Sosialisasi Keselamatan Berkendara untuk Membentuk Generasi Berani Tanggap Lalu Lintas (BRANTAS) pada Pelajar Sekolah Menengah Pertama Di Jakarta Berbasis Video dan Game Edukasi Menggunakan Microsoft PowerPoint
Kata Kunci:
sosialisasi, keselamatan, lalu lintas, kecelakaanAbstrak
Permasalahan yang sering terjadi aktivitas lalu lintas adalah kecelakaan. Peristiwa kecelakaan ini pada umumnya berpotensi terjadi ketika sarana prasarana transportasi yang tidak memenuhi standar keamanan maupun diakibatkan karena faktor perilaku pengemudi. Selain itu, berdasarkan penelitian terdahulu terkait faktor penyebab kecelakaan yang terjadi di jalan didominasi oleh faktor pelaku lalu lintas sebesar 67%, selanjutnya yaitu faktor teknis sebesar 22% dan dipengaruhi faktor lainnya sebesar 11%. SMP Ash Sholihin merupakan sekolah menengah pertama swasta yang berlokasi di Kebon Jeruk, Jakarta. Menurut hasil wawancara tim PKM dengan perwakilan sekolah didapatkan siswa kelas 8 dan 9 berjumlah 110 orang dengan rentang usia 14-16 tahun. Pihak SMP Ash Sholihin telah melarang para siswa untuk menggunakan motor ke sekolah dikarenakan usia yang belum memenuhi untuk mendapatkan SIM. Tetapi yang terjadi diluar jam sekolah, masih terdapat siswa mengendarai motor. Hal ini menunjukkan adanya pelanggaran yang dilakukan oleh siswa dikarenakan ketidakpahaman siswa terhadap bahaya mengemudi di usia yang belum seharusnya. Oleh karena itu, untuk dapat meminimalisir permasalahan yang ada yaitu dengan cara melakukan Sosialisasi Keselamatan Berkendara pada remaja usia sekolah menengah pertama di SMP Ash Sholihin, Jakarta. Metode yang digunakan dengan memberikan ceramah, pemberian video dan game edukasi menggunakan aplikasi Microsoft PowerPoint. Hasil pre-test dan post-test yang diberikan kepada siswa paska sosialisasi menunjukkan terdapat peningkatan pemahaman setelah mendapatkan materi.
Referensi
Agung, J., Madiong, B., & Makkawaru, Z. (2022). ANALISIS PELAKSANAAN UU NOMOR 22 TAHUN 2009 TERHADAP RESIKO KECELAKAAN LALU LINTAS PADA JALAN NASIONAL PROVINSI SULAWESI BARAT. Indonesian Journal of Legality of Law, 4(2), 117–123. https://doi.org/10.35965/ijlf.v4i2.1467
Hidayati, A., & Hendrati, L. Y. (2017). Traffic Accident Risk Analysis by Knowledge, the Use of Traffic Lane, and Speed. Jurnal Berkala Epidemiologi, 4(2), 275. https://doi.org/10.20473/jbe.v4i2.2016.275-287
Kurnia, G., Dahliyanti, A., Ridhosari, B., Rahman, A., Madrinovella, I., Magetsari, R. M. A., & Basid, R. A. (2019). BUKU AJAR BERPIKIR SOLUSI KREATIF (Creative Problem Solving). http://www.penerbitsalemba.com
Ramadani, A. H. (2022). MESIN PENGUPAS KULIT ARI KEDELAI OTOMATIS UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS INDUSTRI KECIL TEMPE DI TULUNGAGUNG. In ABIMANYU : Journal Of Community Engagement (Vol. 3, Issue 1). https://journal.unesa.ac.id/index.php/abimanyu
Setiawan, J. (2014). LATAR BELAKANG PRILAKU REMAJA DALAM MENGEMUDIKAN SEPEDA MOTOR TANPA SURAT IZIN MENGEMUDI (STUDI KASUS PELAJAR SMPN 11 KOTA SAMARINDA). EJournal Ilmu Sosiatri. www.korankaltim.com
Setyowati, D. L., Firdaus, A. R., & Rohmah, N. R. (2019). FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN LALU LINTAS PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA SAMARINDA. The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, 7(3), 329. https://doi.org/10.20473/ijosh.v7i3.2018.329-338
Utami, A., & Hadi, N. T. (2022). EdukasiKeselamatanBerkendara untuk Membentuk Generasi Tertib Berlalu Lintas di SMK Brawijaya Batu. Jurnal Abdimas PHB, 5, 438–442. http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/abdimas/article/view/3195/pdf_99