Penggunaan Software Geogebra Dalam Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Geometri Bidang

Penulis

  • Ida Mariati Hutabarat Universitas Cenderawasih
  • Yacob Ruru Universitas Cendrawasih
  • Winda Ade Fitriya Butar-butar Universitas Cendrawasih
  • Fransiska Ohoitimur Universitas Cendrawasih

DOI:

https://doi.org/10.52958/abdikom.v2i1.6679

Kata Kunci:

Software GeoGebra, Konsep Matematika, Geometri Bidang

Abstrak

Peranan komputer pada mata pelajaran matematika cukup penting terutama pada materi-materi yang memerlukan gambar seperti bangun dua dimensi, tiga dimensi, grafik atau kurva, diagram dan lain-lain. Diharapkan dengan   pembelajaran berbasis   komputer,   siswa   akan   lebih   mudah   memahami   konsep-konsep   yang bersifat   abstrak,   hal   ini   pada   akhirnya   dapat   meningkatkan   hasil   pembelajaran.    Salah   satu   program  komputer   yang   dapat   dimanfaatkan   sebagai   media pembelajaran   matematika   adalah   program  GeoGebra.   Dengan   beragam   fasilitas yang   dimiliki,  GeoGebra  dapat   dimanfaatkan  sebagai   media   pembelajaran matematika   untuk   mendemonstrasikan   atau   memvisualisasikan   konsep-konsep matematis   serta   sebagai   alat   bantu   untuk   mengkonstruksi   konsep-konsep matematika. Pengabdian   ini   bertujuan   untuk   mengetahui   pengaruh   pembelajaran berbantuan GeoGebra terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi Geometri Bidang.  Tahapan yang digunakan dalam pengadian ini   terdiri   dari   3   tahap,   yaitu:   1)   Tahap persiapan, 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap akhir.  Metode    yang  digunakan  untuk  mendukung  keberhasilan program ini adalah dalam bentuk pelatihan, demonstrasi dan  latihan/praktek atau tutorial.  Dari hasil kegiatan sekitar  80%  peserta pelatihan  mampu  menggunakan  software GeoGebra  ini, sementara 20% para peserta hanya mampu mengkonstruksi  titik dan garis saat diberikan  latihan  dengan  menggunakan software  GeoGebra  ini.  Hal  ini  disebabkan peserta  tidak  bisa  dengan  cepat  mengikuti arahan dari Tim PKM.

Referensi

Dianta Yudi Jepri Dianta & Putri Ade. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Relasi Dan Fungsi. Jurnal PRINSIP Pendidikan Matematika, 2(1) : 49-55.

Harisuddin Muhammad Iqbal. (2019). Asyiknya Belajar Matematika Dengan Geogebra. Yogyakarta : CV Budi Utama

Hohenwarter, M. & Fuchs, K. (2004). Combination of Dynamic Geometry, Algebra, and Calculus in the Software System Geogebra.(online). www.geogebra.org/publications/pecs_2004.pdf. [5 Februari 2023]

Hohenwarter, et al. (2008). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Mathematics Software GeoGebra. [Online]. Tersedia: http://www.geogebra.org/publications/2008-ICME- TSG16-CalculusGeoGebra-Paper.pdf [5 Februari 2023]

Napitupulu C.R, et al (2023). Comparison of Student Achievement in Teaching Analytic Geometry of Planes and Space Using GeoGebra and PowerPoint Media at STKIP Abdi Wacana in Semester VI of the Academic Year 2021/2022 in Wamena. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 67(2) : 9-19.

Hohenwarter, M. & Preiner, J. (2007). Dynamic Mathematics with GeoGebra. Journal of Online

Mathematics and its Applications ID 1448, 7(1) : 2-12

Hohenwarter, et al. (2008). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Mathematics Software GeoGebra. [Online]. Tersedia: http://www.geogebra.org/publications/2008-ICME- TSG16-CalculusGeoGebra-Paper.pdf [5 Februari 2023]

Napitupulu C.R, et al (2023). Comparison of Student Achievement in Teaching Analytic Geometry of Planes and Space Using GeoGebra and PowerPoint Media at STKIP Abdi Wacana in Semester VI of the Academic Year 2021/2022 in Wamena. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 67(2) : 9-19.

Nur, I. M. (2016). Pemanfaatan Program GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal

Matematika dan Pendidikan Matematika

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Jakarta: Alfabeta

Diterbitkan

2024-02-13