Penerapan Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Promosi Kampung Wisata Kuliner RW 04 Haurpancuh II
DOI:
https://doi.org/10.52958/abdikom.v3i1.9437Kata Kunci:
pemasaran digital, wisata kuliner, media sosial, promosi.Abstrak
Penggunaan internet dan media social telah mengubah perilaku konsumen dan cara perusahaan menjalankan bisnis mereka. Pemasaran digital menawarkan peluang yang besar bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualan dengan biaya yang lebih rendah. UMKM berperan sebagai roda penggerak ekonomi, mendorong pertumbungan, membuka lapangan kerja, dan memajukan berbagai sektor di Indonesia. Kampung Wisata Kuliner RW 04 Haurpancuh II terlokasi di jalan Haurpancuh, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Kampung wisata kuliner ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat, dan menawarkan berbagai macam jenis kuliner. Lokasi kampung kuliner ini berada di pemukiman warga sehingga tidak banyak wisatawan yang mengetahuinya. Oleh karena itu, diperlukan strategi promosi yang dapat meningkatkan minat pembeli, sekaligus meningkatkan penjualan pedagang di wilayah kampung wisata kuliner Haurpancuh II. Kegiatan pelatihan dilakukan dengan memberikan panduan promosi digital menggunakan sosial media. Tujuannya adalah memberikan pemahaman tentang langkah-langkah branding, cara packaging produk, dan cara membuat konten yang menarik dan informatif. Selain itu, pelatihan ini juga memfasilitasi cara membuat akun dan menggunakan sosial media, seperti Instagram dan TikTok. Melalui kegiatan ini, diharapkan Kampung Wisata Kuliner RW 4 Haurpancuh II dapat memperkuat promosi serta meningkatkan keterampilan dan wawasan.
Referensi
Ardhanari, M., & Nugrohadi, G. E. (2022). Pendampingan Packaging Dan Branding Pada Umkm Produk Khas Olahan Hasil Laut Di Kelurahan Sukolilo Baru – Kenjeran, Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied, 1(1), 18. https://doi.org/10.19184/jpma.v1i1.31415
Andriyani, Y., Firyadi, R., Mahdiyah, E., Fitriansyah, A., Aminuddin, A., Meitarice, S., & Niqotaini, Z. (2023). Improving University Community Service Communication with Kukerti’s Fuzzy String Matching Chatbot. 2023 International Conference on Informatics, Multimedia, Cyber and Informations System (ICIMCIS), 398–403. https://doi.org/10.1109/ICIMCIS60089.2023.10348968
Adrezo, M., Pradana, M. G., Niqotaini, Z., Wayan, I., Pinastawa, R., Maulana, N., Simanjuntak, A. A., Putu, N., & Ayu, D. (2024). PENERAPAN KONSEP COMPUTATIONAL THINKING MELALUI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 032 TILIL BANDUNG MELALUI MEDIA GAME Pendidikan Dasar merupakan. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(11), 4901–4910. https://doi.org/10.31604/jpm.v7i11.4901-4910
Ardhanari, M., & Nugrohadi, G. E. (2022). Pendampingan Packaging Dan Branding Pada Umkm Produk Khas Olahan Hasil Laut Di Kelurahan Sukolilo Baru – Kenjeran, Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied, 1(1), 18. https://doi.org/10.19184/jpma.v1i1.31415
Aziz, A., & Tobroni, M. I. (2023). Aesthetics exploration of chiaroscuro light: capturing the visual atmosphere of traditional markets in Jakarta. Gelar : Jurnal Seni Budaya, 21(1), 80–89. https://doi.org/10.33153/glr.v21i1.5057
Fitri Kurniasari, & Nining Rahaningsih. (2023). Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan Berbasis Web Pada Perumda BPR Bank Cirebon. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Ekonomi, 1(1), 90–100. https://doi.org/10.54066/jmbe-itb.v1i1.61
Maryam, I., & Widjajani, S. (2023). Pelatihan Branding dan Packaging Produk UMKM di Desa Ganggeng Kabupaten Purworejo. Jurnal Terapan Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.24269/jteb.v3i1.6757
Nurzaman, F., Basry, A., Suwartane, I. G. A., Gustina, D., Yuliani, N., P, S. W., Dinariana, D., Teknik, F., Persada, U., Diponegoro, J., & Jakarta, N. (2024). PENINGKATAN UMKM KECAMATAN CIPAYUNG MELALUI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL. ABDI INSANI, 11(September).
