Pelatihan Dan Pendampingan Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Pembuatan Poster Edukasi, Media Promosi Pihak Sekolah Menggunakan Aplikasi Canva di Sekolah M.I. Jami'atul Khair Ciledug - Kota Tangerang, Banten
DOI:
https://doi.org/10.52958/abdikom.v2i1.7308Kata Kunci:
Canva, Edukasi, kreativitas, Media Pembelajaran, PromosiAbstrak
Peningkatan kemampuan siswa pada saat ini sangat dibutuhkan, kurikulum merdekan bagi siswa yang dicanangkan oleh Bapak Menteri Pendidikan menuntut seluruh siswa baik tingkat SD, SMP, SMA memiliki pola pemikiran dan dapat menuangkan ide – ide kreatif selama aktivitas pembelajaran di sekolah. Pada Program Kemitraan Masyarakat (PKM) kali ini, pengabdi ingin melakukan pelatihan, workshop serta pendampingan kepada para siswa yang juga didampingi oleh para guru sekolah (28 Guru) dalam pembuatan materi ajar edukasi khususnya dalam pembuatan poster edukasi kepada para siswa (40 siswa kls 5 dan 6), materi ajar untuk para guru juga media proposi bagi pihak manajemen sekolah (Kepala sekolah, tata usaha (5orang)). Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah adanya peningkatan skill atau kemampuan para siswa dalam menvisualisasikan pemikiran dalam bentuk Poster edukasi maupun materi edukasi lainnya seperti untuk presentasi di kelas dengan mengunakan aplikasi Canva oleh para guru. Kegiatan pelatihan dilakukan karena melihat hasil survei materi visualisasi bagi anak sekolah MI sudah ada namun masih belum menarik siswa generasi Z yaitu masih mengunakan power point yang terbatas untuk image kekiniaan begtu juga materi ajar bagi para guru – guru. Perlu peningatan kemampuan penyediaan media atau bahan pembelajaran melalui pendampingan pembelajaran mengunakan canva sebagai salah satu metode penerapan TI mengunakan softaware aplikasi canva. Juga bagi pihak sekolah untuk melakukan promosi untuk membuatan poster edukasi dapat dipergunakanoleh pihak sekolah untuk membuat media promosi sekolah dari Mitra. Kegiatan ini juga melibatkan para mahasiswa FIK yang masuk dalam KSM (Kelompok Studi Mahasiswa) Multimedia dan sekaligus dapat menambah pengalaman mahasiswa yang terlibat dalam program MBKM UPN Veteran Jakarta.
Referensi
Fathoni, Achmad, Ajib Rosyadi, Indra Gunawan, Muhamad Taufik Hidayat, and Afrin Puspasari. 2019. “Pelatihan Media Presentasi Powtoon Dan Sparcol Untuk Guru SD Negeri 9 Purwodadi, Grobogan.” 74–81.
Pujilestari, Yulita. 2020. “Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19.” Adalah 4(1):49–56.
Kemndikbud. (2021). Dokumen panduan Buku-Panduan-IKU-2021
Kraugusteeliana K, Akhmad Saebani. (2020). M Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Studi Kasus Paud Di Desa Curug Agung Baros Serang. Seminar Nasional Universitas Tarumanagara (SERINA UNTAR 2020)
Anita Muliawati, Kraugusteeliana, dkk (2021). Pelatihan Pembuatan Materi Ajar Interaktif Bagi Guru Paud Desa Curug Agung – Serang Banten. JPKMBD (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma) Vol. 1, No.2, Oktober 2021, Hal. 97-106
Desta S.P, Mayanda MS, DKK. (2021) Bimbingan Teknis Pembuatan Video Animasi Sebagai Penunjang Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 di M.I. Jami'atul Khair Ciledug - Kota Tangerang. Seminar Nasional SENABDIKOM
Mayanda Mega Santoni, Desta S.P, DKK. (2021). Coding for Kids Menggunakan Scratch Sebagai Upaya Kesiapan Menghadapi Industri 4.0 bagi Siswa M.I. Jami'atul Khair. Seminar Nasional SENABDIKOM.