Sosialisasi Dan Pelatihan Praktis Pemanfaatan Media Sosial (Facebook) Untuk Memasarkan Hasil Budidaya Ikan Pada Kelompok Pembudidaya Pintu Air, Kampung Jampang, Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.52958/abdikom.v2i1.6758Kata Kunci:
Kata kunci: sosialisasi dan pelatihan praktis, media sosial, budidaya ikanAbstrak
Kegiatan pengabdian masyarakat dengan judul Sosialisasi dan Pelatihan Praktis Pemanfaatan Media Sosial (Facebook) untuk Memasarkan Hasil Budidaya Ikan pada Kelompok Pembudidaya Pintu Air, Kampung Jampang bertujuan untuk 1) melaksanakan sosialisasi dan pelatihan praktis pemanfaatan media sosial (facebook) untuk memasarkan hasil budidaya ikan; 2) meningkatkan kemampuan memasarkan hasil budidaya ikan dengan menggunakan media sosial (facebook); dan 3) memperluas jaringan pemasaran hasil budidaya ikan. Selain tujuan tersebut di atas, kegiatan ini juga bermanfaat bagi para pembudidaya dalam mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pengetahuan, sikap, dan keterampilan pembudidaya memanfaatkan media sosial (faceboook) sebagai sarana memasarkan hasil budidaya ikan. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, demontrasi, dan pelatihan praktis (tutorial) sehingga memudahkan pembudidaya dalam memahami dan mampu mengoptimalkan media sosial facebook sebagai sarana memasarkan hasil budidayanya. Target capaian kegiatan ini adalah artikel ilmiah yang diseminarkan pada Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat Ilmu Komputer (SENABDIKOM) tahun 2023.
Referensi
Arista, A., Purbaya, M. E., & Ngafidin, K. N. M. (2021). Digital business roadmap webinar: Exploring creative digital business idea. Community Empowerment, 6(12), 2193–2199. https://doi.org/10.31603/ce.6290
Benkler, Y. (2012). Sharing Nicely. In The Social Media Reader. New York: New York University Press.
Khandaker, U. M. et al. (2019). Elevated concentration of radioactive potassium in edible algae cultivated in Malaysian seas and estimation of ingestion dose to humans. Algal Research. Elsevier, 38 (Desember 2018), p. 101386. doi: 10.1016/j.algal.2018.101386.
Tuten, Tracy L. (2008). Advertising 2.0: Social Media Marketing in a Web 2.0 World. Greenwood Publishing Group.
Yanuarti R. C., Anwar, E. and Hidayat T. (2017). Profil Fenolik dan Aktivitas Antioksidan dari Ekstrak Rumput Turbinaria conoides and Eucheuma Cottonii. 20, pp. 230–237.