The Effect of User Experience on Donation Interest through The Digital Wallet Applications

Authors

DOI:

https://doi.org/10.47700/jiefes.v2i1.2793

Keywords:

Donation, E-Wallet, User Experience

Abstract

Abstract

Technological developments that have penetrated the financial sector have provided convenience and comfort for the public in digitally transacting, including in donating. The condition of the Covid-19 pandemic has also required people to work from home, so that donation transactions made through digital applications are very relevant to be implemented. This study aims to see the effect’s comparison of user experience on the donation interest through the digital wallet applications of Gopay, OVO, DANA, and LinkAja in teachers and staffs who work at the Vocational High School 1 Jambi City. The method used is the non-probability sampling with a sample size of 118 respondents. The measurement of user experience in this study used simplicity, security, and convenience factors. Analysis of comparative used the Kruskal Wallis H test with SPSS version 25 software. The results showed that there were differences in simplicity, security, convenience and user experience between the interest in donating users through the digital wallet application of Gopay, OVO, DANA, and LinkAja. This study is based on the author’s thoughts so that the originality can be responsible.

Abstrak

Perkembangan teknologi yang merambah sektor keuangan, telah memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat dalam bertransaksi secara digital, termasuk dalam berdonasi. Kondisi pandemi Covid-19 juga telah menuntut masyarakat untuk beraktivitas dari rumah, sehingga transaksi berdonasi yang dilakukan melalui aplikasi digital sangat relevan untuk diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh user experience terhadap minat berdonasi melalui aplikasi dompet digital Gopay, OVO, DANA, dan LinkAja pada Guru dan Staf yang bekerja di SMK Negeri 1 Kota Jambi. Metode yang digunakan adalah metode non-probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 118 responden. Pengukuran user experience pada penelitian ini menggunakan faktor kemudahan, keamanan, dan kenyamanan. Analisis perbandingan menggunakan uji Kruskal Wallis H dengan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemudahan, keamanan, kenyamanan, dan pengalaman pengguna antara minat berdonasi pengguna aplikasi dompet digital Gopay, OVO, DANA, dan LinkAja. Artikel ini didasarkan pada pemikiran penulis sehingga dapat dipertanggungjawabkan keasliannya.

References

Ahmad & Pambudi, B.S. (2014). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan, dan Ketersediaan Fitur Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi pada Program Layanan Internet Banking BRI). Jurnal Studi Manajemen, Vol. 8, No. 1:1-11.

Ardhiyanti, E. (2016). Analisis Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, dan Promosi Terhaap Minat Menabung Mahasiswa FEBI IAIN Salatiga Pada Bank Syariah. Skripsi. Islamic Economics and Business Faculty, Islamic Banking, IAIN Salatiga, Salatiga.

Azhar. (2016). Pengertian dan Manfaat Donasi. https://www.slideshare.net/ AlifannuurAlAzhar/pengertian-dan-manfaat-donasi. Accessed on December 3rd, 2020 at 18.14 WIB.

Bacalagers Media. (2019). Pengertian Donasi dan Donatur Menurut Para Ahli. https://bacalagers.com/pengertian-donasi-dandonatur/#pengertian-donasi-menurut-para-ahli. Accessed on Desember 3rd, 2020 at 19.46 WIB.

Badan Pusat Statistik. (2020). Peningkatan Pengeluaran Rumah Tangga Akibat Pandemi Covid-19. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/06/03/belanja-rumah-tang ga-meningkat-selama-pandemi-covid-19. Accessed on October 25th, 2020 at 02.13 WIB.

Bank Indonesia. (2019). Nilai Transaksi dan Jumlah Uang Elektronik (2010-Sep 2019). https://www.bi.go.id/transaksiuangelektronikdiindonesia/. Accessed on October 24th, 2020 at 19.39 WIB.

Bank Indonesia. (2020). Informasi Perizinan Penyelenggara dan Pendukung Jasa Sistem Pembayaran. https://www.bi.go.id/id/fungsi-utama/sistem-pembayaran/perizinan/default.aspx. Accessed on December 3rd, 2020 at 00.09 WIB.

Bawono, A. (2006). Multivariate Analysis dengan SPSS. Salatiga: STAIN Salatiga Press.

Bugaresta, I. (2018). Pengaruh User Experience Terhadap Kepuasan Merek: Studi Komparasi antara Mobile Application Elevenia dan Shopee. Skripsi. Economic Faculty, Management, Katolik Parahyangan University, Bandung.

CNBC Indonesia. (2020). Ovo+Dana Siap Kalahkan Go-Pay. Uploaded on June 16th, 2020. YouTube Video, 10.51. https://youtu.be/yq_PQ7JWZ OI.

Davis, F.D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and Acceptance Information System Technology. MIS Quarterly, Vol. 13, No.3: 319-339.

Devita, V.D. (2019). Siapa Aplikasi E-wallet dengan Pengguna Terbanyak di Indonesia? https://iprice.co.id/ trend/insights/e-wallet-terbaik-di-indonesia/. Accessed on October 24th, 2020 at 23.17 WIB.

Dewi, F.K. & Ariyanti, M. (2020). Perbandingan User Experience Aplikasi Digital Wallet (Pengguna Go-Pay, OVO, DANA, dan LinkAja) pada Mahasiswa Bandung. Jurnal Manajemen Teknologi, Vol. 19, No. 2:111-129.

