Peningkatan Literasi Digital melalui Pembuatan Game pada SMA IT Al-Ukhuwah Subang
Kata Kunci:
Pelatihan, Scratch, Literasi Digital, GameAbstrak
Salah satu langkah yang dapat menumbuhkan dan menstimulus Computational Thinking adalah dengan memberikan pembelajaran yang menarik dan tepat sasaran. Sebagai salah satu skill yang perlu dikuasai setiap individu di masa depan, menjadi penting untuk mengenalkan sejak awal mengenai pembelajaran yang berbasi Computational Thinking, dengan begitu diharapkan mampu mempersiapkan kebutuhan dari setiap individu mengenai cara berpikir secara komputasional. Hal yang mudah untuk mengenalkan cara berfikir secara komputasional adalah dengan mengenalkan Software pembuatan Game Scratch, Dengan melakukan pelatihan di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al-Ukhuwah Subang ini diharapkan mampu menumbuhkan budaya berpikir komputasi. Adapun hasil akhir dari pelatihan ini adalah project Game yang berhasil dibangun dan umpan balik dari kegiatan ini mendapatkan nilai rata-rata umpan balik dari peserta sebesar 4 atau masuk kategori setuju dengan pelaksanaan dan manfaat dari kegiatan pengabdian masyarakat ini.
Referensi
Astrida, D. N., Ramadhan, F. E. and Widodo, T. (2020) ‘Pelatihan Programming Junior Pembuatan Game Menggunakan Scratch untuk Sekolah Dasar ( SD ) Sebagai Upaya Kesiapan Menghadapi Industri Kreatif’, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(2), pp. 111–120.
Chasannudin, A., Nuraini, L. and Luthfiya, N. A. (2022) ‘Pelatihan Aplikasi Scratch Untuk Meningkatkan Kemampuan Computational Thinking Pada Guru’, Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), pp. 153–168. doi: 10.35878/kifah.v1i2.502.
Indrawan, G. B. et al. (2021) ‘Pelatihan scratch programming untuk anak-anak SD Umeanyar’, Unri
Conference Series: Community Engagement, 3, pp. 235–241. doi: 10.31258/unricsce.3.235-241.
Muhammad Sholeh, E. K. N. (2023) ‘PELATIHAN PENGEMBANGAN APLIKASI GAME DENGAN SCRATCH DI SMK NEGERI TEMBARAK TEMANGGUNG’, Masyarakat, Jurnal PkM Pemberdayaan, 4(2), pp. 41–52.
Nafiah, N. et al. (2022) ‘Pelatihan Dan Pendampingan Guru Sekolah Dasar Dalam Pembuatan Media
Interaktif Berbasis Digital Aplikasi Scratch’, Indonesia Berdaya, 4(1), pp. 19–28. doi:
47679/ib.2023372.
Utomo, M. C. C., Putra, M. G. L. and Alfarisy, G. A. F. (2019) ‘Pelatihan Scratch Coding for Kids dengan Pendekatan Permainan Digital dan Storytelling di SDN 017 Balikpapan’, Seminar Nasional …, 01. Available at: https://journal.itk.ac.id/index.php/sepakat/article/view/567%0Ahttps://journal.itk.ac.id/index.php
/sepakat/article/download/567/260.
Vittalis Ayu, Bambang Soelistijanto, Henricus Agung Hernawan, T. (2023) ‘Pelatihan Pemrograman
Visual dengan Scratch untuk Siswa’, Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(2), pp. 277–
Wirawan, R., Triwahyono, B., & Wibisono, M. B. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Perkantoran Pada Sekolah MI Jami’atul Khair Cileduk Tanggerang.