Penggunaan Software Geogebra Dalam Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Geometri Bidang
DOI:
https://doi.org/10.52958/abdikom.v2i1.6679Kata Kunci:
Software GeoGebra, Konsep Matematika, Geometri BidangAbstrak
Peranan komputer pada mata pelajaran matematika cukup penting terutama pada materi-materi yang memerlukan gambar seperti bangun dua dimensi, tiga dimensi, grafik atau kurva, diagram dan lain-lain. Diharapkan dengan pembelajaran berbasis komputer, siswa akan lebih mudah memahami konsep-konsep yang bersifat abstrak, hal ini pada akhirnya dapat meningkatkan hasil pembelajaran. Salah satu program komputer yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika adalah program GeoGebra. Dengan beragam fasilitas yang dimiliki, GeoGebra dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika untuk mendemonstrasikan atau memvisualisasikan konsep-konsep matematis serta sebagai alat bantu untuk mengkonstruksi konsep-konsep matematika. Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbantuan GeoGebra terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi Geometri Bidang. Tahapan yang digunakan dalam pengadian ini terdiri dari 3 tahap, yaitu: 1) Tahap persiapan, 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap akhir. Metode yang digunakan untuk mendukung keberhasilan program ini adalah dalam bentuk pelatihan, demonstrasi dan latihan/praktek atau tutorial. Dari hasil kegiatan sekitar 80% peserta pelatihan mampu menggunakan software GeoGebra ini, sementara 20% para peserta hanya mampu mengkonstruksi titik dan garis saat diberikan latihan dengan menggunakan software GeoGebra ini. Hal ini disebabkan peserta tidak bisa dengan cepat mengikuti arahan dari Tim PKM.
Referensi
Dianta Yudi Jepri Dianta & Putri Ade. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Relasi Dan Fungsi. Jurnal PRINSIP Pendidikan Matematika, 2(1) : 49-55.
Harisuddin Muhammad Iqbal. (2019). Asyiknya Belajar Matematika Dengan Geogebra. Yogyakarta : CV Budi Utama
Hohenwarter, M. & Fuchs, K. (2004). Combination of Dynamic Geometry, Algebra, and Calculus in the Software System Geogebra.(online). www.geogebra.org/publications/pecs_2004.pdf. [5 Februari 2023]
Hohenwarter, et al. (2008). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Mathematics Software GeoGebra. [Online]. Tersedia: http://www.geogebra.org/publications/2008-ICME- TSG16-CalculusGeoGebra-Paper.pdf [5 Februari 2023]
Napitupulu C.R, et al (2023). Comparison of Student Achievement in Teaching Analytic Geometry of Planes and Space Using GeoGebra and PowerPoint Media at STKIP Abdi Wacana in Semester VI of the Academic Year 2021/2022 in Wamena. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 67(2) : 9-19.
Hohenwarter, M. & Preiner, J. (2007). Dynamic Mathematics with GeoGebra. Journal of Online
Mathematics and its Applications ID 1448, 7(1) : 2-12
Hohenwarter, et al. (2008). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Mathematics Software GeoGebra. [Online]. Tersedia: http://www.geogebra.org/publications/2008-ICME- TSG16-CalculusGeoGebra-Paper.pdf [5 Februari 2023]
Napitupulu C.R, et al (2023). Comparison of Student Achievement in Teaching Analytic Geometry of Planes and Space Using GeoGebra and PowerPoint Media at STKIP Abdi Wacana in Semester VI of the Academic Year 2021/2022 in Wamena. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 67(2) : 9-19.
Nur, I. M. (2016). Pemanfaatan Program GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal
Matematika dan Pendidikan Matematika
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Jakarta: Alfabeta