Evandio, A. (2020). Donasi Digital Meningkat Selama Pandemi Covid-19. https://finansial.bisnis.com/read/20200519/563/1242695/donasi-digital-me ningkat-selama-pandemi-covid-19. Accessed on October 25th, 2020 at 00.38 WIB.

Febriani. (2019). Apa itu Uses Experience (UX)?. https://medium.com/@ wahyunif/apa-itu-user-experience-ux-2e8d1c7996f2. Accessed on December 3rd, 2020 at 21.41 WIB.

Hardiyanto, F. (2020). Analisis Marketing Syariah Dalam Menghadapi COVID 19 (Studi Kasus ARPI Hijab Kuningan). Jurnal Syntax Admiration, Vol. 1, No. 1:23-32.

Hidayat, A. (2014). Penjelasan dan Teori Uji Kruskal Wallis H. https://www.statistikian.com/2014/07/uji-kruskall-wallis-h.html#:~:text=Uji %20Kruskal%20Wallis%20adalah%20uji,%2Frasio)%20dan%20skala%20ordinal.. Accessed on December 18th, 2020 at 02.09 WIB.

Khairunnisa, A.H. et al. (2020). Pengaruh Brand Awareness dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menyalurkan Zakat dan Donasi Melalui Tokopedia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol. 6, No. 02: 284-293.

Lingga, A.M. (2019). Ada 37 Uang Elektronik yang Ada di Indonesia. https://money.kompas.com/read/2019/03/23/063000326/ada-37-uang-elektronik-yang-ada-di-indonesia-apa-saja elektronik-yang-ada-di-indonesia-apa-saja. Accessed on November 2nd, 2020 at 15.25 WIB.

Mahendra, D.I. (2020). Masyarakat Merasa Nyaman Gunakan Pembayaran Digital. https://mediaindonesia.com/read/detail/283598-masyarakat-merasa-nyaman-gunakan-pembayaran-digital. Accessed on October 25th, 2020 at 00.10 WIB.

Nafi, M. (2019). Penetrasi Smarthphone terhadap Jumlah Penduduk Indonesia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/07/05/penetrasi-smartphone-terhadap-jumlah-penduduk-indonesia/. Accessed on December 2nd, 2020 at 23.47 WIB.

Nontunai. (2019). Bedanya Uang Elektronik dengan Dompet Elektronik. https://www.nontunai.com/bedanya-uang-elektronik-dengan-dompet-elek tronik/. Accessed on October 24th, 2020 at 23.13 WIB.

Novitasari, I. & Fitriasari, R. (2016). Pengaruh Kecocokan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Money. Brawijaya University.

Nuha, U., Qomar, M. N., & Maulana, R.A. (2020). Perlukah E-Wallet Berbasis Syariah? MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance, Vo. 4, No. 1: 59-68.

Nurrohyani, R & Sihaloho, E.D. Pengaruh Promosi Cashback pada OVO dan Go-Pay Terhadap Perilaku Konsumen Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran. Jurnal EKONOMIKAWAN, Vol. 20, No. 1:12-25.

Purwanto, S. (2009). STATISTIKA Untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. Jakarta: Salemba Empat.

Qudratullah, M.F. (2017). Statistika Nonparametrik Terapan: Teori, Contoh Kasus & Aplikasi dengan IBM SPSS. Yogyakarta: ANDI.

Ramadhani, P.I. (2020). Perkembangan Dompet Digital Ancam Bank Konvensional. https://www.liputan6.com/bisnis/read/4177547/perkembangan-dompet-digital-ancam-bank-konvensional. Accessed on December 3rd, 2020 at 01.34 WIB.

Rosmayanti. (2019). Apa Itu Dompet Digital? https://www.wartaekonomi.co.id/ read212834/apa-itu-dompet-digital. Accessed on December 2nd, 2020 at 23.40 WIB.

Sari, A.P., Ridwan, M., & Sugianto. (2019). Pengaruh Brand Awareness, Kualitas Proyek dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Berdonasi Secara Online Pada Platform Crowdfunding Kitabisa.com. Postgraduate UIN Sumatera Utara Medan.

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utami, S.S. & Kusumawati, B. (2017). Faktor-faktor yang Memengaruhi Minat Penggunaan E-money (Studi pada Mahasiswa STIE Ahmad Dahlan Jakarta). Jurnal Balance, Vol. XIV, No. 2:29-41.

Widiyanto, J. (2010). SPSS for Windows untuk Analisis Data Statistik dan Penelitian. Surakarta: Badan Penerbit FKIP UMS.

Wisandiko, F.A. & Indarwati, T.A. (2020). Inovasi Model Donasi Masjid Melalui Penerapan Financial Technology di Era Pandemi COVID-19. Airlangga Journal of Innovation Management, Vol. 1, No.1:32-47.

Zatalini, N.S & Mudiantono. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Peningkatan Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Lazada. Journal of Management, Vol. 6, No. 2:1-12.

Zulfian, D.M. (2020). Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Berdonasi Secara Online Melalui Platform Financial Technology Crowdfunding. Skripsi. Economics and Business Faculty, Business, Indonesia Islamic University, Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-06-28