Pelatihan Pembuatan Film Animasi Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Toontastic 3D Bernuansa Budaya Jambi Sebagai Upaya Optimalisasi Literasi Teknologi Bagi Guru-Guru SMP dan SMA

Penulis

  • Feri Tiona Pasaribu Universitas Jambi
  • Sufri Sufri Universitas Jambi
  • Ranisa Junita Universitas Jambi
  • Yelli Ramalisa Universitas Jambi
  • Tria Gustiningsi Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.52958/abdikom.v2i1.6651

Kata Kunci:

Film Animasi Pembelajaran, Toontastic 3D, Workshop

Abstrak

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada guru di SMP Muhammadiyah Kuala Tungkal, SMP Negeri 5 Kuala Tungkal, dan SMA Negeri 5 Tanjung Jabung Barat mengenai penggunaan aplikasi Toontastic 3D dan Plotagon sebagai alat pembuatan film animasi pembelajaran. Metode kegiatan adalah melalui pelatihan atau workshop yang dilaksanakan secara tatap muka. Hasil workshop menunjukkan bahwa respon peserta pelatihan sangat positif dengan capaian nilai rata-rata sebesar 90,75% dengan kriteria sangat baik. Guru tertarik dan berkomitmen untuk terus belajar dan meningkatkan kompetensi dalam membuat film animasi pembelajaran menggunakan aplikasi Toontastic 3D dan Plotagon. Kesimpulan dari kegiatan yang telah dilakukan adalah guru-guru memahami dan dapat menggunakan aplikasi Toontastic 3D dan Plotagon untuk pembelajaran.

 

Referensi

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Astini, N. (2019). Pentingnya Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Guru Sekolah Dasar Untuk Menyiapkan Generasi Milenial. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 1 (1), 2019, 113–120. https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/dharmaacarya/article/view/194.

Helaludin. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Teknologi dalam Upaya Mengembangkan Inovasi Pendidikan di Perguruan Tinggi. Pendais, 1 (1), 44–55. https://uit.e-journal.id/JPAIs/article/view/218.

Tindaon, J. ., Sinaga, E. R. L. ., Br Siregar, D. E. ., Sinaga, R. J. ., & Br Ginting Suka, S. . N. . (2023). The Socialization of Toontastic Animation 3D Application in Increasing Interest of Class V Students of State Primary School 040447 Kabanjahe. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 2(9), 837–842. https://doi.org/10.55927/jpmb.v2i9.5978

Yoga, H. (2020). The Effect Of Using Toontastic 3D on Students Speaking Skills at Eighth Grade Of Mts. Hifzhil Qur'an Medan In 2020/2021 Academic Year. Skrispi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. UIN Sumatera Utara.

Diterbitkan

2024-01-05