconman.2019.112102.
Paper, W. (no date) ‘White Paper Cavitation in Valves’.
Perić, M. (2022) ‘Prediction of Cavitation on Ships’, Brodogradnja, 73(3), pp. 39–58. doi: 10.21278/brod73303.
Qian, J. yuan et al. (2016) ‘Numerical analysis of flow and cavitation characteristics in a pilot-control globe valve with different
valve core displacements’, Journal of Zhejiang University: Science A, 17(1), pp. 54–64. doi: 10.1631/jzus.A1500228
Stares, J. A. and Engineer-masoneilan, C. (2007) ‘Control Valve Cavitation, Damage Control’, (February), pp. 1-10. DresserMasoneilan.
Tullis, J. P. and Tullis Engineering Consultants (Institucion/Organizacion) (1993) ‘Cavitation Guide for Control Valves’, pp. 1–
Available at: https://www.semanticscholar.org/paper/Cavitation-guide-for-control-valvesTullis/d820aff65afe3ace5df6ec5db3082d1a885b3068.
Varga, J. and Sebestyén, G. (1966) ‘Experimental investigation of cavitation noise’, La Houille Blanche, 52(8), pp. 905–910. doi:
1051/lhb/1966057.
Yaghoubi, H., Madani, S. A. H. and Alizadeh, M. (2018) ‘Numerical study on cavitation in a globe control valve with different
numbers of anti-cavitation trims’, Journal of Central South University, 25(11), pp. 2677–2687. doi: 10.1007/s11771-018-3945-
y