REINFORGEMENT IDENTITAS VISUAL KAMPUNG WISATA KULINER HAURPANCUH II
DOI:
https://doi.org/10.52958/abdikom.v3i1.9557Kata Kunci:
reinforcement, identitas visual, logo, kampung wisata kuliner, brandingAbstrak
Identitas visual memegang peranan penting dalam membentuk citra dan daya tarik suatu destinasi wisata. Kampung Wisata Kuliner Haurpancuh II merupakan salah satu destinasi wisata kuliner yang ada di Bandung, Jawa Barat ini perlu diperkuat identitas visualnya agar tetap kompetitif dan menarik minat wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa pembuatan logo sebagai identitas visual mampu memberikan penguatan guna meningkatkan visibilitas, membangun citra. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan design thingking sebagai pendekatan partisipatif. Dengan memanfaatkan logo Kampung Wisata Kuliner Haurpancuh II sebagai identitas visual, diharapkan dapat meningkatkan daya saing suatu destinasi, menarik lebih banyak pengunjung dan memperkuat citra sebagai pusat wisata kuliner yang khas.
Referensi
Andriyani, Y., Firyadi, R., Mahdiyah, E., Fitriansyah, A., Aminuddin, A., Meitarice, S., & Niqotaini, Z. (2023). Improving University Community Service Communication with Kukerti’s Fuzzy String Matching Chatbot. 2023 International Conference on Informatics, Multimedia, Cyber and Informations System (ICIMCIS), 398–403. https://doi.org/10.1109/ICIMCIS60089.2023.10348968
Ardhanari, M., & Nugrohadi, G. E. (2022). Pendampingan Packaging Dan Branding Pada Umkm Produk Khas Olahan Hasil Laut Di Kelurahan Sukolilo Baru – Kenjeran, Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied, 1(1), 18. https://doi.org/10.19184/jpma.v1i1.31415
Aziz, A., & Tobroni, M. I. (2023). Aesthetics exploration of chiaroscuro light: capturing the visual atmosphere of traditional markets in Jakarta. Gelar : Jurnal Seni Budaya, 21(1), 80–89. https://doi.org/10.33153/glr.v21i1.5057
Fitri Kurniasari, & Nining Rahaningsih. (2023). Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan Berbasis Web Pada Perumda BPR Bank Cirebon. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Ekonomi, 1(1), 90–100. https://doi.org/10.54066/jmbe-itb.v1i1.61
Niqotaini, Z. (2023). Pelatihan Microsoft Office kepada Siswa SMKS Mandiri Bojonggede Bogor. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 4(2), 160–165. https://doi.org/10.26874/jakw.v4i2.320
Niqotaini, Z. (2024). MENINGKATKAN PROMOSI KAMPUNG WISATA KULINER RW 04 HAURPANCUH II MELALUI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(6), 2011–2016. https://doi.org/10.31604/jpm.v7i6.2011-2016
Niqotaini, Z., Arifuddin, N. A., & Rosmawarni, N. (2023). PELATIHAN MICROSOFT OFFICE BAGI SISWA UNTUK MENINGKATKAN SOFTSKILLS DI SMKS MANDIRI BOJONGGEDE. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7, 2423–2429. https://doi.org/10.31604/jpm.v6i7.2423-2429
Niqotaini, Z., Astriratma, R., Nurramdhani, H., Andhika, I., Indarso, O., Komputer, F. I., Informasi, J. S., Pembangunan, U., & Veteran, N. (2024). EVALUASI USABILITY PADA SIRIP DESA ( SISTEM INFORMASI PENGARSIPAN DESA ) MENGGUNAKAN METODE USABILITY. 8(2), 136–142. https://doi.org/10.58486/jsr.v8i2.372
Niqotaini, Z., & Budiman, B. (2021). ANALISIS PENERIMAAN GOOGLE CLASSROOM MENGGUNAKAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) (STUDI KASUS UNIVERSITAS INFORMATIKA DAN BISNIS INDONESIA). Technologia: Jurnal Ilmiah, 12(4), 259. https://doi.org/10.31602/tji.v12i4.5636
Niqotaini, Z., & Vernanda, D. (2024). Implementation of the SAW and TOPSIS Methods as a Decision Support System in the Election of Outstanding TNI Members Implementasi Metode SAW Dan TOPSIS Sebagai Sistem Pendukung Keputusan Pada Pemilihan Anggota TNI Berprestasi. 06(02), 229–244. https://doi.org/https://doi.org/10.37577/sainteks.v6i2
Niqotaini, Z., Zaidiah, A., & Isnainiyah, I. N. (2024). EVALUASI PENERIMAAN SITUS WEB FAKULTAS ILMU KOMPUTER MENGGUNAKAN TAM DAN EUCS. JIKA (Jurnal Informatika), 8(3), 350. https://doi.org/10.31000/jika.v8i3.11935
Riqqoh, A. K. (2023). Peranan Identitas Visual Berupa Logo Sebagai Brand Identity Pada Umkm Andyni Collection. Jurnal Tanra Desain Komunikasi Visual, 10(3), 257–264. https://ojs.unm.ac.id/tanra/
Seta, H. B., Niqotaini, Z., & Rahayu, T. (2024). Literasi Digital Untuk Memperkenalkan Rambu Lalu Lintas Pada Anak Usia Dini Di Tk. 7, 654–658. https://doi.org/10.31604/jpm.v7i2.654-658
Vernanda Dwi, Zatin Niqotaini, Susilawati, & Azhis Sholeh Buchori. (2023). The Innovation Diffusion Theory for Analysis the Digitalization of “Rasa Alami” MSMEs at Subang Regency. International Conference on Informatics, Multimedia, Cyber and Informations System (ICIMCIS), 653–658. https://ieeexplore.ieee.org/abstract/document/10349086