Pengaruh Literasi Asuransi, Religiusitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Generasi Milenial Menggunakan Asuransi Syariah
DOI:
https://doi.org/10.47700/jiefes.v3i1.4350Keywords:
Asuransi syariah, Kualitas Pelayanan, Literasi, Milenial, ReligiusitasAbstract
Abstract
Risk is something that cannot be predicted when it occurs and can cause a loss. Efforts to protect yourself become a necessary action to minimize the losses incurred. The millennial generation's concern for insurance is still lacking and tends to be more concerned with lifestyle than efforts to protect themselves by having insurance. This study aims to analyze the effect of insurance literacy, religiosity, and service quality on the millennial generation's interest in using sharia insurance. This study uses a quantitative approach, by collecting primary data taken through a questionnaire instrument with a total sample of 148 respondents. The data analysis technique used regression analysis with SPSS analysis test tool. The findings of this study indicate that the variables of insurance literacy, religiosity and service quality have a significant effect on the millennial generation's interest in using sharia insurance. Furthermore, partially found in this research that the religiosity variable has no effect on the millennial generation's interest in using sharia insurance. This research is expected to contribute to providing an overview of the relationship between insurance literacy, religiosity and views on service quality in the sharia insurance industry in increasing the sharia insurance market, especially among millennials.
Abstrak
Risiko merupakan hal yang tidak dapat diprediksi kapan terjadi dan dapat menimbulkan sebuah kerugian. Upaya memproteksi diri menjadi sebuah tindakan yang diperlukan guna meminimalisir kerugian yang ditimbulkan. Kepedulian generasi milenial terhadap asuransi dirasa masih kurang dan cenderung lebih mementingkan gaya hidup daripada upaya memproteksi diri dengan memiliki asuransi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi asuransi, religiusitas, dan kualitas pelayanan terhadap minat generasi milenial dalam menggunakan asuransi syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menghimpun data primer yang diambil melalui instrumen kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 148 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi dengan alat uji analisis SPSS. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa variabel literasi asuransi, religiusitas dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap minat generasi milenial menggunakan asuransi syariah. Selanjutnya secara parsial ditemukan dalam penelitan ini bahwa variabel religiusitas tidak berpengaruh terhadap minat generasi milenial menggunakan asuransi syariah. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam memberikan gambaran mengenai keterkaitan literasi asuransi, religiusitas serta pandangan terhadap kualitas pelayanan pada industri asuransi syariah dalam meningkatkan pasar asuransi syariah, khususnya di kalangan milenial.
References
Antara, P. M., Musa, R., & Hassan, F. (2016). Bridging Islamic Financial Literacy and Halal Literacy : The Way Forward in Halal Ecosystem. Procedia Economics and Finance, 37(16), 196–202.
Avyanna, S. (2016). ”Peran demografi terhadap Literasi Asuransi Syariah” (Staf Departemen Riset dan Pengembangan SEF UGM 2016).
BPS. (2020). Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur Generasi (Jiwa). https://burukab.bps.go.id/indicator/12/435/1/jumlah-penduduk-menurut-kelompok-umur-generasi.html
Dama, daniel. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Dalam Memilih Laptop Acer Di Toko Lestari Komputer Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisien, 16(1), 50.
Hasanuddin, & Lilik. (2017). Milennial Nusantara.
Ichsan. (2014). Pengantar Asuransi Syariah.
Ika Mustika, Latifah, dan R. B. P. (2020). Literasi Asuransi Pada Masa Pandemi Covid-19. Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Kesantunan Berbahasa Di Media Sosial, 03(01), 49–59.
Irfan, R. jannah, Ashal, F. F., & Aulia, R. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Generasi Milenial Terhadap Minat Beli Produk Asuransi Jiwa Syariah. JIHBIZ :Global Journal of Islamic Banking and Finance., 2(1), 34.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen ((15th ed.)). Pearson Education,Inc.
Mansyur, U. (2018). Belajar Memahami Bahasa Generasi Milenial.
Nurfadilah. (2018). Milenial Masih Belum Peduli untuk Miliki Asuransi Jiwa.
OJK. (2017). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (Revisit 2017). Www.Ojk.Go.Id.
Rachmatulloh, D. P. (2020). Pengaruh literasi keuangan syariah, religiusitas dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menabung di bank syariah: Studi pada generasi milenial di Indonesia. http://etheses.uin-malang.ac.id/23415/
Rakhmat, J. (2015). Psikologi Agama : Sebuah Pengantar (3rd ed.). Mizan Pustaka.
Ramadion, et al. (2021). Pengaruh Literasi Asuransi Syariah Terhadap Persepsi Masyarakat Dalam Memilih Asuransi Syariah Di Jabodetabek. 2, 158–167.
Remund, D. L. (2010). Financial Literacy Explicated : The Case for a Clearer Definition in an Increasingly Complex Economy. 44(2), 276–295.
Rodoni, A., & Fathoni, M. A. (2019). Manajemen Investasi Syariah.
Septiani, F. (2017). Pengaruh Harga Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Pada Pt Asuransi Jiwa Recapital Di Jakarta). 1(2), 274–288.
Siregar, A. (2019). Millennial Cenderung Gak Suka menabung. Diambil Pada 10 September 2021 Daro Webisite: Https://Www.Idntimes.Com/Business/Economy/Ananta-Fitri/Survei-Ims-2019-Millennieal-Tidak-Suka-Menabung/5.
Sula, M. S. (2004). Asuransi Syari’ah Konsep dan Sistem Operasional. Jakarta : GIP.
Syafrida, I., Aminah, A., & Awaludin, T. (2020). Keputusan Penggunaan Jasa Perbankan Syariah : Perspektif Nasabah Milenial BISNIS : Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam Keputusan Penggunaan Jasa Perbankan Syariah : Perspektif Nasabah Milenial. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, June.
Tarmizi. (2017). Harta Haram Muamalat Kontemporer. PT.Berkat Mulia Insan.
Tjiptono F. dan Chandra G. (2012). Service, Quality, & Satisfaction (Andi (ed.); 3rd ed.).
Trisadewo, N. (2018). Pengaruh Literasi Asuransi Syariah Terhadap Minat Nasabah. Energies, 6(1), 1–8.
Wardhana, H. (2019). Generasi Milenial yang semakin sadar akan masa depan. Https://Www.Kompasiana.Com/Wardhanahendra/5c4c4b7d43322f0cf67b48e6/Generasi-Milenial-Yang-Semakin-Sadar-Perlindungan-Masa-Depan.
Yushita, A. N. (2017). Pentingnya literasi keuangan bagi pengelolaan keuangan pribadi. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 6(1), 11-26. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 2017 - Journal.Uny.Ac.Id.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.