Niqotaini, Z. (2023). Pelatihan Microsoft Office kepada Siswa SMKS Mandiri Bojonggede Bogor. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 4(2), 160–165. https://doi.org/10.26874/jakw.v4i2.320
Niqotaini, Z. (2024). MENINGKATKAN PROMOSI KAMPUNG WISATA KULINER RW 04 HAURPANCUH II MELALUI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(6), 2011–2016. https://doi.org/10.31604/jpm.v7i6.2011-2016
Niqotaini, Z., Arifuddin, N. A., & Rosmawarni, N. (2023). PELATIHAN MICROSOFT OFFICE BAGI SISWA UNTUK MENINGKATKAN SOFTSKILLS DI SMKS MANDIRI BOJONGGEDE. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7, 2423–2429. https://doi.org/10.31604/jpm.v6i7.2423-2429
Niqotaini, Z., Astriratma, R., Nurramdhani, H., Andhika, I., Indarso, O., Komputer, F. I., Informasi, J. S., Pembangunan, U., & Veteran, N. (2024). EVALUASI USABILITY PADA SIRIP DESA ( SISTEM INFORMASI PENGARSIPAN DESA ) MENGGUNAKAN METODE USABILITY. 8(2), 136–142. https://doi.org/10.58486/jsr.v8i2.372
Niqotaini, Z., & Budiman, B. (2021). ANALISIS PENERIMAAN GOOGLE CLASSROOM MENGGUNAKAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) (STUDI KASUS UNIVERSITAS INFORMATIKA DAN BISNIS INDONESIA). Technologia: Jurnal Ilmiah, 12(4), 259. https://doi.org/10.31602/tji.v12i4.5636
Niqotaini, Z., & Vernanda, D. (2024). Implementation of the SAW and TOPSIS Methods as a Decision Support System in the Election of Outstanding TNI Members Implementasi Metode SAW Dan TOPSIS Sebagai Sistem Pendukung Keputusan Pada Pemilihan Anggota TNI Berprestasi. 06(02), 229–244. https://doi.org/https://doi.org/10.37577/sainteks.v6i2
Niqotaini, Z., Zaidiah, A., & Isnainiyah, I. N. (2024). EVALUASI PENERIMAAN SITUS WEB FAKULTAS ILMU KOMPUTER MENGGUNAKAN TAM DAN EUCS. JIKA (Jurnal Informatika), 8(3), 350. https://doi.org/10.31000/jika.v8i3.11935
Niqotaini, Z. (2024). MENINGKATKAN PROMOSI KAMPUNG WISATA KULINER RW 04 HAURPANCUH II MELALUI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(6), 2011–2016. https://doi.org/10.31604/jpm.v7i6.2011-2016
Purnawan, N. N., Vernanda, D., Apandi, T. H., & Niqotaini, Z. (2025). Non-Destructive Classification Model of Pineapple Sweetness Level. TEKNO KOMPAK, 19(1), 282–293. https://doi.org/10.33365/jtk.v19i1.4707
Riqqoh, A. K. (2023). Peranan Identitas Visual Berupa Logo Sebagai Brand Identity Pada Umkm Andyni Collection. Jurnal Tanra Desain Komunikasi Visual, 10(3), 257–264. https://ojs.unm.ac.id/tanra/
Seta, H. B., Niqotaini, Z., & Rahayu, T. (2024). Literasi Digital Untuk Memperkenalkan Rambu Lalu Lintas Pada Anak Usia Dini Di Tk. 7, 654–658. https://doi.org/10.31604/jpm.v7i2.654-658
Vernanda Dwi, Zatin Niqotaini, Susilawati, & Azhis Sholeh Buchori. (2023). The Innovation Diffusion Theory for Analysis the Digitalization of “Rasa Alami” MSMEs at Subang Regency. International Conference on Informatics, Multimedia, Cyber and Informations System (ICIMCIS), 653–658. https://ieeexplore.ieee.org/abstract/document/10349086
Vernanda, D., Apandi, T. H., Purnawan, N. N., & Niqotaini, Z. (2024). Smart IoT Alat Pendeteksi Kemanisan Buah Nanas. SEMNASTERA (Seminar Nasional Teknologi Dan Riset Terapan), 6, 313–318. https://semnastera.polteksmi.ac.id/index.php/semnastera/article/view/720