PEMBERDAYAAN KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN AIR TAWAR DESA JAMPANG MELALUI PELATIHAN PRAKTIS KEWIRAUSAHAAN

Penulis

  • Rudhy Ho Purabaya Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta
  • Ruth Bunga Wadu Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta
  • Sarika Sarika Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Kragusteeliana Kragusteeliana Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Mohamad Bayu Wibisono Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Rio Wirawan Universitas Pembanguna Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52958/abdikom.v3i2.10423

Kata Kunci:

Kata kunci: Pemberdayaan, pelatihan praktis, budi daya, dan kewirausahaan

Abstrak

Kelompok pembudidaya ikan air tawar POKDAKAN berlokasi di kampung Jampang, kecamatan Kemang, kabupaten Bogor. Mereka menghasilkan banyak ikan. Menurut data budi daya, POKDAKAN memiliki potensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan pendapatan asli desa dengan menghasilkan 15.000 ikan hias (koi, koki, manfish, guppy, dan lohan) dalam waktu 3 bulan, 4 ton ikan nila dalam waktu 5 bulan, dan 5 ton ikan lele dalam waktu 3 bulan. Jumlah sebanyak 30 pembudidaya ikan air tawar dari kampung Jampang yang belum pernah mengikuti pelatihan kewirausahaan praktis dengan teknologi informasi telah berpartisipasi dalam kegiatan ini, yang tentunya merupakan bagian dari pendidikan yang diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Tujuan dari pelatihan kewirausahaan praktis ini adalah untuk mendorong para pembudi daya ikan air tawar untuk memiliki jiwa kewirausahaan dan meningkatkan keterampilan dalam berwirausaha dengan teknologi informasi. Setelah kegiatan selesai, pengabdi melakukan evaluasi kegiatan. Hasilnya menunjukkan bahwa 91% peserta sangat puas dengan kegiatan pelatihan kewirausahaan praktis.

Referensi

Artika Arista, Rudhy Ho Purabaya, Ika Nurlaili Isnainiyah. Pendampingan Pendidikan dan Pelatihan Pemasaran Digital Berbasis Media Sosial Instagram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri). 2023; Hal. 2730-2737

Bachtiar NK. Tips Membangun Usaha di Masa Pandemi. Community Empower. 2021; 6 (2):319–27.

Aryani et all. (2020). Pemasaran Bagi Pelaku UMKM dan Masyarakat. Indonesian Journal Of Economic Community Development, 1(1), 35–41.

Farid Et All. (2020). Pelatihan Kewirausahaan Aplikatif Bagi UMKM. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 927–929.

Ismail et all. (2020). IBM Pelatihan Kewirausahaan Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan dan Menggali Ide Usaha Baru. Jurnal Pengabdian Nasional (Jpn) Indonesia, 1(1), 16–22. https://Doi.Org/10.35870/JPNI.VIII.3

Diterbitkan

2025-07-28