Gerakan Sekolah Cakap Digital : "Pemanfaatan Tiktok dalam Model Pembelajaran "Fun Learning" berbasis Kolaborasi Murid dan Guru di SD IT Attasyakur, Kota Depok

Penulis

Kata Kunci:

cakap digital, kolaborasi, model pembelajaran, Tiktok, pengguna internet

Abstrak

Pertumbuhan pengguna internet usia anak menuntut tindakan bijak, seperti pendidikan literasi digital. Anak-anak memiliki potensi sebagai agen perubahan, dan sekolah serta guru memiliki peran penting dalam mendampingi dan berkolaborasi dalam pemanfaatan teknologi. Tim Pengabdi merancang Program PKM dengan judul "Gerakan Sekolah Cakap Digital: Pemanfaatan Tiktok dalam Model Pembelajaran 'Fun Learning' berbasis Kolaborasi Murid dan Guru di SD IT Attasyakur, Kota Depok." Tujuannya adalah menjadikan SD IT Attasyakur sebagai pilot project inovasi pembelajaran menuju "fun learning". Kolaborasi antara murid dan guru melalui media sosial diharapkan dapat memanfaatkan perkembangan teknologi digital, terutama media sosial, untuk hal-hal positif dalam pembelajaran. Sasaran Program PKM ini adalah pengelola, murid SD kelas 3, 4, 5, dan guru kelas serta guru mata pelajaran lainnya seperti PJOK, Seni dan Budaya, serta Bahasa Inggris. Program ini terdiri dari tiga tahap, yaitu pelatihan bagi guru dan murid serta pembuatan konten pendidikan (Tahap 1), pengembangan kurikulum Tiktok dan monitoring (Tahap 2), dan evaluasi dan pembaruan (Tahap 3). Hasilnya, Program ini memberikan dampak signifikan pada seluruh entitas sekolah, termasuk pengelola, guru, dan murid. PKM ini memanfaatkan potensi guru dan murid SD IT Attasyakur dengan memaksimalkan penggunaan positif media sosial Tiktok yang diintegrasikan dalam berbagai mata pelajaran yang menekankan "fun learning". Sebanyak 31 konten edukasi telah diunggah di Tiktok sebagai hasil dari program ini.

Biografi Penulis

Intan Putri Cahyani, UPN Veteran Jakarta

Department of Communication Studies

FISIP UPN Veteran Jakarta

Referensi

CNN Indonesia. (2021). Kecanduan Internet, Dari Anak-anak Hingga Dewasa. Diakses pada 8 Juni 2022, dari https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210722144719-284-671740/kecanduan-internet-dari-anak-anak-hingga-dewasa.

DataIndonesia.id. (n.d.). Tingkat Penetrasi Internet di Indonesia. Diakses pada 8 Juni 2022, dari https://dataindonesia.id/infografis/tingkat-penetrasi-internet-di-indonesia/.

Hamer, N., & Lumsden, K. (2018). An exploration of online othering: A critical review of the literature. Computers in Human Behavior, 78, 115-123.

Heriansah, H., Nursyahran, N., & Fathuddin, F. (2019). KKN-PPM Lanrisang Melalui Optimalisasi Usaha Mina-Tani Guna Menunjang Pengembangan KPPN Kabupaten Pinrang, Provinsi Sulawesi Selatan. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 3(2), 152-160.

Hinostroza, J. E. et al. (2019). Teachers' Perceptions about Digital Literacy and Their Integration of ICT in Teaching Practices. Education Sciences, 9(3), 208.

Indah, N. (2019). Model Community Development. Jurnal Pembangunan Masyarakat, 21(1), 45-60.

Iskandar, E., Yanti, S., Kusumaningrum, I. D., & Santoso, H. (2022). Pemanfaatan dan Pendampingan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.18196/ppm.44.601

Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2017). Pedoman Literasi Digital. Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Kompas.com. (2022). Jumlah Pengguna Internet Indonesia Capai 210 Juta Orang. Diakses pada 8 Juni 2022, dari https://tekno.kompas.com/read/2022/02/08/06360047/jumlah-pengguna-internet-indonesia-capai-210-juta-orang.

Livingstone, S. et al. (2017). In the Digital Home: A Critical Synthesis of the Place of Domestication Studies for the Study of ICTs in Everyday Life. New Media & Society, 19(3), 486-504.

Triratnawati, A., et al. (2022). Identitas Digital Anak dalam Era Digitalisasi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 28(2), 250-261.

Triratnawati, A., Hidayah, S., & Lazuardi, E. (2022). 'Menjadi Pelajar Cakap Digital’: Proyek Bersama Webinar dan Sosialisasi Kecerdasan Digital di Madrasah Muallimat Muhammadiyah Yogyakarta. Bakti Budaya, 5(1), 10–24. https://doi.org/10.22146/bakti.4040

UNESCO. (2018). Media and Information Literacy Curriculum for Teachers. Paris: UNESCO.

Usadolo, S.E. and Caldwel, M., 2016. A stakeholder approach to community participation in a rural development project. Sage Open, 6(1), p.2158244016638132.

Wati, F., Aje, A. U., Nande, M., & Beda, E. (2020). BAKTI SOSIAL PEMBERSIHAN LINGKUNGAN MASJID JAMI’ AT-TAQWA ONEKORE DALAM RANGKA PANCA WINDU UNIVERSITAS FLORES KE-40 TAHUN 2020. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11–19. https://doi.org/10.37478/mahajana.v1i1.713

Diterbitkan

2023-07-15