Strategi Komunikasi Pencegahan Korupsi Melalui Film Pendek (Studi Kasus Kampanye Anti-Corruption Film Festival ACFFEST 2018)

Authors

  • Sandy Permata Universitas Mercu Buana
  • Lufti Avianto Komisi Pemberantasan Korupsi

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v1i02.956

Keywords:

Strategi Komunikasi, Kampanye Antikorupsi, Film Pendek

Abstract

Film merupakan salah satu medium yang digunakan KPK dalam melakukan pendidikan dan kampanye antikorupsi, khususnya bagi generasi muda. Untuk itu, KPK menyelenggarakan program Anti-Corruption Film Festival (ACFFest) pada 2018. Dari film bermuatan nilai antikorupsi diyakini akan efektif memberikan pengetahuan, meningkatkan kesadaran yang pada akhirnya mengubah perilaku masyarakat. Dalam program ini, KPK memilih tujuh proposal yang kemudian diproduksi menjadi film dengan program pendampingan yang komprehensif untuk memastikan kualitas secara teknis perfilman dan substansi nilai antikorupsi yang tepat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan KPK dalam program ACFFest 2018. Serangkaian strategi komunikasi, baik berupa promosi kegiatan, maupun melalui media massa cetak dan online, serta media publikasi online dan media sosial yang dikelola KPK. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa KPK telah berhasil menyelenggarakan program ACFFest 2018 dengan indikator output jumlah proposal yang dihasilkan melebihi target yang ditetapkan. Selain itu, melalui format kompetisi proposal, KPK juga memiliki ruang yang lebih luas untuk mengontrol terhadap kualitas teknis film dan substansi pesan pada tujuh film yang dihasilkan.

References

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran. (2009). Jakarta: PT Grafindo Persada

Biagi, Shirley. (2010). Media Impact Pengantar Media Massa. Jakarta: Salemba Humanika,

Cangara, Hafied. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers

Javandalasta, Panca. (2011). 5 Hari Mahir Bikin Film: Jangan Cuma Bisa Nonton, Ayo Bikin Film. Jakarta: Java Pustaka Group

McQuail, Denis. (1987). Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Jakarta: Erlangga,

Sadiman, Arief. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Saiful Mujani Research & Consulting, (2015), Memahami Pola Menonton Kaum Urban Muda Jakarta; Survei di Tiga Universitas di Jakarta

Sugiyono. (2007). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 33 Tahun 2009 Tentang Perfilman

Yin, Robert K., (2005). Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: PT Rajawali Pers.

https://www.kpk.go.id/id/berita/berita-kpk/380-acffest-2018-jadikan-film-sebagai-inspirasi-lawan-korupsi , diakses 25 Februari 2019

https://www.kpk.go.id/id/berita/siaran-pers/384-gelar-acffest-kpk-ajak-masyarakat-buat-film-antikorupsi, diakses 25 Februari 2019

Published

2019-07-23

Issue

Section

Artikel