NASIONALISME DALAM FILM SUSI SUSANTI LOVE ALL

(STUDI ANALISIS NARATIF MODEL TZVETAN TODOROV)

Authors

  • Ballian Siregar Universitas Esa Unggul
  • Dasad Latif
  • Muhammad Ruslan Ramli

DOI:

https://doi.org/10.33822/jep.v6i3.6360

Keywords:

analisis naratif, model todorov, perjuangan susi susanti, prinsip nasionalisme

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang nilai nasionalisme yang terkandung pada Film Susi Susanti Love All. Film ini mengisahkan perjuangan Susi Susanti yang mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia melalui bulutangkis. Penelitian ini berfokus pada dialog dan adegan melalui plot film Susi Susanti Love All. Penekanan film ini terletak pada jiwa nasionalisme Susi Susanti meskipun belum resmi sebagai warga negara Indonesia. Dia rela berkorban demi kehormatan negaranya. Semangat nasionalisme lahir dari keringat di bidang olahraga. Sedangkan pada film-film lain, biasanya nasionalisme ditunjukkan melalui sebuah maha karya. Film merupakan sarana penyampaian pesan yang mengandung makna yang ditujukan kepada penonton. Penyampaian pesan pada film dapat diketahui melalui alur cerita yang dibangun oleh sutradara. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan prinsip-prinsip nasionalisme dalam narasi cerita Film Susi Susanti Love All melalui analisis naratif pada cerita awal, tengah, dan akhir. Metode penelitian menggunakan data kualitatif dengan analisis naratif model Tzevetan Todorov. Hasil penelitian menunjukkan prinisp-prinsip nasionalisme yang terkandung pada cerita awal adalah prestasi dan kesatuan/persatuan. Kemudian prinsip nasionalisme pada cerita tengah terkait kehormatan dan kesamaan. Sedangkan prinsip nasionalisme pada cerita akhir adalah kesamaan, kepribadian, dan kehormatan.

References

Alfathoni, M. A. M., & Manesah, D. (2020). Pengantar Teori Film. Deepublish.

Amira, A., Ramli, R., Febriani, E., & Siregar, B. (2023). Citra Diri dan Tato: Fenomena Perempuan Bertato di Kota Metropolitan Jakarta. Avant Garde, 11(1), 114. https://doi.org/10.36080/ag.v11i1.2324

Baihaqi, M. R., & Zulfan, I. (2019). Representasi Pergerakan Film Eksploitasi Indonesia. Jurnal Kajian Jurnalisme, 3(1). https://doi.org/10.24198/kj.v3i1.21357

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In Mycological Research (4th ed.). SAGE Publications Inc.

Eriyanto. (2018). Analisis naratif: dasar-dasar dan penerapannya dalam analisis teks berita media. Prenada Media Group.

F, S. (2019). Susi Susanti Love All. Disney+ Hotstar. https://www.youtube.com/watch?v=ho55Qb-Yj0E

Hertz, F. (2004). Nationality in History and Politics. City Central Library.

Kaplan, H. D. (2020). Nationalism in International Encyclopedia of Human Geography Reference Work (2nd ed.). Queens’s University.

Kartodirdjo, S. (2016). Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Penelitian Sejarah. Ombak.

Koentjaraningrat. (2000). Pengantar Ilmu Antropologi. Rienika Cipta.

Labov, W., & Waletzky, J. (1997). Narrative Analysis: Oral Versions of Personal Experience1. Journal of Narrative and Life History, 7(1–4). https://doi.org/https://doi.org/10.1075/jnlh.7.02nar

Maharam, M. E. (2021). Transnational cultures of Malaysian, Indonesian, Singaporean, and Philippine national cinema. Transnational Screens, 12(2), 134–149. https://doi.org/10.1080/25785273.2021.1962065

Maulana, A. M., & Nugroho, C. (2018). Nasionalisme Dalam Narasi Cerita Film (Analisis Narasi Tzvetan Todorov Pada Film Habibie & Ainun). ProTVF. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:186302741

Permata, S., & Avianto, L. (2019). Strategi Komunikasi Pencegahan Korupsi Melalui Film Pendek (Studi Kasus Kampanye Anti-Corruption Film Festival ACFFEST. Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 1, 44–58.

Raingruber, B. (2003). Integrating Aesthetics into Advanced Practice Mental Health Nursing: Commercial Film as a Suggested Modality. Issues in Mental Health Nursing, 24(5), 467–495. https://doi.org/10.1080/01612840305289

Salsabila, G., & Yulifar, L. (2022). Wajah Perfilman Indonesia Pada Tahun 1998-2019. Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 11(1), 93–106.

Stupar-Rutenfrans, S., Verdouw, P. C. D., van Boven, J., Ryzhkina, O. A., Batkhina, A., Aksoz-Efe, I., Hamzallari, O., Papageorgopoulou, P., Uka, F., Petrović, N., Statovci, A., Rutenfrans-Stupar, M., Praničević, D. G., Zahaj, S., & Mijts, E. (2021). Ethnic outgroup aggression: A pilot study on the importance of emotion regulation, nationalism and susceptibility to persuasion. International Journal of Intercultural Relations, 84, 79–85. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijintrel.2021.07.004

Wahyuningratna, R. N., & Sutowo, I. R. (2020). Representasi Harapan dan Hopelessness dalam Video Clip BTS “Interlude: Shadow” (Kajian Semiotika Roland Barthes). Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 88–97. https://doi.org/10.33822/jep.v3i2.1635

Wonderly, M. (2009). Children’s film as an instrument of moral education. Journal of Moral Education, 38(1), 1–15. https://doi.org/10.1080/03057240802601466

Published

2023-09-30

Issue

Section

Artikel