PENGARUH VARIASI PENEMPATAN BATERAI TERHADAP STABILITAS DAN OLAH GERAK PADA KAPAL NELAYAN BERTENAGA LISTRIK

Authors

  • Kemal Moza Atallah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Keywords:

Refrigerant, Kapal Nelayan , Baterai, Stabilitas, Olah gerak

Abstract

Kapal nelayan yang ada saat ini umumnya masih menggunakan bahan bakar fosil sebagai sumber daya utama, dimana bahan bakar fosil diprediksi akan habis dalam 40-45 tahun mendatang serta dapat merusak lingkungan. Nelayan mulai didorong untuk menggunakan sumber energi lain salah satunya adalah listrik dengan baterai sebagai wadah penyimpanan. Baterai yang memiliki dimensi dan berat yang besar perlu dilakukan analisis penempatannya diatas kapal dan pengaruhnya terhadap stabilitas dan olah gerak pada kapal. Skripsi ini akan membahas hal tersebut pada kapal nelayan di wilayah Kabupaten Morowali Utara dengan membagi 42 baterai yang digunakan menjadi 2 sampai 3 blok dan menempatkan blok-blok tersebut pada posisi yang berbeda beda dan menghasilkan 3 variasi penempatan baterai dengan masing-masing adalah VaB1,VaB2, dan VaB3. Serta dengan 3 kondisi muatan yang berbeda-beda. Simulasi stabilitas yang dilakukan pada perangkat lunak maxsurf stability menunjukkan bahwa VaB1 memiliki luasan area dibawah kurva stabilitas 3% lebih besar dibanding VaB1 dan VaB2. Sementara untuk simulasi olah gerak kapal pada perangkat lunak ansys AQWA menunjukkan bahwa VaB3 memiliki nilai RAO yang lebih konsisten dibandingkan VaB1 dan VaB2 dan dapat diasumsikan berdasarkan hasil tersebut bahwa VaB3 merupakan variasi paling optimal. Jika olah gerak dan stabilitas kapal diperhitungkan secara bersamaan maka variasi paling optimal adalah VaB3 karena memiliki olah gerak yang konsisten dan stabilitas yang baik meskipun tidak sebaik milik VaB1.

References

Biran, A. B., Boston, A., London, H., Oxford, Y., San, P., San, D., Singapore, F., & Tokyo, S. (2003). Ship Hydrostatics and Stability N E M A N N.

ClientEarth Communications. (2022). Fossil fuels and climate change: the facts. https://www.clientearth.org/latest/latest-updates/stories/fossil-fuels-and-climate-change-the-facts/

EMSA. (2020). Electrical energy storage for ships. Battery Systems for Maritime Applications – Technology,Ustainability and Safety, May, 1–184. http://www.emsa.europa.eu/sustainable-shipping/new-technologies/download/6186/4507/23.html

Haider, W. H. (2020). Estimates of total oil & gas reserves in the world, future of oil and gas companies and smart investments by E & P companies in renewable energy sources for future energy needs. International Petroleum Technology Conference 2020, IPTC 2020. https://doi.org/10.2523/iptc-19729-ms

IMO. (2008). Intact Stability 2009 edition (p. 172).

Kemp, J., Young, P., & Barras, C. (2000). Ship Stability Notes and Example. In Elsevier (Vol. 3, Issue August).

Lloyd, A. R. J. M. (1989). Seakeeping ship behaviour in rough weather. Marine Structures, 2(2), 174–176. https://doi.org/10.1016/0951-8339(89)90012-9

Manik, P. (2012). Analisa Gerakan Seakeeping Kapal Pada Gelombang Reguler. Kapal, 4(1), 1–10.

Prananda, J., Koenhardono, E. S., & Tjoa, R. C. (2019). Design of an Optimum Battery Electric Fishing Vessel for Natuna Sea. International Journal of Marine Engineering Innovation and Research, 4(2), 111–121. https://doi.org/10.12962/j25481479.v4i2.3455

Radiarta, I. N., Hasnawi, H., & Mustafa, A. (2014). Kondisi Kualitas Perairan Di Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah: Pendekatan Spasial Dan Statistik Multivariat. Jurnal Riset Akuakultur, 8(2), 299. https://doi.org/10.15578/jra.8.2.2013.299-309

Sudjasta, B., Suranto, P., Montreano, D., & Rizal, R. (2021). the Design of 3 Gt Fishing Vessels Using Dc Electric Power As Driving and Electricity. Jurnal Rekayasa Mesin, 16(3), 329. https://doi.org/10.32497/jrm.v16i3.2600

Young, I. R. (2017). Regular, Irregular Waves and the Wave Spectrum. Encyclopedia of Maritime and Offshore Engineering, 4, 1–10. https://doi.org/10.1002/9781118476406.emoe078

Downloads

Published

2024-05-30