Pelatihan Aplikasi Chatgpt untuk Meningkatkan Kemampuan yang Optimal Bagi Wali Murid dalam Mendampingi Belajar Anak

Authors

  • Tri Rahayu UPN veteran jakarta fakultas ilmu komputer
  • Erly Krisnanik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Anita Muliawati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Tahjanto Tjahjanto Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52958/abdikom.v3i2.11197

Keywords:

ChatGPT, Kerdasan Buatan, Aplikasi, digital, Tk Lily Pre School

Abstract

Tim pengabdian kepada masyarakat melakukan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan wali murid dalam mendampingi belajar anak melalui pelatihan penggunaan aplikasi ChatGPT di Tk Lily Pre School limo Depok. Pelatihan diikuti oleh 25 wali murid dengan fokus pada pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan untuk membantu memahami materi pembelajaran dan memberikan pendampingan belajar yang efektif di rumah. Metode pelatihan meliputi pemberian materi teori mengenai fungsi dan manfaat ChatGPT, praktik langsung penggunaan aplikasi, serta diskusi interaktif untuk mengatasi kendala yang dihadapi peserta. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan wali murid dalam menggunakan ChatGPT sebagai alat bantu belajar, yang berdampak positif pada proseBerdasarkan hasil pelatihan chatgpt bagi wali murid dalam disimpulkan sangat efektif dan berhasil mencapai tujuannya, berdasarkan dari: 1). Peningkatan efektivitas pelatihan: adanya kenaikan rata-rata dari 48 menjadi 65 menujukan bahwa pelatihan ini sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman wali murid tentang penggunaan Chatgpt. 2). Tingkat kepuasan: Hasil kuesioner menunjukan tingkat kepuasan peserta mencapai 96%. Angka yang sangat tinggi ini mencerminkan bahwa materi, cara penyampaian dan relevansi pelatuhan memenuhi harapan dan kebutuhan mereka dan 3). Perubahan perilaku dan peran wali murid: Indikator penilaian menunjukan hasil memberdayakan wali murid menjadi lebih aktif terlibat dalam proses belajar anak, penggunaan chatgpt mampu menghemat waktu, belajar lebih kreatif dan memperkuat komunikasi dengan anak. Pelatihan ini memberikan kontribusi penting dalam memaksimalkan peran wali murid sebagai pendukung utama pendidikan anak di era digital.

References

Krisnanik, E., Rahayu, T., Yulnelly, Y., & Indriana, I. H. (2023). Pelatihan Penggunaan Simpokedes Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Aparatur Desa Sukamanah Serang. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 119-128.

Huda, M. (2022). Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 120-130.

Lestari, D., & Sari, M. (2023). Penggunaan aplikasi berbasis AI untuk mendukung pembelajaran di era digital. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 9(1), 45-52.

Putra, A. P., & Wahyuni, S. (2021). Peran wali murid dalam meningkatkan prestasi belajar anak di masa pandemi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 190-198.

Rahayu, Tri, Anita Muliawati, and Kraugusteeliana Kraugusteeliana. "Pelatihan Pembuatan Materi Ajar Interaktif Bagi Guru Paud Desa Curug Agung–Serang Banten." Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma 1.2 (2021): 97-106.

Rahayu, Tri, et al. "PENERAPAN BELAJAR INTERAKTIF MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI PADA TK LILY PRE SCHOOL MERUYUNG DEPOK." Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6.12 (2023): 4555-4561.

Rahayu, S., & Nugroho, Y. (2023). Implementasi pelatihan teknologi untuk wali murid dalam mendampingi belajar anak. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 15-22.

Santoso, B., & Hartono, R. (2021). Optimalisasi peran orang tua dalam pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(4), 300-312.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D (21st ed.). Alfabeta.

Wahyuni, T., & Prasetyo, Z. K. (2022). Strategi pembelajaran anak usia dini berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 7(2), 75-83.

Downloads

Published

2025-07-28